5 Tips Memilih Pakaian Saat Hamil Agar Tetap Nyaman

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil – Seiring bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Baju yang biasanya digunakan menjadi terasa sesak dan tidak nyaman. Oleh karena itu, banyak ibu hamil yang memutuskan untuk menggunakan baju khusus hamil.

Membeli baju hamil tentu tidak boleh sembarangan karena menyangkut kenyamanan ibu hamil saat menggunakannya. Oleh karena itu, ada beberapa tips memilih pakaian saat hamil agar tetap nyaman yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil Agar Tetap Nyaman

Jika baju dan celana sehari-hari yang biasanya digunakan sudah mulai sempit dan tidak nyaman, maka sudah saatnya ibu hamil membeli baju hamil. Nah, sebelum membeli baju hamil sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Sebaiknya Jangan Terburu-Buru

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Kehamilan menjadi masa yang menggembirakan untuk anda. Anda begitu antusias dalam segala hal, termasuk ingin cepat-cepat membeli baju hamil. Menggunakan baju khusus untuk ibu hamil memang akan membuat anda nyaman, namun sebelum membelinya sebaiknya jangan terburu-buru.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Sebelum anda memutuskan membeli pakaian hamil, anda sebaiknya cek terlebih dahulu lemari. Mungkin saja ada baju dan celana yang masih nyaman digunakan saat usia kehamilan trimester pertama karena ukuran perut yang belum terlalu besar. Ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

Pilihlah Baju Hamil yang Multifungsi

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Selain menentukan model baju hamil yang bagus, anda juga sebaiknya memilih baju hamil yang multifungsi, yaitu baju yang juga bisa digunakan ketika menyusui nanti.

Pilihlah baju hamil sekaligus menyusui yang nyaman digunakan. Pilihlah baju dengan bahan yang berkualitas dan tidak membuat gerah. Jenis baju menyusui biasanya longgar serta ada ritsleting atau kancing di bagian depannya sehingga akan lebih praktis ketika digunakan.

Memilih Warna yang Tepat

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Ketika memilih baju hamil, anda mungkin tertarik dengan warna-warna yang cantik. Namun, sebelum memilih warna baju sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut.

  • Sebaiknya ibu hamil membeli baju dengan warna netral supaya lebih mudah dipadu padankan dengan rok atau celana.
  • Apabila baju tersebut akan dipakai sampai masa menyusui, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih baju berwarna gelap. Baju berwarna gelap akan dapat menyamarkan ASI yang merembes.
  • Namun, sebagai alternatif jika tidak suka warna gelap yaitu memilih warna terang, namun harus menggunakan breast pad supaya rembesan ASI nantinya tidak terlihat.

Bahannya Nyaman dan Tidak Terawang

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Selama hamil kita tidak akan tahu seberapa besar kenaikan berat badan. Sehingga akan lebih baik jika anda memilih baju dengan bahan yang nyaman dan melar.

  • Pakaian berbahan jersey atau kaos bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil agar nyaman. Bahan kaos yang dapat menyerap keringat akan membuat ibu hamil nyaman.
  • Selain itu, pastikan bahan tidak tembus pandang. Oleh karena itu, untuk memastikan anda bisa mencoba terlebih dahulu baju sebelum membelinya.

Pilih Celana Khusus Ibu Hamil

Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Untuk anda yang sering menggunakan celana, sebaiknya pilihlah celana khusus ibu hamil. Yuk perhatikan beberapa tips berikut ini.

Pilihlah celana ataupun rok yang dikhususkan bagi ibu hamil dengan karet di bagian pinggangnya. Hindari memilih celana atau rok yang memakai kancing. Model celana yang memiliki karet di pinggang ukurannya bisa disesuaikan dengan perut ibu hamil, sehingga dengan begitu anda akan lebih leluasa ketika menggunakannya.

Artikel terbaru : 5 Cara Mencegah Preeklamsia Saat Hamil

Itulah beberapa tips memilih pakaian saat hamil agar tetap nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply