Tips dan Ide Snacking yang Lebih Menyehatkan

Hanya saja, walaupun menyenangkan snacking tak serta merta terkesan sehat. Sebab biasanya cemilan dikaitkan dengan jenis makanan yang tidak sehat atau junkfood. Beberapa cemilan yang sangat umum disantap berupa keripik, kue-kue, coklat hingga permen dan manisan. Kesan atau citra tidak sehat dari kebiasaan mengemil memang memiliki alasan yang cukup masuk akal. Sebab sebagian besar makanan yang disantap mengandung banyak garam atau gula yang mengandung banyak kalori sehingga dapat memicu seseorang pada resiko obesitas atau kegemukan.

Jumlah dan ukuran dari cemilan yang dsantap tentunya ikut menentukan seberapa besar kenaikan berat badan yang bisa dialami. Untuk itulah, mengapa cemilan disebut-sebut sebagai penyumbang kersakan terbesar terhadap terganggunya program diet yang membuat tubuh cepat melar. Lantas, adakah cara sehat agar kita tetap bisa melakukan snacking atau mengemil tanpa harus khawatir akan akibat buruk untuk kesehatan?

Simak tips dan ide snacking sehat yang akan kami jelaskan berikut ini.

1.    Jadilah Pemilih Cemilan Sehat

Siapa bilang memilih cemilan sehat itu adalah hal yang sulit? Hilangkan kebiasaan menyantap cemilan yang tidak sehat seperti keripik, coklat, atau makanan ringan lain dengan kandung sg yang begitu tinggi serta cemilan yang kandungan pemanisnya banyak. Sebaliknya, pilihlah sayur, buah dn biskuit yang rendah gula. Cemilan sehat ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh yang sehat, serta mengandung serat dan juga mengenyangkan. (baca juga: Aneka Resep Kue Kering)

2.    Jadikan Pengganjal Lapar, Bukan Kebiasaan

Banyak orang yang mengeluhkan sulit menghilangkan dan menghentikan kegiatan snacking, hal ini dikarenakan snacking atau mengemil telah menjadi kebiasaan. Terkadang meski tidak sedang makan bahkan ketika sudah makan, hasrat untuk mengemil tetap selalu ada. Untuk itulah, sebisa mungkin jadikan ngemil sebagai aktivitas ngemil sebagai pengganjal perut ketika anda merasa lapar, dengan begini anda tidak akan makan berlebihan ketika waktu makan tiba sebab perut sudh terlebih dahulu terganjal dengan cemilan.

3.    Homemade

Cemilan yang dibuat sendiri tentunya akan lebih sehat dibandingkan dengan membeli cemilan dari luar. Selain terbebas dari pengawet, komposisi bahan dan bumbu makanan bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Beberapa cemilan sehat yang bisa anda buat sendiri diantaranya salad buah sayur, jus, smoothie, dan lain-lain.

4.    Atur dan Batasi Waktu Ngemil

Hindari ngemil setiap saat ketika anda menginginkannya, sebab jika melulu mengikuti hasrat mengemil anda maka tidak akan pernah ada habisnya. Kebisaan ngemil yang terlalu intens dan tidak terkontrol dapt mengganggu kesehatan anda. Untuk itulah atur jadwal mengemil anda sebisa mungkin. Misal, buat jadwal ngemil diantara waktu makan siang dan waktu makan malam atau sore hari yang merupakan waktu snacking yang tepat.

5.    Kreatiflah Berkreasi dengan Cemilan Sehat

Untuk anda yang kurang menyukai rasa dari sayuran, anda dapat mengkreasikan dengan cemilan lain seperti buah atau menikmati sayur untuk dikresikan menjadi salad yang dilengkapi dengan saus tertentu yang anda sukai, namun tentunya pemilihan saus ini juga perlu diperhatikan.

Kegiatan mengemil memang selalu menyenangkan, hanya saja jika cemilan yang dikonsumsi tidaklah bermanfaat, maka mungkin beberapa keluhan dan ancaman kesehatan tengah menanti anda. Namun dengan memperhatikan dan mengaplikasikan cara dan tips snacking atau ngemil diatas, maka kini kegiatan menyenangkan ini bisa anda lakukan tanpa khawatir dengan ancaman kesehatan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel