data-ad-format="auto"

Tips Penting Agar Anak Kembali Bersemangat Sekolah Setelah Libur Panjang

Post Holiday Syndrome atau sindrom pasca liburan ternyata tidak hanya diderita oleh orang dewasa, namun hal ini juga bisa terjadi pada si kecil. Gejala utama dari sindrom ini, yakni anak enggan kembali ke sekolah setelah libur panjang yang menyenangkan. Lantas apa yang harus dilakukan para orangtua agar anak tetap bersemangat untuk pergi kesekolah?

Liburan memang menyenangkan, apalagi jika liburan yang didapat adalah libur panjang yang begitu mengesankan. Namun bila liburan telah usai, semuanya mau tidak mau harus kembali ke aktivitas dan rutinitas sebegaimana biasa dijalani. Terutama anak-anak, mereka harus kembali ke sekolah dan menjalani rutinitasnya seperti biasa. Akan tetapi, bagaimana bila sikecil masih bermalas-malasan pergi kesekolah? sulit bangun pagi dan sarapanpun sangat lambat. Maunya bangun siang, duduk didepan televisi sambil menyaksikan acara kartun kesukaannya. Dan di sekolahpun nampaknya ia menjadi kurang antusias mengikuti pelajaran.

Berikut tips yang bisa anda lakukan agar anak-anak kembali bersemangat pergi ke sekolah setelah libur panjang.

1.    Kembali Biasakan Tidur Pada Waktunya

Jika selama libur panjang si kecil diperbolehkan untuk tidur lebih larut daripada waktu tidur normalnya. Ketika waktu masuk sekolahnya telah dekat, maka waktunya anda kembali memberlakukan tidur diwaktu normal untuk si kecil. Waktu tidur yang cukup dimalam hari yang diperoleh si kecil, akan membuatnya merasa lebih bugar dipagi hari yang membuat ia siap kembali menjalani rutinitas pagi termasuk sekolah.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2.    Kembali Biasakan Bangun Pagi

Salah satu hal yang paling disukai anak ketika mendapatkan hari libur adalah kesempatan ia untuk bangun lebih siang daripada biasanya. Kebiasaan ini bisa saja terus berlangsung dalam waktu yang lama selama masa liburan. Namun jika anda terus membiarkan hal ini terjadi, maka sikecil akan menemukan kesulitan bangun pagi seperti biasa saat ia harus kembali bersekolah. Untuk itu, biasakan kembali mengatur waktu bangunnya dipagi hari satu minggu sebelum ia masuk sekolah agar ia lebih terbiasa.

3.    Siapkan Perlengkapan Sekolah Baru

Salah satu hal yang paling ditunggu oleh si kecil untuk kembali ke sekolah adalah perlengkapan sekolah baru. Perlengkapan dan peralatan baru yang ibu belikan membuatnya tak sabar ingin segera masuk sekolah. Hal ini sama artinya dengan meningkatkan semangat anak untuk kembali bersekolah. Untuk itu, tidak ada salahnya belikan perlengkapan baru untuknya sekolah.

4.    Biasakan Untuk Tetap Belajar

Saat liburan panjang, mungkin sebagian besar anak memilih untuk bersenang-senang dan sejenak melupakan belajar yang selama ini telah menjadi rutinitas harian mereka. Anda dapat menyarankan mereka untuk tetap belajar, walaupun tidak sesering biasanya, misalkan cukup 3 kali dalam seminggu. Dengan membiasakan tetap belajar, maka anak tidak akan malas saat waktu sekolah tiba yang membuat mereka kembali dihadapkan pada belajar.

Berikut adalah beberapa tips agar anak dapat kembali bersemangat sekolah saat waktu liburannya telah usai. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us