5 Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil dengan Langkah Sederhana

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil – Salah satu keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil yaitu pegal-pegal. Pegal-pegal ini bisa dialami pada salah satu bagian tubuh ataupun menyeluruh. Tentunya pegal-pegal ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Penyebab pegal saat hamil yaitu karena meregangnya jaringan penyokong tubuh dengan alami untuk menunjang perkembangan kehamilan dan agar proses persalina menjadi mudah. Beberapa hal lainnya dapat menyebabkan pegal-pegal seperti bertambahnya berat badan, perubahan hormon, stres dan pertumbuhan si kecil dalam kandungan.

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Baca juga : Cara Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil Tua

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil dengan Langkah Sederhana

Untuk membantu mengatasi pegal-pegal yang sering dialami selama masa kehamilan, beberapa tips berikut ini dapat anda lakukan.

Mandi dengan Menggunakan Air Hangat

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pegal saat hamil yaitu mandi dengan menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat akan membantu mengurangi pegal pada tubuh di masa kehamilan. Tidak hanya membantu mengurangi rasa pegal saja, namun mandi dengan air hangat juga akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan membuat anda menjadi lebih rileks.

  • Caranya yaitu, silakan siapkan air hangat, namun tidak terlalu panas.
  • Kemudian untuk membuat anda semakin rileks, anda bisa menambahkan minyak esensial atau garam epsom pada air hangat ketika anda mandi.

Melakukan Pijat Kehamilan

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Melakukan pijat kehamilan akan membantu anda mengurangi pegal-pegal saat hamil. Selain itu, pijat hamil juga bermanfaat untuk membuat peredaran darah meningkat, mencegah stres dan membantu mengurangi nyeri sendi. Untuk membantu mengurangi rasa pegal pada tubuh, anda dapat meminta bantuan suami. Namun, anda juga bisa melakukan pijat oleh terapis profesional.

  • Melakukan pijat kehamilan tidak boleh sembarangan, terlebih lagi saat usia kehamilan anda masih trimester awal.
  • Alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai keamanannya pada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan Posisi Tidur

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Mengatur posisi tidur juga bisa anda lakukan untuk membantu mengurangi pegal-pegal yang anda alami selama masa kehamilan. Nah, ibu hamil disarankan memilih posisi tidur menyamping.

  • Caranya yaitu, ibu hamil dapat menyimpan bantal penyangga di antara kaki, bawah perut ataupun belakang punggung.
  • Hindari posisi tidur telentang karena akan membuat rasa pegal yang anda alami menjadi semakin parah.

Melakukan Olahraga Ringan

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Pegal-pegal saat hamil juga bisa dikurangi dengan melakukan olahraga ringan. Namun, pastikan anda memilih olahraga khusus ibu hamil dan aman dilakukan selama kehamilan.

  • Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berenang, yoga atau berjalan kaki.
  • Hanya saja, jika anda terlalu lelah untuk melakukan olahraga, sebaiknya anda jangan memaksakan diri.
  • Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga karena kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Menggunakan Penyangga Perut Khusus Untuk Ibu Hamil

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Menggunakan penyangga perut untuk ibu hamil akan menahan beban pada perut, dari punggung hingga ke bagian bawah panggul. Penyangga perut ini akan membuat beban pada perut yang semakin besar berkurang, sehingga bisa membantu mengurangi pegal yang anda rasakan.

Anda bisa membeli penyangga perut khusus untuk ibu hamil sesuai kebutuhan. Pastikan anda memilih penyangga perut yang nyaman saat digunakan untuk membantu mengurangi pegal yang anda alami.

Lihat juga : Cara Mengatasi Mudah Lelah Pada Ibu Hamil

Dengan melakukan tips di atas diharapkan dapat membantu mengatasi pegal yang ibu hamil alami. Hanya saja, jika pegal tetap tidak kunjung hilang meskipun sudah melakukan beberapa tips di atas, maka disarankan anda melakukan pemeriksaan pada dokter. Apalagi jika pegal yang muncul diikuti dengan gejala lainnya.

 

Leave a Reply