data-ad-format="auto"

Tips Mencegah dan Menghindari Komplikasi Diabetes

Penyakit diabetes adalah sebuah keluhan kesehatan yang serius dan tidak bisa dianggap remeh atau disepelekan begitu saja. Penyakit yang satu ini menjadi satu dari sekian banyak penyakit yang menjadi sumber kematian, terutama pada penderita yang telah lanjut usia. Adapun didalam tubuh, diabetes dapat terjadi dikarenakan kaar gula didalam darah jumlahnya sudah melebihi kadar normal atau tinggi.

Sementara itu, hormon insulin pada dasarnya adalah hormon yang mengendalikan kadar glukosa atau gula darah ini. Hanya saja, pada kondisi diabetes hormon yang satu ini tidak dapat diproduksi dengan baik bahkan pada kondisi awal insulin tidak sama sekali dapat diproduksi didalam tubuh. Akibatnya, dari waktu ke waktu, penambahan glukosa dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari membuat kondisi penyakit ini semakin memburuk.

Penting sekali mengobati dan mencari solusi untuk menangani kondisi penyakit yang satu ini. Hanya saja, mengikuti rencana pengobatan diabetes anda akan membutuhkan komitmen jangka panjang dan penantian yang cukup lama. Hal ini dikarenakan pengobatan ini pada umumnya terjadi secara bertahap ketika penderita mulai dapat mengendalikan asupan dan kadar gula didalam darahnya dengan baik.

Sementara itu, alasan mengobati diabetes dengan segera adalah penyakit ini seringkali menyebabkan komplikasi dengan timbulnya penyakit tubuh yang lainnya dimana kondisi ini tentu saja akan dapat membuat si penderita mengalami kondisi yang lebih parah. Akan tetapi sebenarnya, komplikasi sendiri dapat dicegah dan diatasi. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi komplikasi diabetes.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Tips Mencegah dan Menghindari Komplikasi Diabetes

Ada cukup banyak hal yang dapat dilakukan oleh para penderita diabetes dalam mengendalikan gula darah dalam tubuhnya. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tidak memburuk. Selain itu, pengendalia gula darah pun dilakukan untuk menghindari dan mengatasi komplikasi penyakit diabetes yang mungkin terjadi. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan dengan mandiri dirumah untuk menghindari komplikasi penyakit diabetes.

Buat Komitmen Guna Mengatur Diabetes

Hal pertama yang penting untuk dilakukan dalam rangka mencegah tinggi atau naiknya gula darah adalah dengan membuat komitmen dengan diri anda untuk dapat mengatur diabetes dengan baik. Selain itu, sebagai contoh anggota dari tim perawat diabetes anda seperti misalkan dokter atau tim pelayanan kesehatan atau mungkin ahli gizi anda akan dapat membantu anda mempelajari dasar dari perawatan diabetes dan menawarkan dukungan sepanjang waktu.

Akan tetapi, hal ini pun akan kembali lagi kepada diri anda dalam bagaimana mengatur kondisi kesehatan anda dengan baik. Pada intinya komitmen yang kuat dalam diri anda akan sangat dibutuhkan untuk menangani kondis ini dengan baik.

Pelajari semua hal yang terkait dengan diabetes. Buatlah rencana makanan sehat dan kegiatan fisik sebagai bagian dari rutinitas anda sehari-hari. Selain itu, menjaga berat badan agar tidak terus-terusa meningkat adalah hal yang penting untuk senantiasa dilakukan. Awasi pula kadar gula didalam darah anda dan ikuti instruksi dari dokter guna mengatur gula darah dengan baik. Bila perlu mintalah bantuan tim perawat diabetes pada saat anda merasa membutuhkannya.

Hentikan Kebiasan Merokok

Rokok dan diabetes adalah dua hal yang berbahaya untuk kesehatan. Kita dan anda semua tentu tahu betul bagaimana bahahaya rokok terhadap kesehatan. Kandungan nikotin yang ada didalam rokok akan dapat memperlambat laju darah dan memperburuk metabolisme didalam tubuh. Hal ini tentunya bukanlah kondisi yang baik untuk para penderita diabetes. Selain itu, menjalankan kebiasaan buruk merokok akan dapat meningkatkan resiko lebih besar terhadap komplikasi penyakit diabetes diantaranya adalah:

Aliran darah pada kaki dan bagian telapak kaki menjadi berkurang dimana kondisi ini akan dapat mengacu pada timbulnya infeksi dan operasi amputasi.

  • Resiko penyakit ginjal
  • Resiko kerusakan saraf
  • Penyakit mata yang dapat mengarah terhadap kebutaan
  • Resiko penyakit stroke yang lebih besar
  • Resiko penyakit jantung.

Beberapa komplikasi penyakit diatas tentu saja menjadi hal yang akan menakutkan bila terjadi pada tubuh kita. Untuk itu, hentikan kebiasaan merokok dengan perlahan dan lakukan dengan komitmen yang tinggi. Bila perlu bicarakan dengan dokter anda tentang cara membantu anda untuk dapat berhenti merokok atau menggunakan alternatif lain untuk dapat mengatasi kondisi semacam ini.

Buat Jadwal Rutin Untuk Pemeriksaan Fisik dan Mata

Hal ini akan menjadi kegiatan yang penting dalam rangka menghindarkan anda dari komplikasi diabetes yang berhubungan dengan kerja penglihatan dan organ lainnya dalam tubuh anda. Untuk itu, buatlah jadwal yang rutin dua sampai dengan tiga kali pemeriksaan diabetes dalam setahunnya. Sebagai tambahan anda dapat melakukan pemeriksaan dini fisik dan mata dengan rutin. Hal ini akan sangat membantu anda dan mendeteksi bila terdapat masalah dengan bagain tersebut sehingga penanganan akan dapat dilakukan dengan segera. Artiekl Terkait: Gejala Diabetes yang Perlu Untuk Diwaspadai

Selama melakukan pemeriksaan fisik, pada umumnya dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar nutrisi dan tingkat rutinitas anda serta memeriksa bila terdapat komplikasi terkait dengan penyakit diabetes, termasuk dengan tanda kerusakan ginjal, kerusakan saraf dan juga penyakit jantung. Selain itu, pemeriksaan ini penting dilakukan untuk melihat bila ada masalah medis lainnya yang perlu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol

Sama halnya seperti diabetes, tekanan darah yang tinggi akan dapat berpotensi merusak bagian pembuluh darah. Kolesterol yang tinggi pun akan menjadi kekhawatiran yang besar karena hal ini akan dapat menyebabkan kerusakan menjadi lebih buruk dan membuat anda lebih cepat mengalami kondisi yang parah bila anda adalah seorang penderita dibaetes. Ketika kondisi ini menjadi satu, maka kondisi selanjutnya akan dapat mengarah pada serangan jantung dan stroke atau kondisi kesehatan yang dapat mengancam jiwa lainnya.

Sementara itu, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga atau mengendalikan tekanan darah didalam tubuh agar tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Diet redah lemak dan olahraga teratur pun akan dapat membantu anda terhindar dari kolesterol. Dokter pun akan mungkin meresepkan obat untuk membantu anda mengendalikan tekanan darah didalam tubuh.

Perbaharui Vaksin Anda

Kadar gula darah yang tinggi ddidalam tubuh akan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dimana kondisi ini akan dapat membuat rutinitas vaksin menjadi lebih penting dibandingkan pada kondisi sebelumnya. Untuk itu, tanyakan pada dokter anda hal-hal mengenai:

  • Vaksin flu. Vaksin flu akan dibutuhkan setiap tahun dimana hal ini akan dapat membantu anda tetap terjaga dan sehat selama musim flu. Selain itu, vaksin ini akan dapat digunakan untuk mencegah komplikasi yang serius dari kondisi penyakit flu yang dialami.
  • Vaksin pneumonia. Pada banyak kasus yang dijumpai umumnya hanya memerlukan satu tindakan untuk memberikan vaksin ini. Jika anda menderita komplikasi diabetes atau usia telah lanjut yakni 65 tahun atau lebih maka anda akan mungkin memerlukan vaskin ini 5 tahun.
  • Vaksin hepatitis B. Sebuah Pusat kesehatan merekomendasikan vaksin hepatitis B diberikan untuk dewasa penderita diabetes yang sebelumnya tidak mendapatkan vaksin dan usianya lebih muda dari 60 tahun. Sementara itu, bila anda adalah seorang lansia dengan usia 60 tahun atau lebih namun belum pernah menerima vaksin hepatitis B maka bicarakan masalah ini dengan dokter apakah kondisi ini baik atau tidak dengan kondisi anda.
  • Vaksin lain. Perbaharui vaksin tetanus anda. Dalam hal ini dokter mungkin akan merekomendasikan vaksin yang lainnya. Untuk itu, selalu periksakan dan berkonsultasi dengan dokter.

Loading...