data-ad-format="auto"

Tips Cermat Memilih Bra Bagi Ibu Hamil

Ketika anda sedang hamil, anda merasakan ketidaknyaman dalam menggunakan bra. Supaya posisi bra anda pas anda harus memperhatikan beberapa hal seperti size band pada bra anda. Anda dapat mengetahuinya dengan cara anda mengukur berapa lingkaran pada rongga dada anda tepat di bawah payudara anda. Untuk mendapatkan ukuran brand yang tepat untuk anda, anda dapat menambahkan 5 pada ukuran bra ini. Contohnya ketika lingkaran pada rongga dada anda 29” dan anda dapat menambahkan 5, maka ukuran brand anda menjadi 34”. Jika hasil dari penghitungan tersebut ganjil, contohnya 33” maka ukuran brand anda ialah 32” atau 34”. Dengan catatan 1” sama dengan 2,5 cm. Kemudian perhatikan juga cup size bra anda. Ukurlah lingkaran pada dada anda. Perbedaan dari pengukuran cup size ini dengan brand size yaitu setiap ukuran berbeda 1” maka itu sama dengan berbeda 1 cup size. Misalnya jika ukuran brand anda 34” dan ukuran pada lingkaran dada anda sebesar 35” maka anda dapat menggunakan cup size A. Jika perbedaannya 2” maka anda berarti menggunakan cup size B. Begitu pula dengan seterusnya.

Bagi wanita yang sedang hamil, biasanya tubuh mengalami perubahan yang sangat pesat, khususnya pada bagian payudara. Bersamaan dengan membesarnya bayi di dalam rahim anda, maka ukuran payudara anda pun berkembang dengan sangat cepat. Jika anda salah dalam memilih bra saat hamil akan mengakibatkan nafas anda menjadi sesak sehingga membahayakan untuk kehamilan anda. Selain itu bra yang tidak sesuai akan menimbulkan bekas lekukan bra yang mengakibatkan kulit anda menjadi merah serta iritasi. Dengan begitu ini saatnya anda untuk anda mengganti bra lama nada dengan yang baru.

Namun sebelum itu ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

1.    Sebaiknya gunakan bra yang dapat menyerap keringat seperti bra yang berbahan dari katun.
2.    Carilah bra dengan memilih tali penyangga cukup lebar, hal ini supaya kulit anda tidak mudah lecet.
3.    Pilihlah bra dengan brand yang melingkar pada bagian bawah payudara anda. Dengan begitu payudara anda akan tersangga secara benar.
4.    Pilih bra yang memiliki pengait yang lebih dari satu serta pengait tersebut terletak di bagian belakang anda agar bra anda lebih mudah di setel.
5.    Carilah bra yang tidak mempunyai lipatan jahitan pada bagia tepi ataupun lapisan di dalam bra yang dapat membuat puting susu menjadi iritasi. Sebab puting susu sangat sensitif.
6.    Jika payudara anda sangat besar, maka anda dapat menggunakan bra yang sangat tipis untuk digunakan ketika tidur malam. Dengan demikian payudara anda akan tersangga secara baik.
7.    Ketika payudara anda mulai membesar, jangan terlalu banyak membeli bra, belilah beberapa bra saja. Seiring bertambahnya usia kandungan anda, anda di paksa untuk menggunakan bra degan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.
8.    Jangan lupa gunakan breast pads atau penyerap ASI supaya menyusui anda dapat berjalan dengan mulus.

Namun sebelum anda membeli bra hamil yang baru, nyatanya masih banyak sekali perusahaan yang berhenti dalam memproduksi bra hamil  disebabkan tersedianya bra menyusui yang memiliki dua fungsi secara sekaligus. Pertama menyangga payudara anda selama berada dalam masa kehamilan kemudian dapat memudahkan anda ketika harus menyusui bayi anda. Jadi sebaiknya anda jangan terburu-buru untuk membuang yang lama.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Loading...

Follow us