data-ad-format="auto"

Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi

Kesehatan gigi anak sangat penting untuk dijaga, gigi pada usia anak-anak atau dikenal dengan gigi susu mempunyai peranan dalam mengoptimalkan nutrisi pada pertumbuhan anak anda. Dengan bantuan gigi susu, anak anda dapat mengunyah dengan baik, selain itu gigi susu berperan dalam membantu pengucapan dan suara sehingga membentuk keyakinan diri anak. Hal yang tak kalah penting dari gigi susu yaitu dalam menyediakan ruang untuk pertumbuhan gigi permanen dan memastikan perkembangan rahang yang sempurna. Pada dasarnya merawat gigi susu mulai dilakukan ketika gigi susu mulai tumbuh hingga adanya pertumbuhan gigi permanen pada anak anda. Pada kasus gigi susu yang rusak ataupun tanggal akan mengakibatkan adanya ruang atau jalur yang menyebabkan pertumbuhan gigi tertutup sekaligus akan menyebabkan gigi tumbuh tidak sempurna. Rata-rata gigi susu akan tumbuh dari usia 6 bulan hingga usia 3 tahun dengan jumlah 20 buah sebelum digantikan dengan gigi permanen dengan jumlah 32 buah yang akan tumbuh dan berganti secara berangsur.

Beberapa makanan yang manis seperti kandungan gula dari susu formula, permen, coklat atau makanan manis lainnya akan menyebabkan karies pada gigi anak anda. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan gigi anak di usia dini agar tidak menyebabkan gigi susu berlubang atau patah dan juga perawatan gigi susu ditujukan untuk dapat memastikan gigi permanen dapat tumbuh pada posisi yang rata. Perawatan gigi susu dapat dilakukan dengan cara mengajarkan anak anda untuk menyikat gigi dan juga rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Akan tetapi apa jadinya jika anak anda mempunyai ketakutan ketika diajak untuk berkunjung ke dokter gigi. Kecemasan yang ditimbulkan oleh anak sehingga membuat anda berpikir cara terbaik dalam membujuk anak untuk memeriksakan kesehatan giginya. Hal yang harus anda ingat bahwa pergi ke dokter gigi bukan sebagai ancaman, hukuman ataupun sekedar menakut-nakuti ketika anak anda tidak terbiasa menggososk gigi. Semua hal tersebut akan membuat anak anda berpikir bahwa dokter gigi adalah tempat yang menyeramkan.

Berikut adalah tips yang dapat anda ambil untuk membujuk anak pergi ke dokter gigi :

1.  Memperkenalkan pada usia dini

Memperkenalkan klinik atau perawatan gigi pada anak anda pada usia yang dini akan membuatnya terbiasa. Anda dapat memulai mengajaknya pada usia dua tahun, meskipun anak anda tidak mempunyai keluhan yang berarti akan tetapi dengan cara seperti ini akan membuat kebiasaan baik dalam merawat kesehatan gigi. Berikan kesempatan anak anda dengan dokter gigi berkomunikasi meskipun dalam beberapa bahasan yang ringan, membuat kesan yang menyenangkan akan menghindari ketakutan untuk berkunjung selanjutnya.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2.  Memberikan contoh pada anak anda

Bila anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi anda, anda dapat melibatkan anak anda. Dengan mengajak anak anda dan memperlihatkan keberanian anda serta kebiasaan perawatan gigi akan membentuk stigma yang positif pada diri anak anda.

3. Jangan memberikan iming-iming hadiah

Kebanyakan orang tua dalam membujuk anaknya dalam melakukan kebiasaan baik disertai dengan iming-iming hadiah. Hal ini mungkin akan berhasil untuk beberapa kegiatan seperti rajin belajar dapat sepeda baru atau sebagianya akan tetapi kami sarankan untuk tidak memberikan iming-iming terlalu sering apalagi dalam perawatan gigi, biarkan tumbuh kemauan dalam diri anak anda.

4.  Jangan membohongi anak anda

Berikan penjelasan pada anak anda ketika melakukan perawatan gigi, misalnya saja ketika akan dicabut gigi akan menimbulkan rasa sakit akan tetapi tidak berlangsung lama. Hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan anak anda ketika berkunjung ke dokter gigi sekaligus mengajarkan anak anda untuk berpikir logis.

Loading...

Follow us