6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Tenang

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Tenang – Menjaga kesehatan mental ibu hamil sangat penting untuk dilakukan. Kondisi stres berlebihan yang ibu hamil alami akan dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil ataupun bayi dalam kandungan. Nah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mental ibu hamil.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman dan Tenang

Kondisi stres saat hamil tentu bisa dicegah, untuk membantu menjaga kesehatan mental saat hamil, tips di bawah ini bisa anda lakukan.

Mencari Dukungan

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Dukungan tidak hanya anda dapatkan dari orang-orang terdekat saja seperti keluarga, pasangan ataupun kerabat dekat. Anda dapat mencari dukungan darimana saja yang akan membuat anda merasa nyaman.

  • Anda bisa mendapatkan dukungan dari grup atau komunitas olahraga yang diikuti saat hamil.
  • Sharing dengan teman yang pernah hamil, ibu yang sedang menjalani kehamilan dan lain sebagainya. Biasanya dengan berbagi seperti itu akan membuat anda merasa lebih baik.

Berkomunikasi dengan Suami

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Saat menjalankan kehamilan seorang ibu tentu saja memiliki keluhan atau masalahnya tersendiri seperti merasa sakit pada bagian tubuh tertentu, mual atau lain sebagainya.

  • Oleh karena itu, sebaiknya anda tetap berkomunikasi dengan pasangan anda supaya emosi negatif yang anda rasakan bisa tersalurkan.
  • Mintalah pasangan anda agar lebih sabar menghadapi anda dan lebih mengerti akan kondisi yang tengah anda alami. Manja saat hamil kepada suami tentu tidak ada salahnya.

Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga mental ibu hamil yaitu melakukan kegiatan atau hal-hal yang akan membuat tubuh ibu hamil merasa lebih rileks. Kegiatan-kegiatan tersebut juga akan membantu mengatasi stres yang dialami.

Cara yang bisa dilakukan atau kegiatan menyenangkan yang dapat anda coba yaitu melakukan perawatan diri yang aman bagi ibu hamil, menonton film, mendengarkan musik, melakukan hobi dan lain sebagainya.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Mencukupi Waktu Istirahat

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Mencukupi waktu istirahat dengan baik sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Dengan cukup istirahat, maka tubuh ibu hamil akan menjadi lebih rileks dan emosi akan menjadi stabil.

  • Cukupi waktu istirahat. Anda dapat membuat suasana tidur lebih nyaman dengan memasang arometarapi atau memutar musik yang menenangkan.
  • Selain itu, atur suhu kamar tidur anda menjadi lebih sejuk, meredupkan lampu supaya ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Melakukan Olahraga Ringan yang Aman dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil. Dengan berolahraga ringan, maka kadar hormon kortisol akan menurun dalam tubuh. Apabila hormon kortisol menurun, maka stres yang dialami akan berkurang.

  • Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga.
  • Beberapa olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil di antaranya yaitu jalan santai bersama pasangan dan yoga kehamilan.

Batasi Diri Anda Dari Hal-Hal Negatif

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Hal-hal negatif, seperti mendengar cerita pengalaman kehamilan yang menakutkan tentu akan membuat anda stres dan cemas. Atau ada kerabat yang selalu mengomentari anda dan lain sebagainya.

Sebisa mungkin anda hindari hal-hal negatif seperti itu. Jangan mendengar ataupun berhubungan langsung dengan hal-hal negatif sehingga tidak akan membuat anda semakin cemas.

Lihat juga : Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa-masa penting yang harus diisi dengan kebahagiaan. Nah, untuk membantu menjaga kesehatan mental saat hamil, beberapa hal di atas dapat anda lakukan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply