Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Setelah melalui usia kehamilan trimester pertama, kini kehamilan anda berada pada trimester kedua. Kehamilan trimester kedua ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Nah, agar kehamilan trimester kedua lebih sehat dan menyenangkan, beberapa tips ini dapat anda lakukan.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Sebagai langkah menjaga kondisi saat kehamilan trimester kedua, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Jaga Pola Makan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Saat usia kehamilan trimester pertama, anda tentu sudah memperhatikan pola makan dengan baik untuk menjaga kesehatan anda dan si kecil di dalam kandungan. Menginjak usia kehamilan trimester kedua, pola makan yang baik tetap harus dilakukan. Ada beberapa nutrisi tambahan yang harus anda dapatkan seperti misalkan kolin, serta DHA yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil di dalam kandungan.

  • Konsumsilah makanan yang mengandung kolin seperti susu, telur, kedelai dan daging sapi.
  • Untuk DHA bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan. Salah satunya anda bisa mendapatkannya dari ikan patin.
  • Selain kedua kandungan tersebut yang baik untuk otak janin, anda juga dapat mengonsumsi buah alpukat. Nutrisi yang terdapat pada alpukat bermanfaat untuk membantu mengatasi mual, serta baik untuk perkembangan otak bayi, dan jaringannya.

Bergerak dengan Hati-Hati

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Diusia kehamilan trimester kedua anda akan mulai merasakan beban tambahan, terlebih lagi pada area tubuh bawah. Anda harus dapat menjaga kehamilan dengan melakukan gerakan secara perlahan dan hati-hati. Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Untuk menjaga bayi dalam kandungan anda dari berbagai dorongan atau tekanan yang dapat membahayakan, anda harus menghindari membawa barang atau beban yang berat.
  • Jangan mengangkat sesuatu atau menggerakan tubuh anda dengan spontan. Pasalnya hal ini akan menyebabkan efek kejut pada area perut yang bisa menyebabkan terjadinya kontraksi otot dengan tiba-tiba.
  • Anda harus melakukan gerakan dengan hati-hati dan perlahan. Jika anda akan mengambil barang yang terdapat pada lantai atau pada posisi yang rendah, hindari mengambilnya dengan posisi membungkuk. Anda dapat mengambil barang dengan posisi berjongkok supaya perut tetap rata dan tidak ada tekanan.

Bersantai

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Kondisi emosi ibu yang cenderung mengalami perubahan dan tidak stabil saat usia kehamilan trimester kedua dapat membuat ibu tidak nyaman. Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa mengatasinya dengan banyak bersantai.  Anda harus menjaga supaya kondisi mental tidak tertekan terus menerus.

Sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mental tetap santai yaitu dengan melakukan yoga. Selain itu anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan namun ringan. Dengan begitu pikiran anda akan menjadi lebih rileks.

Olahraga

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester 2

Ketika hamil anda mungkin akan mengalami keterbatasan gerak. Walaupun begitu jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Anda dapat mengisi waktu dengan melakukan olahraga ringan yang diperbolehkan untuk ibu hamil.

Melakukan olahraga ringan yang dirancang khusus bagi ibu hamil akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Selain itu, olahraga juga akan dapat mengendalikan mood swing yang ibu hamil alami.

  • Anda dapat melakukan olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil, misalkan jalan pagi ataupun mengikuti kelas senam hamil.
  • Jika anda merasa khawatir saat hendak melakukan olahraga, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai olahraga apa yang bisa dilakukan ibu hamil.

Lihat juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil trimester 2. Selain itu, anda juga harus mencukupi waktu istirahat. Jika anda merasakan gejala yang tidak biasa, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter.

 

Leave a Reply