5 Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil Untuk Mencegah Kelebihan Berat Badan

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil – Merasa sering lapar saat hamil adalah hal  yang wajar dialami oleh ibu hamil. Hanya saja, mengonsumsi makanan berlebihan tanpa memperhatikan asupan nutrisi, serta kalorinya akan menyebabkan berat badan berlebih, juga menyebabkan munculnya komplikasi kehamilan, serta masalah kesehatan pada bayi yang dikandung.

Diperlukan tips sehat untuk mengurangi lapar namun ibu hamil dan bayi yang dikandung tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Nah, berikut beberapa tips mengatasi sering lapar saat hamil untuk mencegah kelebihan berat badan.

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil Untuk Mencegah Kelebihan Berat Badan

Sangat penting mengetahui tips mengendalikan lapar tanpa mengurangi nutrisi yang dibutuhkan ketika hamil seperti berikut ini.

Minum Terlebih Dahulu Ketika Lapar

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Pada saat anda merasakan lapar, sebaiknya anda minum terlebih dahulu. Kadang-kadang tubuh akan mengartikan haus sebagai rasa lapar. Selain itu, ketika hamil tubuh harus terhidrasi sehingga diperlukan cairan yang lebih banyak dari biasanya.

  • Ibu hamil perlu minum setidaknya sebanyak 12 hingga 13 gelas dalam setiap harinya.
  • Selain mencukupi kebutuhan cairan dengan minum, anda juga bisa mendapatkannya dari konsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air seperti selada, jeruk, pir dan apel.
  • Anda harus menghindari konsumsi soda guna mencegah asupan gula dan kalori berlebih.

Menjaga Asupan Kalori

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Ibu hamil dengan kehamilan tunggal, umumnya membutuhkan kalori tambahan sebanyak 300 kalori pada trimester kedua, serta 400 kalori saat trimester ketiga.

  • Sebagai langkah mencegah berlebihnya asupan kalori karena sering merasa lapar, anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah yang rendah akan kandungan kalori namun tinggi akan kandungan nutrisi.
  • Selain itu, anda juga harus mengimbanginya dengan asupan protein seperti ikan, daging ayam ataupun telur.

Makan Porsi Sedikit Namun Sering

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Tips lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sering lapar sebagai cara mencegah kelebihan berat badan yaitu dengan makan dalam porsi sedikit namun sering.

Anda dapat makan sering namun porsinya sedikit dibandingkan makan banyak saat sekali makan. Cara ini akan mencegah nyeri pada ulu hati yang biasanya sering dialami oleh bumil.

Mengonsumsi Makanan Segar

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Dibandingkan makanan yang sudah diproses, sebaiknya anda memilih bahan makanan yang segar.

  • Saat berbelanja pilihlah bahan makanan segar dan sehat.
  • Jangan memilih makanan kemasan atau masakan siap santap karena mengandung tinggi kalori namun nutrisinya rendah.

Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Biasanya ibu hamil sering ingin menyantap makanan cepat saji dengan rasa yang manis, serta penuh dengan kandungan karbohidrat. Namun, sayangnya mengonsumsi makanan ini justru akan membuat ibu hamil tidak mau makan makanan sehat.

  • Sebagai solusinya, anda bisa mengonsumsi cemilan sehat, seperti kacang-kacangan, buah ataupun roti gandum  dengan tambahan selai kacang dan alpukat.
  • Anda harus tetap mengonsumsi menu makan seimbang dan bergerak aktif, serta istirahat dengan cukup. Sebab hal ini akan membantu mengendalikan rasa lapar yang dialami.
  • Anda juga bisa mengonsumsi 1 porsi kecil makanan yang ingin anda makan, baik itu cokelat ataupun es krim. Jika anda menahan untuk mengonsumsi makanan yang anda inginkan, maka ditakutkan pada suatu waktu anda kelepasan dan justru mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang sangat banyak.

Artikel lainnya : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Itulah beberapa tips mengatasi sering lapar saat hamil untuk mencegah kelebihan berat badan. Jika nafsu makan anda semakin tidak terkendali, anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

Leave a Reply