Tips Menghadapi dan Mendidik Anak Perempuan Agar Tumbuh Menjadi Sosok yang Lembut Namun Kuat dan Mandiri

5/5 (1)

Hadirnya buah hati ditengah keluarga tentu menjadi sebuah anugerah terbesar yang membuat kebahagiaan dalam keluarga terasa begitu lengkap dan sempurna.

Tidak sedikit calon orangtua yang cenderung lebih memilih mendambakan jenis kelamin buah hatinya yang tentunya dilatarbelakangi dengan alasan yang berbeda-beda. Namun baik laki-laki maupun perempuan tidak ada bedanya, meraka adalah anugerah terbesar yang Tuhan berikan dalam kehidupan berumah tangga, apalagi jika kita bandingkan dengan mereka para pasangan yang kurang beruntung yang sulit diberkahi dengan keturunan.

Bayak pendapat yang mengatakan jika mengasuh anak adalah kegiatan yang gampang-gampang susah, terutama anak perempuan. Setiap orangtua yang diberkahi dengan seorang anak tentunya menginginkan jika anaknya tumbuh menjadi seorang yang baik, berpretasi dan berguna bagi lingkungannya, termasuk dengan anak perempuan. Hanya saja, pada anak perempuan ada begitu banyak pendidik penting yang harus senantiasa ditumbuhkan pada diri mereka. Setiap orangtua yang memiliki anak perempuan tentu ingin jika anak perempuan yang mereka cintai tumbuh menjadi sesosok perempuan yang lembut, baik hati namun juga kuat dan tumbuh mandiri. Berbeda dari cara mendidik anak laki-laki, beberapa pertimbangan lain seperti sensistifitas dan kecenderungan perasa pada diri anak perempuan membuat orangtua dituntut lebih ekstra dan lebih teliti mendidik mereka.

mendidik anak perempuan

Nah, tentunya kewajiban mendidik anak inilah yang bukan hanya membutuhkan dukungan dari para ibu saja namun juga peran sang ayah diharapkan mampu terlibat. Hal ini dikarenakan pelajaran yang akan mudah diserap oleh anak-anak adalah pelajaran yang mereka saksikan secara langsung yakni mereka didapat dari lingkungannya, termasuk lingkungan keluarganya. Untuk itu, baik bunda maupun ayah, anda semua diharapkan mampu menjaga dan memberikan contoh yang baik guna menumbuhkan sikap positif pada diri anak perempuan dalam rangka mendidik mereka menjadi seseorang yang lebih baik saat mereka dewasa kelak. Nah, beberapa poin dibawah ini juga penting sekali diberikan pada anak untuk membantu mendidik mereka menjadi pribadi yang lembut, kuat dan mandiri.

Perhatikan Cara Pandang Anak Perempuan

Ada banyak pepatah yang mengatakan jika pemikiran seorang wanita jauh lebih kompleks dibandingkan dengan pemikiran seorang pria. Hal ini mungkin anda alami bersama dengan pasangan anda sewaktu anda belum memperistri pasangan anda, seringkali anda dibuat bingung dan pusing menaklukan hati seorang wanita. Dan ini pulalah yang terjadi dengan anak perempuan anda. Untuk mengatasi hal ini maka perhatikan cara pandang anak perempuan.

Seorang perempuan umumnya memandang dunia sebagai sebuah “hubungan”, mereka cenderung menciptakan hubungan timbal-balik dan saling ketergantungan yang setara (take and give). Untuk itu, anda tidak bisa terus-terusan mendidik dan mengarahkan anak perempuan anda menjadi seseorang yang anda inginkan dengan terus menghujaninya dengan peraturan tanpa memberikan mereka hak dan ruang untuk mereka bisa menjadi yang dirinya sendiri.

Selain itu, umumnya harga diri anak perempuan akan meningkat jika mereka mengetahui bahwa dirinya adalah bagian dari sebuah relasi. Untuk itu, jadilah orangtua yang demokrasi dengan selalu menampung aspirasi dan keinginan anak. Jangan lupa untuk selalu membicarakan hal-hal atau keputusan secara bersama atas kesepakatan orangtua dan anak. Dengan begini mereka akan merasa dihargai dan dilibatkan.

Berhenti Membandingkan Mereka dengan Anak Laki-Laki

Anak perempuan umumnya tidak sesederhana anak laki-laki. Mereka memilik cara pandang yang berbeda dan cenderung lebih kompleks dengan melibatkan perasaan dan hatinya. Nah, salah satu keberhasilan dalam mendidik anak perempuan adalah dengan mempedulikan mereka dan membuat mereka dipedulikan. Hal ini akan membuat anak merasa berharga dalam keluarganya dan memiliki kedudukan yang diakui oleh orangtua.

Sewaktu anda menghadapi keadaan tertentu dimana peran anak perempuan tidak bisa sebaik anak laki-laki dalam beberapa hal, maka jangan pernah membandingkan mereka. Bagaimanapun selalu ada batasan antara kemampuan perempuan dan laki-laki. Daripada anda pusing dengan terus mencari kesalahan anak perempuan anda, akan lebih baik jika anda mengambil hikmah dari segala hal. Anak perempuan anda mungkin tidak mahir dalam satu bidang yang bisa dilakukan laki-laki, namun lihatlah kemampuannya dalam hal lain.

Selain itu, kurangi keyakinan anda bahwa anak perempuan dan laki-laki itu sama dan setara. Emansipasi memang sebuah bentuk pemikiran modern, namun bagaimanapun akan selalu ada batasan antara anak perempuan dan anak laki-laki. Berhentilah berpikir jika maskulin dan tampil sederhana itu jauh lebih baik dibandingkan dengan tampil feminim. Betapapun, anak perempuan adalah mahluk tuhan yang lembut yang selalu ingin tampil menarik. Selama penampilan anak anda tidak berlebihan, maka berikan kesempatan mereka untuk bisa menjadi dirinya sendiri.

Kembangkan Potensi Dirinya Untuk Melatih Kemandiriannya

Sifat dasar seorang perempuan adalah merasa dicintai dan dihargai ketika mereka ditolong. Walau demikian, sebagai orangtua kita harus tetap mengembangkan kemampuan dan potensi yang ada dalam diri anak. Bukan karena tega atau tidak ada rasa sayang terhadap buah hati kita, namun hal ini akan membuat mereka menjadi pribadi yang mendiri. Setelah mereka menemukan keahlian dan mampu mengembangkannya dengan baik, potensi tersebut bisa menjadi sumber penghidupannya untuk lebih mandiri, terutama saat mereka jauh dari anda.

Mengasihi Sepenuh Hati Pasangan Sendiri

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pelajaran paling ampuh dalam mendidik anak adalah apa yang mereka lihat. Untuk itu, dengan mengasihi sepenuh hati istri atau pasangan anda akan mampu menyentuh relung hati terdalam putri anda. Ketika seorang anak perempuan melihat ayah mereka memperlakukan ibunya dengan penuh kasih atau sebaliknya ibu mereka melayani ayahnya dengan penuh tanggun jawab dan kesabaran hal ini akan secara tidak langsung tertanam dalam diri anak untuk melakukan hal yang sama atau bahkan menjadikan orangtua panutan untuk mereka. Selain itu, dengan berperilaku baik akan membaut anak tidak memiliki alasan untuk menolak nasihat dari anda karena meraka ak begitu menghormati dan menghargai anda.

Hindari Ucapan Kata-Kata Kasar

Saat berada dalam rumah atau lingkungan terutama tempat umum dan kita mendapati seseorang membuat kita jengkel dan kesal rasanya sulit sekali mengendalikan amarah dengan tidak mengucapkan kata-kata yang mewakili amarah tersebut. Namun bagaimanapun, apa yang anda ucapkan itulah yang akan direkam dan diserap oleh anak-anak apalagi anak perempuan.

Untuk itu, seberapa kesalnya dan marahnya diri anda, ketika berhadapan atau berada didepan puteri anda sebaiknya kendalikan amarah dan cobalah redam amarah anda upayakan untuk tidak menegluarkan kata-kata kotor yang akan mungkin ditiru anak-anak. Selain itu, kesabaran yang anda tunjukan akan dengan otomatis diadopasi oleh putri anda dan menilai bahwa orangtua mereka adalah pribadi yang sabar dan bijaksana.

Mendidik anak perempuan memang tidak sesederhana anak laki-laki. Namun memberikan contoh dan menajdi panutan yang baik adalah hal yang ampuh dalam mendidik anak. Semoga poin diatas bisa bermanfaat untuk semua orangtua dalam mendidik anak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply