5 Tips Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Mengonsumsi Camilan Sehat

 

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil – Mual dan muntah merupakan keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil saat usia kehamilan trimester pertama. Mual dan muntah atau disebut dengan morning sickness ini disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron dan HCG. Untuk membantu mengatasi mual dan muntah saat hamil, anda bisa mencoba camilan sehat saat hamil berikut ini.

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Mengonsumsi Cemilan Sehat

Beberapa camilan sehat diketahui dapat membantu mengatasi mual saat hamil. Apa saja itu? Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini. ( Baca juga : Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil )

Mengonsumsi Apel Hijau

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Salah satu cemilan sehat yang bermanfaat untuk mengatasi mual saat hamil yaitu apel hijau. Pada apel hijau terkandung serat dan vitamin C yang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mencegah terjadinya konstipasi, serta membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dimana karena manfaatnya inilah apel hijau bisa membantu menghilangkan mual ketika hamil. Air yang terkandung pada apel akan mencegah terjadinya dehidrasi, serta lesu yang disebabkan karena mual dan  muntah.

  • Silakan ambil buah apel hijau secukupnya saja untuk cemilan.
  • Sebelum mengonsumsinya pastikan anda mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.
  • Setelah itu, anda bisa memotongnya kecil-kecil seperti dadu untuk dijadikan cemilan sehat penghilang mual.

Mengonsumsi Yoghurt

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Cemilan sehat lainnya yang bisa anda konsumsi untuk membantu mengatasi mual saat hamil yaitu yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk mengatasi ketidakseimbangan bakteri pada usus. Yogurt bisa mengatasi mual karena bakteri baik pada yoghurt akan menenangkan perut yang mual.

  • Cara mengonsumsi yoghurt yang aman untuk ibu hamil yaitu, anda sebaiknya memilih jenis yoghurt organik dan alami.
  • Hindari mengonsumsi yoghurt yang mengandung pemanis atau gula agar bisa mendapatkan manfaat yoghurt untuk ibu hamil yang maksimal.

Mengonsumsi Biskuit

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Biskuit juga diketahui dapat membantu mengatasi mual saat pagi hari. Dengan mengonsumsi biskuit sebagai camilan tinggi karbohidrat, maka akan membantu menyerap asam lambung, serta meringankan mual pada perut.

Cara memilih biskuit sebagai camilan untuk mengatasi mual pada ibu hamil yaitu memilih biskuit dengan kandungan tinggi karbohidrat.

Mengonsumsi Kacang Almond

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Almond adalah cemilan sehat untuk ibu hamil dan sebagai salah satu makanan yang akan mencegah mual ketika hamil, terutama saat pagi hari. Pada almond terkandung protein nabati yang tinggi sehingga akan mencegah lemah pada ibu hamil. Riboflavin terkandung pada kacang almond yang baik untuk mengatasi mual dan mencegah stres berlebih pada wanita selama hamil. Selain itu, pada almond juga terkandung vitamin E yang berperan untuk pembentukan rambut dan sel kulit pada si kecil. Kandungan kalsium akan membuat jaringan tulang serta gigi pada si kecil meningkat.

  • Untuk mendapatkan manfaat dari kacang almond, anda bisa mengonsumsinya langsung sebagai camilan.
  • Anda juga dapat menjadikan almond sebagai taburan pada berbagai hidangan seperti smoothie lezat, yoghurt dan lain sebagainya.

Mengonsumsi Labu

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Labu memiliki rasa yang tawar jika dikonsumsi langsung. Namun, apabila diolah rasanya sangat nikmat. Walaupun banyak ibu hamil yang tidak menyukainya karena rasanya yang tawar, namun anda bisa menjadikannya sebagai pengganti karbohidrat apabila mengalami mual dan muntah parah. Pada labu terkandung magnesium yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatasi mual. Pasalnya magnesium akan membuat sirkulasi darah meningkat untuk membantu mengatasi hormon yang mengalami perubahan. Selain itu, labu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara menjadikan labu sebagai camilan sehat yaitu dengan cara direbus, kemudian dicampurkan dengan agar-agar. Rebus labu hingga benar-benar matang agar teksturnya empuk dan lembut. ( Lihat juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil )

Itulah pilihan camilan sehat untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil.

Leave a Reply