Tips Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada ibu hamil?

Ketika ibu hamil akan menyebabkan kulit meregang yang megakibatkan robekan pada lapisan dalam kulit. Pada saat ibu hamil warna yang akan timbul tergantung pada kulit ibu hamil dapat merah atau cokelat. Meskipun pada saat melahirkan akan perlahan berubah warna menjadi putih dan memudah akan tetapi sering kali tidak hilang.

Ibu hamil dapat mengurangi guratan kulit selama kehamilan dengan melakukan beberapa pencegahan stretch mark berikut ini :

1. Makan dengan pola makan yang sehat

Selama kehamilan ibu hamil dituntut untuk menyeimbangkan pola makan. Kandungan gizi yang diperoleh dari makanan harus dapat mencukupi kebutuhan ibu dan janin. Ibu hamil harus terbiasa dengan konsumsi buah dan sayur. Seimbangkan pula dengan lauk-pauk, ikan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Sedangkan untuk perawatan kulit untuk mencegah stretch mark ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan dengan buah, sayur, biji-bijian, sereal dan kacang-kacangan. Kandungan yang terdapat didalam makanan tersebut sangat baik untuk mencegah stretch mark.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat membantu ibu hamil untuk terhindar dari dehidrasi selama kehamilan. Ibu hamil seringkali mengalami lelah dan kehilangan kosentrasi dengan minum air putih 8 gelas perhari maka dapat membantu ibu hamil tetap menjaga kesehatan selama kehamilan. Selain itu air putih dapat menjaga kesehatan kulit terutama untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya stretch mark yang seringkali dialami oleh kebanyakan ibu hamil dan susah hilang meskipun sudah melahirkan, Cegah sekarang juga minimal 8 gelas perhari.

3. Berat badan ideal selama kehamilan

Kehamilan identik dengan kenaikan berat badan padahal kenaikan berat badan harus disesuaikan dengan usia kehamilan. Kenaikan berat badan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan usia kehamilan seringkali menimbulkan keluhan pada ibu hamil dan juga berisiko pada janin. Dengan menyeimbangakan asupaan makanan yang bergizi selama kehamilan maka dapat membantu ibu hamil terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebih dan juga mengurangi risiko stretch mark. Untuk memahami berat badan ideal sesuai usia kehamilan anda dapat berkonsultasi dengan dokter kehamilan anda.

4. Melakukan latihan fisik ringan

Ibu hamil masih dapat menjaga kebugaran dengan melakukan kegiatab fisik yang aman dan sesuai dengan usia kehamilan pada ibu hamil. Sebagian ibu hamil hanya dibatasi dengan melakukan fisik tertentu karena risiko kehamilan, untuk mengetahui aktifitas fisik yang aman untuk ibu hamil sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kehamilan untuk mengetahui kondisi ibu dan janin.

Aktifitas fisik pada ibu hamil dapat berupa senam kehamilan, yoga khusus ibu hamil, jalan-jalan di pagi hari ataupun kegiatan lainnya, Selain bermanfaat untuk kebugaran dapat juga membantu anda mengurangi risiko stretch mark selama kehamilan.

Lengkapi pula dengan mengkonsumsi vitamin E. Vitamin E akan membantu untuk membuat kulit ibu hamil menjadi kencang. Apabila ibu akan mengkonsumsi vitamin E secara oral sebaiknya ibu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Tujuannya agar obat yang ibu konsumsi tidak mempengaruhi tumbuh kembang janin dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu Ibu hamil dapat menggunakan krim ataupun oil yang mengandung vitamin E dan diusapkan lembut pada bagian yang rentan terkena stretch mark.

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons