data-ad-format="auto"

Tips Liburan di Rumah Bersama Anak

Libur telah tiba, anak-anak pasti bergembira apabila anda merencanakan untuk dapat berlibur bersamanya. Liburan memang sangat identik dengan pantai, pegunungan atau wahana permainan anak. Padahal anda masih dalam rutinitas kantor yang tidak bisa berlibur bersama dengan anak anda.

Jangan kecewakan anak anda, ganti liburan anda dengan cara yang menyenangkan dan tidak mengganggu aktivitas anda. Anda tidak perlu ke luar rumah untuk mengajak anak anda berlibur. Anda dapat berlibur bersama anak anda di rumah. Nah, untuk membantu anda cara-cara berlibur bersama anak di rumah.

Berikut ini adalah tips liburan di rumah bersama anak :

1. Ajak Mendekor

Yuk, ajak anak anda untuk mendekor kamar pribadinya. Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana dan membuat anak anda lebih kreatif. Berikan anak anda untuk melukis atau menggambar kemudian hasilnya dapat ditempel di dinding kamar atau cara lainnya yang dapat mengembangkan kreativitas anak.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2. Berkebun

Bagi anak diperkenalkan dengan hal yang baru membuatnya senang. Anda dapat mengenalkan berkebun pada anak anda. Anda dapat membelikan mainan berkebun. Kemudian menunjukan cara menggali, menabur bibit, dan menanam sehingga mengenalkan proses sebab-akibat pada anak anda.

3. Permainan tradisional

Kini, permainan tradisional sudah mulai terlupakan. Anak-anak lebih senang bermain gadget, tidak ada salahnya anda mengenalkan permainan tradisional. Ajak anda anda di halaman untuk bermain permainan tradisional, beberapa permainan tradisional seperti petak umpet, gundu atau main karet. Bisa anda lakukan ketika sore hari, dengan permainan tradisonal dapat membantu dalam mengasah motorik kasar, strategi dan juga sosialisasi.

4. Membuat Kue

Anda dapat mengajarkan anak membuat kue. Dengan belajar memasak dan membuat kue selain dapat membuat anak anda mengisi waktu libur juga dapat membuat anak memiliki keterampilan baru. Ajaklah membuat kue yang sederhana. Biasanya anak mudah bosan sehingga beberapa kue yang sederhana tidak akan membuatnya terlalu memakan waktu lama.

5. Pasang kemah

Anda dapat memasang kemah di halaman anda. Anda dapat melakukanya seperti sedang berada di alam bebas. Anda ajak anda untik makan atau tidur di dalam kemah. Dengan kegiatan ini anak anda akan antusias dan lebih mengenalkan kegiatan-kegiatan baru untuk anak.

6. Menyanyi bersama

Ajaklah anak anda untuk bernyanyi bersama di rumah. Anda dapat mempersiapkan alat-alat musik mainan untuk anak anda yang suka belajar musik atau mengajarinya bernyanyi dengan menggunakan microphone sehingga membuat anak anda lebih asyik.

7. Mengajak anak anda bersepeda

Tidak memiliki waktu yang luang untuk mengajak anak anda berlibur. Anda dapat mengajak anak anda keliling komplek perumahan dengan menggunakan sepeda. Anak anda akan mengenali lingkungan rumahnya, membuatnya semakin mudah bersosialisi dengan teman sebaya yang ada di lingkungan komplek nya.

Dengan demikian bagi anda yang ingin mengajak berlibur di rumah, kegiatan kegiatan di atas dapat membantu anda. Bahkan dalam studi yang dilakukan bahwa melakukan waktu dengan aktivitas yang menyenangkan akan membuat anak anda bersemangat. Terlebih bagi anak anda yang sudah sekolah, sehingga meningkatkan semangat untuk kembali sekolah.

Loading...

Follow us