10 Tips Melahirkan Lancar dan Mudah yang Harus Ibu Hamil Ketahui

Tips Melahirkan Lancar dan Mudah yang Harus Ibu Hamil Ketahui – Pasangan yang sudah menikah tentu akan sangat menantikan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga kecil. Hadirnya anak akan membuat kebahagiaan semakin lengkap. Nah, tak jarang setelah menikah banyak pasangan yang langsung merencanakan program hamil.

Ketika dinyatakan hamil, rasa bahagia dan bersyukur tentu akan dirasakan oleh pasangan. Di masa kehamilan ini calon ibu tentu harus menjaga kesehatan janin dan dirinya dengan baik. Menghindari hal-hal yang dipantang saat hamil.

Selama 9 bulan, anda akan mengandung buah hati. Berbagai keluhan akan anda rasakan pada masa-masa itu. Namun, semua itu tentu akan anda lalui dengan baik, bahkan hingga waktunya melahirkan nanti.

Proses melahirkan terkadang membuat banyak ibu khawatir. Memikirkan rasa sakit yang dialami tentu akan membuat cemas dan stres, apalagi jika anda baru melahirkan anak pertama.

Rasa khawatir yang dialami oleh ibu yang akan melahirkan memang wajar dirasakan. Nah, untuk membantu anda tetap tenang dan proses melahirkan berjalan dengan lancar dan mudah, beberapa tips ini dapat membantu.

Tips Melahirkan Lancar

Tips Melahirkan Lancar dan Mudah yang Harus Ibu Hamil Ketahui

Saat usia kehamilan menginjak 9 bulan, rasa bahagia serta cemas tentu akan anda rasakan. Bahagia karena sebentar lagi bertemu dengan buah hati dan cemas memikirkan proses persalinan. Namun, jangan khawatir berikut ini beberapa tips agar melahirkan lancar dan mudah.

Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Tips Melahirkan Lancar

Jika kondisi tubuh fit, maka ibu hamil akan dapat menjalankan persalinan dengan cepat dan lancar. Untuk anda yang sering melakukan olahraga, maka tubuh akan tetap bugar, serta daya tahan tubuh kuat ketika menghadapi kontraksi.

  • Saat hamil anda dapat melakukan olahraga ringan untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.
  • Beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dijadikan pilihan di antaranya yaitu yoga khusus ibu hamil, jalan santai di sekitaran rumah atau berenang.
  • Sebelum melakukan olahraga ringan tersebut pastikan anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika dokter menyetujuinya maka anda bisa melakukannya.

Hindari Stres

Tips Melahirkan Lancar

Merasa stres ketika hamil adalah hal yang wajar. Namun, pastikan anda dapat mengelolanya dengan baik.

  • Sangat dianjurkan untuk menghindari stres, rasa cemas dan pikiran yang tidak penting. Emosi negatif akan membuat proses persalinan menjadi menakutkan bagi anda.
  • Sebaiknya anda selalu berpikiran positif dan menghindari cerita negatif yang akan membuat anda semakin cemas dan menyebabkan kepanikan.
  • Dari pada mendengarkan cerita-cerita negatif yang tidak jelas, alangkah lebih baik jika anda mencari pengetahuan mengenai proses persalinan.

Ikut Kelas Ibu Hamil

Tips Melahirkan Lancar

Mengikuti kelas ibu hamil dapat anda lakukan. Dengan mengikuti kelas hamil maka anda akan menjadi lebih familiar terhadap proses melahirkan dan semua tahapan-tahapannya. Melatih diri saat menghadapi setiap kontraksi akan membantu anda melahirkan dengan lancar. Ketika mengikuti kelas hamil anda setidaknya memiliki gambaran bagaimana proses persalinan nanti.

  • Pilihlah kelas hamil yang tidak terlalu penuh atau ramai
  • Pastikan instrukturnya sudah bersertifikat dan berpengalaman.

Tetap Tenang

Tips Melahirkan Lancar

Proses persalinan anak pertama rata-rata selama 12 hingga 14 jam. Ketika mengalami kontraksi pertama, anda akan merasakannya pada bagian punggung bawah dan terasa kram pada perut bawah.

  • Saat kontraksi muncul anda harus tetap tenang. Apabila anda menghitung kontraksi yang muncul kemudian merasa khawatir ketika kontraksi berikutnya muncul, maka tidak menutup kemungkinan anda akan merasa lemas dan lelah.
  • Agar tetap tenang dan rileks, anda harus mengalihkan perhatian pada aktivitas lain seperti jalan santai di halaman rumah, bercengkrama dengan pasangan maupun keluarga dan kegiatan lainnya yang membantu anda merasa lebih rileks.

Mengonsumsi Cemilan yang Tepat

Tips Melahirkan Lancar

Pada fase pertama proses persalinan, mengonsumsi makanan kecil akan membantu anda menambah energi. Namun, pastikan anda memilih makanan yang tepat.

  • Hindari mengonsumsi makanan berlemak atau makanan yang sulit untuk dicerna. Pasalnya, jika kondisi perut anda terlalu kenyang akan membuat anda mual bahkan muntah.
  • Ketika masih berada di rumah, anda bisa minum air yang cukup banyak. Saat sudah di rumah sakit, anda bisa meminta minum kapanpun anda merasa haus. Berdasarkan sebuah studi menyatakan, menambah cairan pada pembuluh darah akan membuat proses persalinan cepat.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Tips Melahirkan Lancar

Ketika kontraksi, rasa sakit yang muncul akan membuat otot pada tubuh anda tegang sehingga anda akan merasa semakin tidak nyaman.

Untuk membantu meredakan ketegangan pada tubuh, caranya yaitu bisa mandi dengan menggunakan shower hangat.

Baca juga : Sudah Siapkah Perlengkapan Persalinan Anda?

Berendam Dalam Bathtub

Tips Melahirkan Lancar

Ketika anda mengalami kontraksi berat, tetapi dokter memberitahu bahwa belum waktunya suntik epidural, berendam dalam bathtub akan membantu membuat rileks otot-otot tegang karena kontraksi.

Saat hendak berendam anda sebaiknya meminta izin terlebih dahulu pada dokter. Berendam dengan nyaman dan hati-hati. Menggosokan punggung pada dinding bathtub dengan lembut dan pelan juga akan membantu mengurangi tegang dan kram. Jika anda sudah cukup rileks, anda dapat keluar dari bathtub.

Pijatan Ringan

Tips Melahirkan Lancar

Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan, bahwa melakukan pijatan lembut pada ibu yang sedang berada pada proses persalinan akan membantu mengurangi rasa sakit, serta membantu mengurangi kegelisahan yang ibu hamil alami.

Anda dapat mencobanya bersama pasangan tercinta ketika anda mulai merasakan kontraksi awal. Mintalah pasangan untuk memijat lembut bagian tubuh yang anda ingin seperti leher atau punggung bawah.

Hindari Berbaring

Tips Melahirkan Lancar

Sebaiknya anda jangan berbaring, lebih baik melakukan beberapa posisi berikut ini.

  • Duduk tegak akan membantu proses persalinan lancar, sebab gaya gravitasi akan membuat kepala si kecil menekan mulut rahim. Hal ini akan membantu pembukaan jalan lahir.
  • Selain itu, anda bisa mengubah posisi dengan berlutut, berdiri atau jongkok. Dimana gerakan ini akan melebarkan panggul sehingga akan membuat kepala bayi lebih mudah keluar.

Bernapas Teratur

Tips Melahirkan Lancar

Salah satu kunci agar melahirkan lancar yaitu bernapas dengan teratur. Selain membantu anda ketika mengalami kontraksi, menarik napas, kemudian menghembuskannya dengan perlahan akan membuat ketegangan pada tubuh karena kontraksi berkurang.

  • Nah, pertama-tama silakan tarik napas dan keluarkan dengan perlahan. Pastikan kondisi anda tetap nyaman.
  • Anda bisa melakukan langkah ini dengan teratur.

Lihat juga : Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Menjelang Persalinan

Sebentar lagi anda akan bertemu dengan buah hati tercinta. Meskipun anda melalui proses yang panjang untuk melahirkan, namun kebahagiaan akan menanti anda dengan hadirnya buah hati. Oleh karena itu, jangan pernah merasa takut ketika menghadapi persalinan. Anda juga dapat meminta dukungan pada orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga atau teman dekat agar merasa percaya diri dan membuat anda lebih tenang.

Leave a Reply