5 Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat – Menjaga kehamilan agar tetap sehat penting dilakukan oleh ibu hamil. Kondisi kehamilan sehat akan membuat buah hati lahir dengan sehat. Nah, berikut ini tips agar anak lahir dengan sehat.

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Agar kehamilan tetap lancar dan anak terlahir sehat, anda bisa melakukan tips berikut ini.

Menjaga Pola Makan Sehat

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Apapun yang anda konsumsi ketika hamil, selain berpengaruh untuk ibu hamil, juga berpengaruh untuk bayi dalam kandungan. Apabila selama hamil asupan nutrisi tidak memadai, maka si kecil tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangannya dalam kandungan.

  • Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi terpenuhi saat hamil.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang dapat berisiko untuk ibu hamil, seperti makanan mentah atau makanan laut yang memiliki kandungan merkuri seperti kerang dan ikan tuna.

Hindari Zat-Zat yang Berbahaya

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Selama hamil sangat penting untuk menghindari zat-zat yang berbahaya seperti berikut ini.

  • Hindari alkohol, asap rokok, kuteks hingga cat tembok karena bisa berbahaya bagi ibu hamil. Jika ibu hamil terpapar dengan berlebihan maka akan berisiko keguguran, terjadi kelainan pada janin atau masalah lainnya. Asap rokok akan dapat menyebabkan aliran oksigen pada janin dalam kandungan berkurang, serta akan dapat menyebabkan risiko kelahiran prematur dan masalah lainnya. Pastikan anda tidak berada pada lingkungan perokok. Perlu anda ketahui perokok pasif memiliki risiko yang sama dengan perokok aktif.
  • Selain itu, anda sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan sembarangan tanpa saran dari dokter.

Menjaga Agar Berat Badan Tetap Ideal

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Sebelum hamil sebaiknya wanita memiliki berat badan ideal agar risiko masalah dan komplikasi kehamilan yang berkaitan dengan berat badan berlebih dapat berkurang. Akan tetapi, jika anda memiliki kelebihan berat badan dan sekarang sedang mengandung, sebaiknya jangan mencoba diet untuk menurunkan berat badan karena berbahaya.

  • Cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan janin dalam kandungan yaitu rutin cek kesehatan kehamilan.
  • Selain itu, anda harus menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, juga setiap hari melakukan aktivitas fisik. Anda juga dapat melakukan konsultasi pada dokter mengenai pola makan sehat.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Jantung Janin yang Wajib Bumil Ketahui

Berolahraga dengan Teratur

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Tetap aktif bergerak meskipun sedang hamil akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Penting juga untuk menghindari stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengontrol berat badan.

  • Setiap harinya usahakan untuk berolahraga minimal selama 30 menit. Olahraga yang dilakukan tentunya jangan sembarangan. Pilihlah olahraga khusus untuk ibu hamil.
  • Anda dapat memilih jenis olahraga seperti yoga, pilates atau berenang.
  • Akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Jika dokter mengizinkan berolahraga, anda bisa berolahraga dengan jenis olahraga yang disarankan dokter.

Mengonsumsi Vitamin Kehamilan

Tips Ibu Hamil Agar Anak Lahir Sehat

Ketika menjalankan program hamil, mengonsumsi vitamin baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada bulan pertama kehamilan perkembangan otak dan saraf bayi terjadi.  Anda bisa mengonsumsi nutrisi penting selama kehamilan seperti kalsium, asam folat atau zat besi.

  • Pastikan anda mengonsumsi vitamin yang diresepkan atau atas saran dari dokter.
  • Hindari mengonsumsi vitamin dengan sembarangan saat hamil tanpa ada saran dari dokter.
  • Anda juga bisa konsultasikan pada dokter mengenai vitamin yang aman dikonsumsi.

Itulah beberapa tips ibu hamil agar anak lahir sehat. Pastikan anda selalu menjaga kesehatan dan rutin melakukan cek kehamilan.

Leave a Reply