Tips Memilih Buku Bacaan Bagi Anak-Anak

 

Tapi, persisnya buku seperti apa yang harus diberikan kepada si kecil? berikut adalah beberpa pilihan dan tips yang bisa ibu gunakan untuk memilihkan buku baginya.

  • Carilah Buku Dengan Tema atau isi cerita dengan buku dongeng yang sebelumnya sering ibu bacakan sebagai dongeng sebelum tidur. Ketika dia mampu membacanya dan ketika memorinya bekerja, dan ketika tersadar itu adalah buku atau cerita yang pernah ia dengarkan, ia pasti bergumam, “ohhh ini yang diceritakan ibu” atau “sepertinya saya pernah dengar cerita ini”, dan ini akan membuat dia semakin semangat untuk membaca
  • Ibu juga bisa memberikan buku dengan isi struktur kalimat yang singkat dan sederhana yang memudahkan dia untuk mengingatnya.
  • Waktu dulu kecil pertama membaca buku ibu suka dengan buku apa? tidak ada salahnya si kecil juga sekarang di berikan buku dengan tokoh, atau cerita yang pernah anda sukai dulu. Hal ini akan membuat anda makin tertarik dan bersemangat untuk mendampingi dan mengajarkan si kecil membaca. Guru yang bersemangat tentu sangat baik bagi anak didiknya. Tapi tetap perhatikan minat anak terhadap buku yang diberikan ibu, apakah dia menyukainya atau tidak. Meskipun anda begitu mencintai tokoh si kancil waktu kecil, namun jika si kecil tidak menyukainya, tetap jangan dipaksakan.
  • Pilihlah buku yang mengandung illustrasi dan gambar di dalamnya yang berhubungan dengan ceritanya. Gambar atau illustrasi tentu akan membantu anak semakin mengerti akan isi cerita. Usahakan gambarnya berwarna, karena ketika terdapat cerita berisi bunga mawar merah, jangan sampai gambarnya ternyata mawar berwarna hitam putih. Tentunya akan membingungkan si kecil.
  • Pahami minat anak anda dan berilah buku sesuai minatnya. Hal ini tentu akan membuat si kecil semakin tertarik ketika dia senang akan pesawat dan mendapati ibunya memberikan buku tentang pesawat. Jadi, dorong anak untuk menyukai membaca dulu.
  • Bawa anak anda ke toko buku atau perpustakaan dan beri keleluasaan untuk memilih buku yang dia suka, tentunya tetap pengawasan dilakukan oleh orang tua.
  • Ibu juga bisa meminta pendapat kepada petugas perpustakaan atau ahli buku atau via internet mengenai buku yang tepat berdasar usia, minat dan tingkat kemampuan membaca anak anda
  • Buku-buku anak yang berkualitas seperti buku yang pernah mendapat penghargaan atau buku yang penulisnya adalah ahli anak bisa juga dipertimbangkan sebagai buku pilihan bagi anak anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel