Tips Merawat Asma di Rumah

4.67/5 (6)

Bagi para penderita sama pasti sudah tahu betul bagaimana resiko serangan asma yang bisa datang kapan saja dengan tiba-tiba.

Sama halnya seperti seorang ninja yang datang mengendap-ngendap dengan tanpa diketahui siapa saja, kemudian langsung ada dihadapan kita dan siap meneror kita kapan saja, kurang lebih seperti itulah asma.

Banyakanya pemicu kambuhnya asma di sekitar kitalah yang pada akhirnya seringkali menyebabkan asam bisa datang kapan saja. Ketika asma kambuh, seringkali seseorang merasa kerepotan menangani dirinya sendiri. Kesulitan untuk bernapas, dada yang terasa begitu sesak seperti dililit dengan banyak tali yang melingkari bagian dada dan perasaan panik yang tak menentu yang seringkali membuat seorang penderita asma kewalahan menangani penyakitnya.

Jika sudah demikian, maka bisa ditebak si penderita asma akan membutuhkan bantuan oranglain dan kerepotan meredakan asma yang sedang dideritanya. Kondisi seperti ini tentunya menyiksa karena seringkali merepotkan. Memang tidak jadi masalah saat oranglain yang dimintai bantuan bisa dengan sukarela memberikan pertolongan pada kita dengan mudah.

merawat asma dirumah

Akan tetapi, bagaimana jika kondisinya kita tengah berada di sebuah tempat yang asing dengan orang-orang yang belum kita kenali. Atau mungkin saat kita berada di satu ruangan dan tidak ada orang yang bisa membantu kita. Sudah tentu keadaan ini akan membuat kita panik dan tidak tahu harus berbuat apa.

Nah, menangani asma memang bukanlah sebuah hal yang bisa dilakukan sepenuhnya oleh dokter pribadi anda secara seorang diri. Ada kalanya, selama waktu beraktivitas kegiatan yang kita lakukan tidak akan serta merta ditemani dengan dokter pribadi atau dibawah pengawasan sang dokter. Yang mana ketika asma kambuh, maka si dokter akan secara tiba-tiba bak superhero dalam film menghampiri kita dan menangani gejala asma yang tengan kita derita.

Ada masanya saat kita tidak bersama dengan sang dokter, namun asma kita bisa dengan mudah kambuh kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah, penangan asma sendiri merupakan bagian yang penting dari perawatan dan penanganan asma anda, sehingga asma anda tidak akan menyita seluruh waktu dan perhatian anda.

Dokter mungkin memberikan anda beberapa resep obat yang harus dikonsumsi secara rutin setiap harinya dalam rangka perawatan asma akut anda yang seringkali kambuh. Akan tetapi tugas meminimalkan risiko serangan asma dan perawatan diri anda setiap hari adalah sebagian besarnya bergantung pada diri anda sendiri dan keluarga yang mengurus anda, dalam hal ini jika asma anda sudah terlanjur akut.

Salah satu hal yang paling menakutkan dari serangan asam bukan hanya rasa sakit yang ditimbulkannya. Akan tetapi juga resiko dari ketidakmampuan untuk melakukan pertolongan pertama pada dirinya sendiri akan membuat si penderita kesulitan menangani asma yang dideritanya.

Bisa anda bayangkan, saat anda seorang diri dirumah dan tiba-tiba dengan mendadak asma anda kambuh. Rasa sakit dan sesak napas yang ditimbulkan dari gejala asma akan membuat anda kesulitan bergerak, bahkan hanya sekedar untuk mengambil obat inhaler yang sering anda gunakan. Cukup menakutkan bukan?

Untuk itulah, anda perlu mengetahui rencana tentang apa saja yang harus anda lakukan ketika sama dengan tiba-tiba mendadak menyerang anda saat anda berada dirumah seorang diri. Nah, beberapa tips berikut ini adalah cara yang ampuh dalam merawat dan memerangi asma dirumah.

1. Hindari Konsumsi Masakan dan Alergen yang Dapat Memicu Asma

Ada berbagai macam asma yang biasanya timbul atau kambuh pada diri seseorang. Salah satu asma yang paling seirng timbul adalah asma akibat dari reaksi alergi. Nah, cara perawatan terbaik untuk mencegah timbulnya asma akibat alergi adalah dengan menghindari allergen yang memicu timbulnya asma.

Selain itu, asma pun biasanya dapat dipicu karena konsumsi makanan olahan, zat adiktif, makanan dari olahan susu dan daging yang akan memperburuk asma karena dapat menambahkan zat racun pada tubuh dan meningkatkan produksi lendir.

Untuk itu, sebaiknya gunakan penyaring udara anti alergen didalam rumah untuk mengurangi jumlah debu dan serbuk sari yang tersebar di udara.

Jika perlu gunakan penyedot debu setiap kali anda membersihkan rumah, terutama saat membersihkan karpet atau ruangan yang terdapat banyak debu seperti gudang dan lain sebagainya.

Waspadai pula, pada saat-saat tertentu beberapa jenis tanaman akan mengalami proses penyerbukan. Hal ini yang mana akan menimbulkan proses penyebaran serbuk sari terjadi. Serbuk sari adalah salah satu alergi yang memicu asma timbul. Untuk itu, sebaiknya tetap tinggal didalam rumah saat proses penyerbukan ini berlangsung.

2. Selalu Perhatikan Keadaan Cuaca

Cuaca disekitar rumah yang terlalu panas, terlalu lembab serta kualitas udara yang buruk dapat memperburuk gejala asma bagian sebagian orang. Untuk itulah, sebaiknya batasi aktivitas diluar ruangan apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan.

3. Bersihkan Karpet dan Mainan Anak-Anak

Karpet dan mainan anak-anak seperti misalkan bonek adalah salah satu tempat terbaik untuk kuman, bakteri allergen penyebab asma bersarang. Untuk menghindari hal ini, tentunya anda harus rajin membersihkan peralatan ini secara berkala. Gunakan masker atau penutup hidung ketika anda membersihkannya.

Jika asma yang anda derita sudah cukup akut, sebaiknya minta bantuan oranglain untuk melakukannya dan berusahalah untuk diam disatu ruangan agar paparan debu dan udara kotor dari barang-barang tersebut tidak anda hirup.

Untuk membersihkan bagian barang tersebut anda bisa melakukannya dengan menggunakan vacum cleaner yang dilengkapi dengan filter udara HEPA. Lakukan pembersihan ini minimal 2 minggu sekali.

4. Jangan Biarkan Hewan Peliharaan Berada di Tempat Tidur Atau Furniture Lainnya

Seringkali para pecinta hewan peliharaan lebih banyak membiarkan peliharaannya berkeliaran disekitar mereka dan bahkan tak sedikit yang memperlakukannya bak seperti anak sendiri. Meskipun si kucing dan anjing berbaring atau berkeliaran di kamar tidur, mereka akan cenderung membiarkannya karena rasa cintanya yang sudah terlanjur besar kepada sang piaraan.

Akan tetapi, bagi penderita asma, hal ini tidaklah demikian. Jika anda memaksakan hewan peliharaan berada dekat dengan anda sementara anda alergi dengan bulu binatang, maka yang terjadi dengan anda adalah asma anda akan kambuh dengan mudah. Bukan tidak boleh memelihara hewan peliharaan dirumah, akan tetapi demi kesehatan anda sebaiknya batasi interaksi dengan mereka.

5. Lakukan Latihan Pernapasan dan Metode Relaksasi Untuk Meringankan Gejala Asma

Melakukan latihan pernapasan dan metode relaksasi adalah cara yang penting untuk mengatasi serangan asma ringan. Lakukan cara ini dengan bernapas dengan perlahan dan hati-hati melalui hidung dan mulut. Lakukan cara ini dengan tenang, sebab perasaan panik dalam diri akan memperburuk gejala asma yang dirasakan.

Penderita asma mungkin tidak akan dapat menghindari menggunakan inhaler sepenuhnya, akan tetapi dengan melakukan beberapa cara ini, frekuensi untuk pemakaian obat ini akan dapat dikurangi sehingga penderita tidak akan terlalu bergantung setiap detik dengan alat ini.

6. Simpan Nomor Telepon Penting Jika Terjadi Keadaan Darurat

Penyakit asma yang datang tiba-tiba, tidak pernah kita duga sampai mana reaksi yang akan ditimbulkannya. Anda pun tidak akan dapat memprediksi jika setiap gejala akan bisa anda tangani dengan sendiri.

Untuk itulah, untuk menjaga kondisi terburuk tersebut, sebaiknya simpan nomor telepon penting dalam ponsel anda seperti nomor dokter pribadi atau nomor rumah sakit terdekat. Jika memungkinkan simpan nomor ini denga panggilan cepat. Agar ketika kondisi mendesak akibat sesak pada dada menyerang anda hanya perlu memencet satu nomor dan langsung terhubung dengan dokter atau tenaga medis.

Demikian adalah beberapa cara penanganan dan perawatan asma di rumah. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply