Tips Berpuasa Pada Trimester Kedua Kehamilan

5/5 (1)

Memasuki bulan puasa dan kehamilan anda berada di trimester kedua, diantaranya anda bertanya-tanya bolehkah berpuasa? Meskipun agama islam telah memberikan dispensasi kepada ibu hamil dan menyusui  untuk tidak berpuasa.Diantaranya anda ingin berpuasa karena merasa kesehatan anda mendukung untuk menjalankan ibadah puasa. Pertimbangkan pula kesehatan janin, kesehatan janin belum tentu mendukung anda dalam menjalankan puasa. Kondisi janin yang mendukung adalah kesehatan yang ditunjukan dengan memiliki berat badan ideal sesuai dengan perkembangan di trimester ke dua.Pada bulan ke empat bayi biasanya memiliki berat badan 113 gram dan tinggi badan 15,24 cm. Memasuki bulan ke lima perkembangan semakin meningkat dengan ditandai berat 226-500 gram badan dan tinggi badan 25,40 cm. Diakhir trimester ke dua atau bulan ke enam, umumnya bayi memiliki berat badan 0,9-1kg dan tinggi badan 30 cm. Adapun jika mengalami berat badan yang kurang dari ideal maka anda tidak disarankan untuk berpuasa karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan janin anda. Anda dapat berkonsultasi dengan doker kandungan atau bidan dalam mempelajari kesehatan janin sehingga akhirnya memutuskan untuk berpuasa.

Berikut langkah yang bisa anda ambil ketika anda memutuskan berpuasa di trimester kedua kehamilan anda :

1.  Perhatikan kondisi tubuh

Meskipun aman untuk melakukan puasa akan tetapi tidak ada salahnya untuk memastikan kondisi tubuh anda siap melakukan puasa. Pada trimester kehamilan kedua tidak mengalami perubahan kehamilan seperti yang anda alami di trimester pertama seperti morning sickness, mual setelah makan, bau terhadap beberapa jenis makanan, pusing bahkan mudah lemas sudah mulai berkurang di trimester ini. Walaupun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi untuk sebagian wanita di trimester ini, hal ini karena setiap individu memiliki kondisi yang berbeda.

2.  Asupan Nutrisi

Seperti yang anda ketahui perkembangan janin pada trimester kedua sangatlah penting. Pembentukan dan penyempurnaan organ tubuh dilakukan di masa ini. Sehingga ketika asupan nutrisi yang tidak tepat dikhawatirkan akan menimbulkan masalah berat badan ketika bayi anda lahir. Perhatikan dengan memberikan asupan gizi yag tepat ketika sahur dan berbuka. Waktu yang sangat tepat untuk anda menyediakan gizi bagi janin. Nutrisi yang terbaik adalah dengan menu makan empat sehat lima sempurna, susu khusus ibu hamil dapat menjadi konsumsi anda ketika berbuka dan sahur.

3.  Istirahat Cukup

Aktivitas yang terlalu berat akan mengakibatan anda stress, gunakan waktu senggang untuk melakukan rileksasi dengarkan lagu-lagu yang dapat merangsang janin anda. Selain itu ketika berpuasa anda dapat mengatur jadwal istirahat malam, meskipun diwajibkan sahur tetapi tidak mengganggu istirahat anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel