Tips Memilih Gendongan Bayi yang Aman dan Nyaman

3.75/5 (4)

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

Betap tidak, buah hati kecil yang baru saja mereka lahirkan ke dunia adalah hasil dari kerja keras dan perjuangan yang besar yang tentunya semua hal tersebut tidak mudah untuk dilalui begitu saja. Perjalanan panjang mengandung bayi dan akhirya tiba saatnya dihadapkan pada persalinan adalah serangkaian hal yang dilalui dengan penuh dengan perjuangan.

Sehingga tak heran, ketika si malaikat kecil yang telah dinanti-nanti lahir ke dunia, para ibu akan senantiasa melakukan segala hal demi menjaga agar buah hatinya senantiasa mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Tak tanggung-tanggung, untuk memenuhi kebutuhan para bayinya, seorang ibu tak akan segan untuk memilih dengan selektif dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit agar apa yang dibutuhkan bayi bermanfaat dengan baik untuknya.

Sebelum bayi mereka lahir ke duniapun, seorang ibu akan dengan senang hati mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Mulai dari menata kamar tidurnya, mempersiapkan mainannya sampai dengan mempersiapkan semua pakaian dan aksesoris lucu untuk calon buah hati mereka. Sehingga demikian, tidak heran bila pada saat bayi mereka sudah lahir ke dunia, segala hal akan dilakukan untuk buah tercintanya.

Ada cukup banyak keperluan dan perlengkapan bayi pada saat mereka sudah mulai beranjak lebih besar. Tidak seperti pada usia baru lahir, dimana seorang bayi tidak membutuhkan terlalu banyak perlengkapan. Saat mereka sudah mulai besar dan memasuki tahapan golden age atau periode emas hingga usinya semakin besar, seorang bayi membutuhkan banyak hal guna menunjang segala hal dalam hidupnya.

Bukan hanya pakaian dan popok saja yang akan ibu butuhkan, saat si anak sudah mulai berinteraksi dengan dunia sekelilingnya, beberapa perlengkapan dibutuhkan untuk mendukung si bayi dalam mengenal dan belajar banyak hal yang ada di sekelilingnya. Seperti halnya mainan bayi yang mana perlengkapan ini akan membantu stimulasi anak agar responsif terhadap rangsangan yang diberikan. Dengan begini, adanya mainan akan berguna untuk mengasah kecerdasan si anak.

tips memilih gendongan bayi

Nah, selain beberapa hal diatas hal lain yang juga penting untuk para ibu yang memiliki bayi atau anak-anak yang masih kecil dirumahnya adalah adanya gendongan. Peranan peralatan ini bisa begitu penting untuk seorang ibu. Apalagi, untuk ibu yang seringkali bepergian membawa serta buah hatinya.

Gendongan bayi sebenarnya adalah sebuah temuan yang brilian. Betapa tidak, akan apa jadinya bila semua orang yang memiliki bayi didunia ini tidak memiliki gendongan. Anda mungkin akan menjadi salah satu orang yang harus dibuat kesulitan menggendong buah hati anda tanpa menggunakan alat bantu. Selain itu, tubuh si bayi yang akan terus mengalami perkembangan, tentu akan membuat siapa saja merasa lelah dan pegal tatkala kegiatan menggendong menjadi giliran anda.

Hal ini mungkin akan membuat para ibu jarang membawa serta buah hati mereka pergi jalan-jalan ke mall sampai si buah hati mampu berjalan sendiri. Sebab menggendong bayi tanpa gendongan tentu akan menjadi kegiatan yang melelahkan dan bila rupanya anda harus menunggu pergi ke mall sampai si buah hati bisa berjalan, maka berapa lama lagi waktu yang harus anda tunggu untuk mewujudkan impian anda membawa serta si buah hati ke tempat-tempat yang ingin anda kunjungi bersama dengannya?

Nah, jika para ibu jaman dahulu seringkali menggendong bayi mereka dengan menggunakan selendang atau samping batik, saat ini sudah ada begitu banyak inovasi dari gendongan bayi dengan beragam macam bentuk, motif maupun warnanya yang bervariasi.

Kegiatan menggendong bayi memang tampaknya seperti hal yang mudah. Akan tetapi, hal ini tidaklah bisa dilakukan dengan sembarang. Sebab tulang-tulang pada tubuh bayi masih begitu lunak. Salah-salah, cara menggendong bayi yang keliru akan berakibat tidak bayi terhadap perkembangan fisik mereka dikemudian hari.

Untuk itulah, selain memperhatikan metode menggendong bayi, bagi anda yang ingin menggunakan alat gendongan bayi, sebaiknya selektiflah memilih alat gendongan tersebut. Sebab tidak semua gendongan bayi baik untuk buah hati anda.

Nah, berikut ini adalah tips memilih gendongan bayi yang aman dan nyaman beserta dengan plus dan minusnya.

Gendongan Selendang

Gendongan yang satu ini telah sejak lama menjadi favorit para ibu sejak jaman dahulu. Gendongan yang biasanya terbuat dari kain dengan motif batik dan digunakan dengan mengaitkan selendang dileher untuk menyelimuti bayi ini telah menjadi gendongan yang cukup lagendaris.

Gendongan yang satu ini cocok untuk menggendong bayi baru lahir hingga usianya mencapai 2 tahun. Selain itu, gendongan yang satu ini terbilang paling nyaman untuk dikenakan dirumah, namun tidak ada salahnya juga bila dikenakan untuk bepergian.

Meskipun tergolong kedalam gendongan yang tipis, akan tetapi jenis gendongan yang satu ini tetap nyaman digunakan untuk bayi. Selain itu, kini selendang jenis ini tampil dalam beragam motif yang bisa anda seusaikan dengan selera anda.

  • Nilai Plus

Selendang jenis ini mudah dikenakan karena hanya perlu disimpulkan dibagian pundak saja. Selain itu, bentuknya yang tipis membuat anda lebih mudah membawanya kemana-mana. Kain ini pun mudah dicuci dan perawatannya tidak terlalu rumit.

  • Nilai Minus

Bebannya hanya bertumpu pada satu pundak saja, sehingga anda akan mudah lelah dan pegal akibat beban tidak menyebar secara merata.

Ransel Gendong

Gendongan jenis ini adalah salah satu jenis gendongan yang menyerupai ransel. Gendongan jenis ini akan terasa nyaman baik untuk ibu maupun untuk ayah saat menggendong buah hatinya.

Dengan menggunakan gendongan ini, anda bisa menggendong si bayi menghadap ke depan atau ke belakang. Sehingga demikian si buah hati bisa mengeksplor apa yang ada disekelilingnya dengan mudah.

  • Nilai Plus

Dengan menggunakan gendongan ini, baik anda dan suami akan merasa nyaman karena beban menyebar merata ke beberapa bagian sehingga anda tidak akan mudah merasa pegal atau lelah.

  • Nilai Minus

Gendongan ini sebaiknya tidak digunakan untuk bayi baru lahir karena akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Selain itu, dibutuhkan keterampilan khusus pada saat memasukkan si bayi kedalam gendongan ini dan hal ini tidak dapat dilakukan dengan tergesa.

Baby Sling

Bentuk gendongan yang umumnya terbuat dari bahan katun ini, dapat digunakan untuk menggendong bayi dalam berbagai posisi sesuai dengan usia. Bentuknya mirip dengan cukin selendang jaman dulu, dimana anda dapat menempatkan di bayi disamping atau didepan tubuh anda sehingga berat badannya ditopang oleh salah satu bagian bahu.

Alat gendong yang satu ini pun cocok digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir yang belum dapat menyangga kepalanya sendiri.

  • Nilai Plus

Dengan menggunakan gendongan ini anda akan dapat memasukkan bayi yang sedang tidur pulas kedalamnya, tanpa membuat si bayi terbangun.

  • Nilai Minus

Anda mungkin akan merasakan cepat pegal dengan kondisi ini jika menggendong bayi dalam waktu yang lama. Selain itu, bila simpul pada gendongan tidak diikat dengan kuat, tekstur kain yang licin pada gendongan akan mungkin berbahaya.

Demikian, semoga artikel mengenai tips memilih gendongan bayi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel