Tips Mainan Bayi Usia 3 Bulan

3.5/5 (4)

Usahakan memilih mainan dengan ornamen yang menempel kuat, apabila sesekali terlepas bisa langsung anda perbaiki, misalnya kancing pada boneka atau benda berukuran kecil lainnya. Bila permainan terbuat dari plastik anda bisa melihat jenis plastik yang dipakai untuk bahan mainan tersebut di kemasan atau pada benda tersebut berupa kode tertentu. Bila menggunakan cat dengan warna-warni maka usahakan pilihan cat yang aman atau catnya tidak luntur. Hindari mainanan yang menghasilkan bunyi yang terlalu keras sehingga akan menggangu kesehatan pendengarannya. Bila anda masih bingung dalam memilih mainan bayi untuk usia 3 bulan, lihat kemasan mainan tersebut beberapa mainan mencantumkan usia bayi sehingga memudahkan anda dalam memberikan mainan bayi. Selain karena dinilai sesuai aman dari segi kesehatan bayi, mainan yang tepat sesuai dengan usia bayi akan membantu dalam merangsang kecerdasan dan gerakannya.

Berikut adalah permainan yang bisa anda pilih untuk usia bayi 3 bulan :

1.  Mainan yang menghasilkan bunyi

Mainan yang menghasilkan bunyi bisa anda gantung dengan kuat di atas bayi. Anda bisa menggoyangkan sesekali sehingga bayi anda tertarik ke arah bunyi tersebut. Warna- warni yang terdapat pada permainan yang digantung akan menarik perhatian bayi anda. Berikan kesempatan bayi anda untuk meraihnya.

2.  Mainan dengan tekstur berbeda

Indra peraba bayi akan terangsang ketika diberikan beberapa permainan yang memiliki tekstur yang berbeda. Carilah bentuk yang sesuai dengan jenis kelamin bayi anda, misalnya boneka untuk perempuan dan bentuk binatang untuk laki-laki. Biarkan bayi anda untuk belajar memegangnya. Perkenalkan dengan tekstur yang lembut hingga kasar.

3.  Mainan untuk digigit

Karena berhubungan langsung dengan mulut bayi sehingga anda harus ekstra menjaga kebersihan dan keamanan bahan mainan tersebut. Mainan bayi untuk digigit sangat dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan gigi bayi dan alat pengecapnya. Anda dapat memilihnya di pusat mainan bayi dengan bahan yang aman.

4.  Mainan dengan bentuk favorit

Meskipun jenisnya adalah boneka tetapi untuk bayi laki-laki anda bisa memilih bentuk yang favorit seperti bentuk mobil, bola atau binatang dengan ukuran sedang. Sedangkan untuk wanita lebih banyak ragamnya yang bisa anda pilih. Hal ini bisa menjadi mainan disela-sela waktu senggangnya dengan sedikit cerita, meskipun belum dapat merespon akan tetapi indera pendengarannya ikut terangsang.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel