Tips dan Cara Mengobati Asma Kambuh

4.25/5 (4)

Asma merupakan gangguan pernapasan yang timbul sebagai akibat dari adanya penyempitan pada saluran udara dibagian tenggorokan akibat pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan.

Penyakit asma tentu menjadi sebuah kondisi yang tidak nyaman karena dapat memicu kesulitan bernapas, memicu batuk, mengi dan bahkan sulitnya bernapas dan disertai dengan rasa seperti tertekan dibagian dada.

Sebagain orang menganggap bahwa asam adalah gangguan kesehatan yang bersifat ringan, namun sebagian lain menganggap bahwa hal tersebut merupakan masalah yang besar yang akan dapat membatasi dan menganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, bagi kalangan yang menganggap asma sebagai masalah yang besar, mereka kerap menganggap bahwa penyakit ini bisa saja mengancam jiwa kapan saja dan dimana saja.

mengobati asma kambung

Memang benar hingga sampai saat ini, penyakit asma masih menjadi masalah yang cukup serius. Di tanah air sendiri, penyakit ini mengalami peningkatan hingga sekian persen. Bahkan dari kisaran sebanyak 7 juta orang Indonesia yang mengidap penyakit ini. 2 juta diantaranya memerlukan penanganan dan perwatan insentif akibat serangan asma yang akut yang telah mereka alami.

Penyakit asma tentu tidak datang dengan tiba-tiba dan membuat penderitanya langsung divonis menderita penyakit asma akut yang harus segera memerlukan penanganan medis yang intens. Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini pun datang dengan beberapa gejala sebelum berkembang menjadi sebuah penyakit akut yang berat.

Akan tetapi, keterlambatan diagnosa ini umumya lebih banyak dipengaruhi karena faktor si pasien itu sendiri yang enggan atau segan untuk memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Seringnya mengabaikan dan mengaanggap remeh gangguan atau kelainan kesehatan yang dialaminya, membuat penyakit inilah yang pada kahirnya membuat si penderita mengalami keterlambatan diagnosa.

Awal mula gangguan penyakit asma sampai saat ini belum diketahui dengan pasti dan para ahli masih terus menggali dan melakukan penelitian. Akan tetapi, asma dapat muncul ketika timbulnya peradangan yang menyerang bagian saluran pernapasan dan meningkatkan produksi lendir yang berada pada saluran tersebut.

Adapun gangguan paling umum yang sering terjadi pada penderita asma asalah dengan adanya bunyi sewaktu bernapas, nyeri dibagian dada dan lain sebagainya. Namun demikian, pada dasarnya penderita asma bisa memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung dari penyebab dan tahap asma yang dideritanya. Umumya, gejala yang dirasakan akan bertahap, penderita akan merasakan gejala ringan sebelum berlanjut menjadi gejala yang parah bila tidak segera diobati.

Pengobatan Asma Berdasarkan Jenisnya

Asma memang menjadi masalah yang sangat menggangu dan pada tahap tertentu hal ini akan dapat mengancam keselamatan jiwa. Untuk itulah, mengobati sedini mungkin ketika gejala mulai dirasakan adalah hal yang sangat penting untuk meringankan sesak napas yang diderita. Akan tetapi, pengananan untuk penyakit asma saat ini telah dikembangkan oleh para ahlis dengan berbagai macam pengetahuan. Salah satu cara mengobati asma adalah dengan berdasarkan penyebab atau jenis asma itu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa jenis asma dan cara untuk mengobatinya.

1. Asma yang Timbul Akibat Reaksi Alergi

Salah satu jenis asma yang paling sering timbul di masyarakat dan dirasakan oleh lebih dari 60 persen penduduk dunia adalah penyakit asma yang disebabkan oleh reaksi alergi. Asma jenis ini dapat muncul sebagai akibat dari alergi atau allergen yang memicu timbulnya asma. Beberapa penyebab alergi tersebut biasanya karena jamur, serbuk sari, debu, bulu binatang dan lain sebagainya.

Adapun pencegahan paling mudah dan paling tepat untuk penderita asma jenis ini adalah dengan menghindari smua jenis allergen yang bisa memicu timbulnya asma.

Adapun gejala asma yang timbul akibat dari reaksi alergi adalah:

  • Batuk-batuk
  • Nafas yang cenderung cepat namun tak beraturan
  • Tekanan yang kuat pada bagian dada
  • Sesak nafas akibat penyempitan dibagian saluran pernapasan.

Adapun cara pengobatan asma akibat alergi adalah dengan mengenakan pelindung khusus seperti menggunakan masker, kenakan baju hangat atau berikan inhaler.

  1. Asma Akibat Batuk yang Tak Tertahankan dan Berat
  2. Asma Akibat Kondisi Lingkungan
  3. Asma Malam (Asma Nocturnal)

Pengobatan Asma dengan Cara yang Alami

Pengobatan medis yang diberikan kepada pasien penderita asma biasanya datang dengan bentuk obat-obatan yang diberikan dalam jangka waktu yang akan lama. Akan tetapi, konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang juga beresiko untuk kesehatan lainnya. Nah, dibawah ini terdapat beberapa cara mengobati penyakit asma dengan cara yang alami yang efektif untuk menyembuhkan asma, mengurangi gejala yang ditimbulkan dan menjadi terapi untuk mengatasi gangguan yang ditimbulkan oleh penyakit asma.

1. Konsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu ramuan alami yang ampuh untuk mengobati penyakit asma yang diderita. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan juga zat antioksidan yang terkandung dalam jahe membuatnya bisa dijadikan obat paling ampuh untuk mengobat asma dan membantu mengurangi resiko yang terjadi dari penyakit pernapasan ini. Selain itu, rasa jahe yang hangat membuatnya akan dapat menenangkan tubuh sehingga perasaan panik yang ditimbulkan akibat sesak nafas akan dapat diredam dengan perlahan. Selain itu, konsumsi obat tradisional tentunya akan lebihi aman untuk anda dan tidak akan berdampak berbahaya untuk kesehatan lainnya.

2. Apel

Buah apel adalah obat asma yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan apel mengandung querseting yang sudah terbukti dapat membantu memberikan perlindungan baik dan kuat terhadap penyakit asma. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli menunjukan, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel dapat menurunkan resiko sekitar 53 persen melahirkan anak yang menderita penyakit asma.

3. Bawang Putih

Selain dua jenis bahan tradisional diatas, bawang putih menjadi obat asma yang manjur untuk meredakan gejala dan dampak yang ditimbulkan asma pada tubuh. Bawang putih dapat membantu organ pernapasan menjadi lebih lega dan mengurangi cairan lendir yang menyumbat bagian organ pernapasan. Untuk membuat ramuan bawang putih sebagai obat asma adalah dengan merebus 2 siung bawang putih dengan 100 ml air dan minum air rebusannya ketika sudah dingin. Konsumsi ramuan ini sebaiknya dikonsumsi saat malam hari.

4. Kopi

Banyak yang mengatakan bahwa konsumsi kopi tidak baik untuk kesehatan. Memang benar demikian, akan tetapi itupun jika konsumsi kopi dalam tubuh berlebihan. Disamping itu, konsumsi kopi dalam jumlah yang cukup bisa menjadi obat yang ampuh untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu perawatan penyakit asma.

Anda bisa mengkonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula sebagai penangkal serangan asma. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dapat bekrja untuk mengobati segala ganguan peradangan dan melegakan bagian saluran pernafasan. Sehingga demikianlah, kopi disebut sebagai obat alami yang manjur untuk meredakan asma yang diderita.

Penyakit asma seringkali disebut dengan penyakit yang ringan. Akan tetapi, ketika penyakit ini kambuh seringkali menyebabkan kondisi yang tidak nyaman karena dampak yang diberikan seperti sesak nafas, dada terasa sakit dan perasaan panik. Untuk itulah, mengetahui cara mengobati asma yang kambuh adalah trik penting untuk solusi pengobatan asma dimanapun dan kapanpun.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel