5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil Agar Bumil Lebih Tenang

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil Agar Bumil Lebih Tenang – Selain mengalami perubahan fisik, ibu hamil juga terkadang sulit untuk mengontrol emosinya dengan baik. Banyak ibu hamil yang mudah terpancing emosi dan marah-marah.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan ibu hamil cenderung emosional di antaranya perubahan hormon, stres, tidak nyaman, ketakutan dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengendalikan emosi ibu hamil.

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil Agar Bumil Lebih Tenang

Berdasarkan penelitian, bayi yang lahir dari ibu yang sering marah-marah memiliki risiko mengalami masalah pada pola tidurnya, depresi hingga mengalami gangguan kematangan motorik. Untuk membantu mengendalikan emosi saat hamil, beberapa tips ini bisa anda lakukan.

Terapkan Pola Makan yang Tepat dan Sehat

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Ketika hamil anda tentu harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Pastikan menu makan yang anda konsumsi sehat dan mengandung gizi seimbang.

Anda dapat menerapkan pola makan seimbang yang mengandung banyak karbohidrat dan protein, sayuran daun hijau serta buah-buahan karena akan dapat menjaga energi anda dan mencegah kelelahan ketika hamil. Pada akhirnya akan membantu menjaga suasana hati serta sering marah-marah dapat dihindari.

Meditasi

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu mengontrol emosi yaitu meditasi.

  • Lakukan yoga atau meditasi untuk membantu mengatasi kemarahan atau stres,.
  • Pelajari teknik pernapasan dalam yang dapat membantu mengatasi ketegangan, serta membantu membuat diri anda lebih tenang.

Memanjakan Diri

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Memanjakan diri akan membuat anda merasa lebih senang dan nyaman sehingga dapat mengatasi stres atau emosi yang anda rasakan. Anda dapat mencari kegiatan yang menyenangkan untuk memanjakan diri.

  • Bersantai sambil mendengarkan musik akan membuat anda lebih nyaman dan rileks.
  • Selain itu, anda juga bisa mengobrol bersama dengan teman-teman atau keluarga.
  • Mengonsumsi cemilan favorit juga dapat dilakukan. Namun, pastikan cemilan yang dikonsumsi sehat dan tidak akan berdampak buruk untuk kesehatan dan kehamilan anda.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Hamil bukan menjadi alasan untuk hanya berdiam diri dan malas-malasan. Anda bisa mempertahankan rutinitas aktif seperti melakukan olahraga ringan yang aman untuk ibu hamil. Jika anda tetap aktif dan tubuh tetap bugar, maka dapat menjaga kemarahan dan suasana hati.

  • Pilihlah olahraga atau kegiatan yang nyaman dan aman untuk ibu hamil, misalkan jalan santai di sekitar rumah.
  • Selain itu, anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda. Anda juga dapat bertanya pada dokter mengenai rekomendasi olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Perbanyak Waktu Istirahat

Tips Mengendalikan Emosi Saat Hamil

Memperbanyak waktu tidur dapat dilakukan untuk membantu mengontrol emosi pada ibu hamil. Perlu anda ketahui, kurang tidur akan membuat mood ibu hamil memburuk.

  • Pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup saat malam hari. Buat suasana tidur lebih nyaman agar anda bisa tidur dengan nyenyak.
  • Selain itu, anda dapat tidur siang singkat untuk menggantikan waktu tidur malam yang kurang.

Yuk atasi sering marah-marah saat hamil dengan beberapa tips di atas untuk mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat sering marah-marah saat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter mengenai keluhan-keluhan kehamilan yang membuat anda tidak nyaman saat hamil.

Leave a Reply