6 Tips Mencegah Stunting Pada Anak Sejak Masa Kehamilan

Tips Mencegah Stunting Pada Anak Sejak Masa Kehamilan – Stunting pada anak dapat dicegah sejak masa kehamilan. Stunting itu sendiri merupakan gangguan tumbuh kembang anak yang membuat anak mempunyai postur tubuh jauh dari rata-rata anak yang seusianya. Nah, berikut tips mencegah stunting pada anak.

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Tips Mencegah Stunting Pada Anak Sejak Masa Kehamilan

Bund berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting pada anak sejak dalam kandungan.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Memenuhi kebutuhan nutrisi sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah stunting pada anak. Supaya pertumbuhan dan perkembangan anak optimal, asupan nutrisi yang cukup penting didapatkan pada 1000 hari pertama kehidupannya, yaitu saat dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

  • Oleh karena itu, selama hamil disarankan untuk mengonsumsi makronutrien yang cukup seperti lemak, karbohidrat dan protein.
  • Ibu hamil juga harus mengonsumsi makanan ataupun minuman yang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, magnesium, kolin, zinc, yodium, vitamin B, vitamin A dan vitamin D.
  • Nah, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut anda dapat mengonsumsi aneka jenis makanan sehat yang mengandung gizi seimbang seperti telur, ikan, daging, kacang, seafood, susu, biji-bijian, yoghurt, keju dan aneka buah dan sayuran.

Terapkan Gaya Hidup yang Sehat dan Bersih

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Menerapkan gaya hidup sehat dan bersih juga sangat penting dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah masalah infeksi selama masa kehamilan. Infeksi virus, bakteri atau parasit tertentu pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko stunting atau masalah kesehatan lainnya.

  • Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari pastikan anda menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Anda harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air secara teratur terutama sebelum makan, setelah dari luar rumah, sebelum menyiapkan makanan dan setelah selesai dari kamar mandi.
  • Jika anda mempunyai binatang peliharaan, terutama kucing pastikan kebersihannya benar-benar terjaga. Anda dapat meminta bantuan suami atau keluarga untuk membersihkan kandang ataupun kucing peliharaan anda.

Rutin Periksa Kehamilan

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Melakukan pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk dilakukan guna mencegah masalah stunting pada anak. Dengan melakukan pemeriksaan rutin dapat memantau tumbuh kembang janin dalam kandungan, serta mendeteksi jika ada masalah pada kesehatan ibu hamil atau janin dalam kandungan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan melewatkan jadwal pemeriksaan pada dokter.

Rutin Beraktivitas Fisik

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Anda harus tetap melakukan aktivitas fisik untuk mencegah stunting pada anak. Dengan melakukan aktivitas fisik maka peredaran darah, serta cairan tubuh akan menjadi lancar sehingga akan dapat mencegah keluhan ketika hamil, seperti masalah kaki bengkak. Jika peradaran darah lancar, maka aliran nutrisi ke rahim akan semakin baik, sehingga si kecil dalam kandungan dapat berkembang dengan sehat.

  • Anda dapat melakukan aktivitas fisik sederhana sesuai dengan kemampuan, serta sesuai petunjuk dari dokter.
  • Adapun beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan di antaranya yaitu senam, jalan kaki, pilates, yoga dan lain sebagainya.

Menghindari Asap Rokok

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, saat hamil sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari paparan asap rokok. Asap rokok akan meningkatkan risiko anak lahir prematur, mengalami stunting hingga berat badan lahir rendah.

  • Apabila ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok, anda sebaiknya meminta untuk tidak merokok dalam rumah.
  • Jika berada di luar rumah, sebaiknya anda menggunakan masker untuk menghindari asap roko, debu, virus, kuman dan polusi.

Mengonsumsi Asam Folat Sejak Berencana Hamil

Tips Mencegah Stunting Pada Anak

Merencanakan kehamilan sebaiknya dilakukan saat tubuh anda dalam keadaan sehat dan bebas penyakit. Anda sebaiknya mengonsumsi asam folat sejak berencana hamil.

  • Sumber asam folat tersebut bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan buah sitrus seperti jeruk dan lemon.
  • Jika diperlukan juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat.

Baca juga : 4 Tips Mencegah Diare Saat Hamil

Itulah beberapa tips mencegah stunting pada anak sejak masa kehamilan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons