5 Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Aman

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Aman – Beberapa keluhan terkadang dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya yaitu perut begah dan kembung. Apabila tidak segera diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menimbulkan tidak nyaman, bahkan hingga dapat mengganggu aktivitas ibu hamil.

Untuk membantu mengatasi perut begah pada ibu hamil, anda bisa mencoba cara alami dan aman. Berikut ini beberapa tips mengatasi perut begah pada ibu hamil dengan alami dan aman.

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Aman

Begah saat hamil bisa disebabkan karena hormon progesteron yang mengalami peningkatan, makanan yang anda konsumsi, cara makan yang tidak tepat, kondisi rahim yang membesar, sembelit, stres atau cemas yang berlebih dan lain sebagainya. Nah, untuk membantu mengatasinya beberapa tips di bawah ini dapat anda coba.

Minum Air Putih

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi perut begah saat hamil yaitu memperbanyak minum air putih. Jika anda minum air putih yang cukup dalam setiap harinya maka akan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, serta mencegah terjadinya sembelit. Dimana sembelit itu sendiri biasanya disertai dengan gejala perut kembung dan perut begah.

  • Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.
  • Ketika minum pastikan anda melakukannya dengan perlahan-lahan, jangan tergesa-gesa. Anda sebaiknya minum dengan menggunakan gelas, jangan menggunakan sedotan.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Anda juga perlu mengonsumsi makanan berserat lebih banyak untuk menghindari masalah sembelit supaya kondisi perut begah ketika hamil tidak akan terjadi.

Anda dapat mengonsumsi sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan. Dimana jenis makanan tersebut diketahui akan mengatasi gas pada tubuh.

Makan dengan Perlahan

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Cara makan juga sebaiknya diperhatikan untuk membantu mengatasi perut begah saat hamil. Apabila anda makan dengan cepat, maka udara yang masuk ke dalam perut akan lebih banyak. Dimana udara tersebut akan ada dalam perut dan menyebabkan begah serta kembung.

Oleh karena itu, hindari makan dengan terburu-buru. Anda sebaiknya makan dengan perlahan dan lebih santai.

Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Anda juga perlu menerapkan kebiasaan makan dengan porsi kecil namun sering untuk membantu mengatasi perut begah ketika hamil. Jika anda menyantap makanan lebih banyak dalam waktu cepat, maka waktu yang diperlukan sistem pencernaan untuk mengolah makanan akan semakin lama. Ketika sedang hamil perubahan hormon yang dialami ibu hamil akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi lambat bekerja. Jika makanan semakin banyak dan semakin lama pada usus maka gas yang dihasilkan akan menjadi semakin banyak.

  • Untuk mengatasinya anda perlu menerapkan kebiasaan makan porsi kecil namun sering.
  • Hindari makan banyak sekaligus karena akan membuat perut tidak nyaman.
  • Pastikan menu makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang agar anda dan buah hati dalam kandungan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Baca juga : Cara Mengatasi Kaki Pegal Saaat Hamil 

Mengonsumsi Probiotik

Tips Mengatasi Perut Begah Pada Ibu Hamil

Probiotik akan membantu melindungi, serta memelihara kesehatan sistem pencernaan anda. Nah, mengonsumsi probiotik diketahui akan membantu mencegah perut begah ketika hamil.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik. Adapun beberapa makanan yang mengandung probiotik di antaranya yaitu yoghurt dan kefir. Makanan ini akan mendukung bakteri baik pada usus. Sehingga akan menurunkan risiko gas berlebih dan sembelit.

Itulah beberapa tips mengatasi perut begah saat hamil. Jika kondisi perut begah tidak kunjung hilang meskipun sudah mencoba cara di atas, bahkan semakin membuat anda tidak nyaman, sebaiknya konsultasikan kondisi anda pada dokter. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply