Tips Mempersiapkan Operasi Caesar

Sekarang ini proses persalinan caesar banyak dilakukan dengan berbagai alasan, ada yang melakukanya dengan alasan medis dan persalinan caesar yang direncanakan. Operasi caesar yang telah direncanakan sebelumnya ini, biasanya ibu tidak perlu menunggu kontraksi seperti halnya kelahiran normal. Operasi caesar tersebut pada umumnya berjalan selama 1 jam. Hal yang diperhatikan saat operasi caesar jika terjadinya post partumhaemorrhage (PPH) atau pendarahan yang sangat banyak lebih dari 500 ml, yang dikarenakan pengirisan dinding uterus. Ibu yang sedang hamil memang akan mengalami pendarahan hebat, namun biasanya pendarahan ini tidak dalam jumlah berlebih. Apabila terjadi hal tersebut maka segera lakukan tranfusi darah. Jika kehamilan anda memasuki 9 bulan, maka anda dokter anda akan memberi tahu proses persalinan dilakukan secara normal atau secara operasi. Oleh karena itu akan timbut perasaan yang kurang nyaman, tidur tidak nyenyak, dan kecemasan lainnya.

Untuk mengurasi rasa cemas anda ada beberapa tips untuk menghadapi proses persalinan secara caesar, yaitu :

1.    Tetap menjaga komunikasi yang baik dengan dokter. Jika anda sudah setuju melakukan persalinan secara caesar, komunikasikan segala sesuatunya dengan dokter anda. Jangan sungkan untuk berkeluh ataupun mendiskusikan kesehatan anda pada dokter.

2.    Mempersiapkan perlengkapan yang hendak di bawa ke rumah sakit. Jika anda telah merencanakan persalinan secara caesar, biasanya tanggal persalinan telah direncanakan. Oeh sebab itu, persiapkan barang-banrang yang dibutuhkan ibu dan bayi pada saat di rumah sakit nanti.

3.    Biaya rumah sakit. Persiapkan biaya ekstra jika anda dan pasangan anda memilih persalinan secara caesar. Biaya persalinan secara caesar memakan biaya yang lebih mahal dari biaya persalinan normal. Namun besar kecilnya biaya, tergantung dari rumah sakit dan kamar inapnya sendiri.

4.    Diskusikan dengan dokter anda mengenai rasa sakit. Perlu anda ketahui bahwa rasa sakit pasca melahirkan caesar sangat terasa dibandingkan degan persalinan normal. Jahitan bekas persalinan caesar pun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Sehingga, siapkan mental, psikis, dan juga kondisi tubuh agar tetap fit. Selain itu bahas rasa sakit yang ditimbulkan setelah operasi dengan pasangan dan keluarga anda untuk meringankan beban psikis pada ibu yang telah melahirkan secara caesar.

5.    Buatlah kenyamanan pada rumah anda. Demi menyambut sang buah hati yang akan lahir, ada baiknya anda mengatur dan membereskan rumah anda sebelum dia lahir. Karena, setelah ibu melakukan persalinan caesar, gerak tubuh ibu sangat terbatas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply