data-ad-format="auto"

Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Ketika puasa banyak masalah yang mungkin akan dialami, dimana salah satunya yaitu bau mulut. Bau mulut yang muncul ketika puasa adalah hal wajar. Namun, keadaan tersebut akan membuat tidak nyaman, baik bagi penderitanya maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahkan karena malu, tidak jarang jika penderitanya merasa minder dan sulit bergaul.

Bau mulut yang sering terjadi ketika puasa disebabkan karena produksi air liur menurun sehingga akan menjadi lebih kering. Namun, bau mulut juga bisa disebabkan karena gangguan tertentu, seperti menderita penyakit lambung, liver, ginjal akut atau saluran pernafasan. Adanya masalah pada gigi atau mulut pun bisa saja menjadi penyebab munculnya bau mulut ketika menjalankan puasa.

Selain itu, ketika kita menjalankan puasa maka pola makan mengalami perubahan yang mana ketika itu kita kekurangan asupan karbohidrat, tubuh pun akan kekurangan cadangan makanan. Karena kurangnya karbohidrat di dalam tubuh, sebagai pengganti energi tubuh akan membakar lemak. Proses pembakaran atau pemecahan lemak ini akan menghasilkan sebuah zat. Zat tersebut dinamakan sebagai ketone. Yang mana zat inilah yang akan menjadi penyebab bau mulut.

Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Rajin Bersihkan Lidah

Membersihkan lidah merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya bau mulut saat puasa. Setelah anda membersihkan gigi, anda juga harus membersihkan lidah. Untuk membersihkannya anda bisa menyikatnya dengan lembut. Kegiatan menyikat lidah ini sangat penting, karena dengan cara seperti ini maka sisa makanan yang terdapat pada sela-sela lidah atau papil bisa diangkat.  Biasanya bakteri dalam mulut dan sisa makanan kebanyakan terdapat pada bagian pangkal lidah.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berkumur

Berkumur bisa anda lakukan agar bau mulut tidak datang. Anda bisa berkumur dengan memanfaatkan obat kumur. Ketika berkumur dengan menggunakan obat kumur, maka proses melekatnya glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi oleh bakteri bisa dicegah.

Konsumsi Yoghurt

Berdasarkan penelitian, rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Bakteri yang menjadi penyebab bau mulut bisa teratasi dengan yoghurt. Selain itu, yoghurt juga bisa membantu kita untuk mengurangi penyakit gusi dan plak pada gigi. Pilihlah yoghurt tanpa gula agar lebih sehat.

Konsumsi Sayur dan Buah

Beberapa jenis sayuran dan buah seperti wortel, seledri dan apel mampu menghilangkan dan mencegah bau mulut yang tidak sedap. Ketika mengkonsumsinya, anda bisa mengkombinasikan jenis sayur dan buah tersebut menjadi jus. Selain sayur dan buah yang sudah disebutkan tadi, buah dan sayur yang kaya akan serat sebenarnya bisa mencegah dan mengatasi bau mulut.

Konsumsi Vitamin C

Makanan, baik buah atau sayur yang kaya akan vitamin C sangat efektif dalam menangkal bau mulut yang tidak sedap. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C yaitu buah melon, stroberi dan jeruk. Makanan mengandung vitamin C juga bisa mencegah gangguan gusi yang menjadi salah satu penyebab datangnya bau mulut.

Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut datang ketika puasa. Anda bisa mengatur waktu minum air putih dari pertama berbuka puasa hingga sahur. Minum air putih sebanyak 8 gelas perhari sangat dianjurkan. Hal ini juga dilakukan agar tubuh anda tetap terhidrasi.

Periksa Gigi Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan gigi dengan rutin bisa mencegah timbulnya permasalahan mulut yang menjadi penyebab datangnya bau mulut. Hal ini sangat baik dilakukan terutama menjelang bulan Ramahdan.

Demikian beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us