5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin yang Wajib Bumil Ketahui

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin yang Wajib Bumil Ketahui – Menjaga kesehatan jantung janin dalam kandungan penting dilakukan sejak masa kehamilan. Nah, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan jantung janin yang dapat bumil lakukan.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin yang Wajib Bumil Ketahui

Pola hidup, pola makan dan suasana hati ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Apabila anda melakukan pola hidup yang tidak sehat, maka akan berdampak pada perkembangan si kecil, termasuk jantung. Kesehatan jantung janin harus dijaga sejak dalam kandungan. Nah, beberapa cara ini bisa anda lakukan.

Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Apabila ibu tidak bisa mengontrol gula darah dengan baik, maka risiko mengalami diabetes di masa kehamilan mungkin terjadi. Ibu hamil akan berisiko mengalami diabetes, si kecil pun akan memiliki risiko mengalami penyakit jantung bawaan. Menjaga kadar gula darah juga selain dapat mencegah penyakit jantung bawaan, juga mencegah si kecil lahir dengan kondisi obesitas.

  • Sebagai cara menjaga kadar gula darah saat hamil, anda harus membatasi konsumsi makanan dengan kandungan gula atau pemanis tambahan.
  • Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi untuk menjaga supaya kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga : Cara Mengatasi Kaki Pegal Saaat Hamil Agar Lebih Nyaman

Hindari Stres

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Stres dapat dialami oleh ibu hamil, disebabkan karena hormon yang mengalami perubahan, sehingga fisik dan suasana hati ibu hamil menjadi berubah drastis. Stres ketika hamil akan dapat berpengaruh buruk untuk kesehatan jantung si kecil. Kemudian menurut studi, stres yang dialami oleh ibu hamil akan mempengaruhi detak jantung janin dalam kandungan. Oleh karena itu, apabila ibu hamil stres terus menerus, bisa menyebabkan si kecil mengalami masalahan kesehatan jantung pada saat lahir nanti. Anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Beberapa cara berikut ini bisa anda ikuti.

  • Mencukupi waktu tidur.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat.
  • Mendengarkan musik favorit, setidaknya selama 30 menit karena diketahui dapat menurunkan kadar kortisol.
  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Anda dapat tetap berolahraga untuk kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan. Tentunya, jenis olahraga harus diperhatikan.

  • Anda cukup melakukan olahraga ringan dan cocok untuk ibu hamil, seperti jalan santai, berenang atau yoga khusus ibu hamil.
  • Sebelum melakukan olahraga pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan. Pasalnya tidak semua ibu hamil memiliki kondisi yang sama. Dokter nantinya akan merekomendasikan jenis olahraga apa yang cocok untuk anda.

Hindari Paparan Asap Rokok Maupun Polusi

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Menghindari paparan polusi dan asap rokok harus ibu hamil lakukan, sebab tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Zat karsinogen yang terkandung pada asap berbahaya untuk kesehatan jantung janin. Jika terpapar oleh asap rokok berkepanjangan, maka kesehatan jantung janin akan memburuk.

Oleh karena itu, sebagai cara menjaga kesehatan jantung janin, anda harus menghindari asap rokok maupun polusi lingkungan. Ketika beraktivitas di luar rumah penting untuk menggunakan masker.

Memantau Perkembangan Janin

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin

Ibu hamil wajib memantau perkembangan janin dengan rutin. Ini dilakukan untuk mendeteksi dini masalah yang dapat dialami oleh bayi.

Pastikan anda kontrol kandungan dengan rutin. Jangan melewatkan jadwal cek ke dokter.

Selain cara-cara di atas, anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, tidak melakukan aktivitas berat, memenuhi asupan cairan dan mencukupi waktu tidur.

Leave a Reply