Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

4.75/5 (4)

Oleh karena itu untuk mewujudkan keinginan anda dalam pemberian ASi ekslusif maka anda dapat melakukan persiapan. Persiapan secara pengetahuan yang bisa anda dapatkan dari konselor menyusui, informasi dan berbagi dengan ibu menyusui di forum kesehatan dan juga persiapan mental dan fisik selama hamil.

Inilah dia tips yang dapat membantu anda dalam mempersiapkan menyusui sebelum melahirkan :

1. Siapkan psikologis anda

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk memberikan ASI ekslusif yang lancar yaitu dengan rasa percaya diri dan dukungan dari orang sekitar. Beberapa bulan setelah melahirkan anda akan dihadapkan dengan kegiatan yang menyita waktu anda untuk kembali bekerja. Ini harus anda siapkan mencari informasi mengenai ASI perah yang baik diberikan kepada bayi.

2. Nutrisi selama kehamilan untuk menunjang menyusui

Kesehatan ibu hamil didukung oleh asupan nutrisi selama hamil. Tidak itu saja bahkan nutrisi yang tercukupi selama kehamilan akan menyiapkan kualitas ASI yang baik. Anda dapat membuat daftar menu sehat selama kehamilan sehingga mambantu dalam melengkapi nutrisi apabila diperlukan anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

3. Persiapkan Produksi Colostrum

Susu pertama untuk bayi atau dikenal dengan istilah colostrum diproduksi ketika ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir karena ibu memiliki tingkat hormon yang berbeda. Produksi colostrum akan mengakibatkan perubahan ukuran buah dada, sehingga disarankan tidak menggunakan bra yang kentat atau sempit karena akan menggangu produksi ASI.

4. Terapi Pijat Payudara

Memasuki usia kehamilan enam bulan, anda dapat mempersiapkan dengan melakukan terapi pijat dua kali sehari di waktu anda mandi.Terapi ini akan membantu kelenjar ASI menjadi optimal dan mengindari rasa sakit yang umum terjadi pada area puting saat anda menyusui pertama kali.

5. Bila dibutuhkan anda dapat menghubungi Konseler menyusui

Memasuki usia kehamilan 28 minggu, anda akan mendapatkan informasi mengenai anatomi payudara, keuntungan menyusui, manfaat ASI, mekanisme produksi ASI dan perawatan. Ini akan membantu anda mengenai posisi saat anda menyusui bayi terlebih bila anda menunggu kehadiran bayi pertama.

6. Persiapkan pakaian menyusui

Anda dapat mempersiapkan pakaian menyusui yang nyaman dengan bahan yang halus sehingga tidak membuat anda kegerahan ketika menyusui bayi anda. Pilihlah baju yang mempunyai kancing depan sehingga memudahkan anda atau menggunakan t-shirt yang cukup lebar.

Dengan demikian bagi anda yang sedang hamil tidak ada salahnya merencanakan pemberian ASI sebelum ibu melahirkan untuk mendukung kelancara ASI dan anda dapat memberikan ASI secara ekslusif. Anda juga membutuhkan dukungan dari orang terdekat terutama suami sehingga tumbuh kembang bayi dapat optimal dengan pemberian ASI ekslusif.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply