data-ad-format="auto"

Tips Bantu Anak Mudah Bersosialisasi

Memiliki teman ataupun sahabat adalah salah satu pondasi dalam kehidupan.

Seorang teman yag baik akan dapat memberikan pengaruh dan mengubah kehidupan anda kearah yang lebih baik. Untuk dapat memiliki teman, seseorang harus memiliki keterampilan sosial yang harus dilatih sejak usia dini, begitupun dengan anak-anak. Usia mereka yang masih begitu dini, terkadang membuat anak-anak kesulitan bersosialisasi dan mendapatkan teman dilingkungannya yang baru.

Saat mudik liburan tiba adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga besar, yang mana anda akan membawa serta buah hati anda. Kegiatan ini sebelumnya telah direncanakan akan menjadi kegaitan yang menyenangkan dan membuat si kecil senang bereksplorasi dengan lingkungannya yang baru.

Akan tetapi, sesampaianya di kampung halaman, ketika kegiatan bersilaturahmi selesai dan tibanya untuk bersantai, si kecil malah terlihat muram di pojok kursi. Meskipun ada banyak keponakan anda dan anak saudara anda yang bermain ceria, anak anda malah terlihat lesu dan tidak bergairah. Dan sewaktu dihampiri, anak-anak malah menjadi rewel dan merengek bosan. Kebosanan yang menimpa anak-anak terjadi karena suasana yang baru membuat mereka belum terbiasa, selain itu pada intinya adalah mereka merasa kesepian karena tidak ada teman bermain.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

agar anak mudah bersosialisasi

Nah, untuk mengatasi hal ini maka orangtua perlu sekali mengupayakan dan membantu anak-anak agar bisa bergabung dan bermain bersama yang lainnya. Anda sebagai orangtua, bisa meminta anak-anak untuk bergabung bersama dengan anak yang lain. Jika anak-anak lain masih terikat hubungan keluarga dengan anda, maka beri tahukan pada anak anda bahwa mereka adalah saudara anak anda yang mana menjalin hubungan baik dengan keluarga anda hal yang harus senantiasa dijaga.

Anak-anak mungkin akan merasa canggung dan menarik diri untuk bisa bersosialisasi dengan teman-teman dilingkungannya yang baru. Akan tetapi, percayalah, hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Hanya diperlukan sedikit kerja keras dan bantuan dari orangtua untuk menjembatani perkenalan anak dengan teman-temannya, selepas itu mereka akan menemukan kecocokannya dan pada akhirnya bisa bermain bersama-sama.

Anak-anak yang pandai bersosialisasi dengan lingkungannya yang baru, tentunya tidak hanya membuat mereka akan muda memiliki teman. Namun juga, akan membuat mereka tidak akan kesulitan dibawa berkunjung ke tempat-tempat yang baru. Salah satu faktor yang mudah membuat anak bersosialisasi dengan lingkunganya juga dipengaruhi oleh kepribadian si anak. Akan lebih mudah bagi anak bisa menjadi pertemanan dengan lingkungannya tanpa bantuan orangtua jika anak anda memiliki kepribadian yang menyenangkan. Lain halnya, dengan anak yang pemalu. Mereka akan cenderung kesulitan bisa bergabung dan berbaur dengan anak lainnya. Untuk itulah, sudah menjadi tugas seorang orang tua dalam membantu anak mengatasi masalahnya, termasuk masalah untuk bersosialisasi.

Nah, bagaimana sudahkah anda melatih dan mangajarkan anak bersosialisasi sejak mereka masih berusia dini? Jika belum, maka ajarkan mereka mulai saat ini juga yang bunda. Untuk mengetahui beberapa tips mengajarkan anak untuk bersosialisasi, berikut ini kami akan berbagi tipsnya.

Jadilah Role Model Untuk Anak Anda

Anak-anak biasanya akan mencontoh segala perilaku dan sikap yang mereka lihat dari lingkungannya, yang mana disini lingkungan terdekat anak adalah keluarga, maka jangan heran jika anak akan cenderung meniru dan mengadaptasi sikap anda para orangtunya. Nah, dalam membantu anak untuk bisa bersosialisasi lebih mudah dengan lingkungannya, maka orang tua perlu menjadi role model yang baik untuk anak-anak.

Berikan contoh yang baik pada anak-anak bagaimana menjalin komunikasi dengan orang lain. Ketika anak-anak melihat kedua orangtuanya mampu menjalin persahabatan dan pertemanan dengan lingkungannya, maka akan secara otomatis hal ini juga diadaptasi oleh anak-anak. Perlihatkan pada anak bagaimana menyapa dan memulai percakapan dengan oranglain. Buat mereka memahami bagaimana bersosialisasi yang baik dengan oranglain.

Ikut Sertakan Anak Dalam Berbagai Kegiatan

Anak-anak umumnya akan dapat menikmati dan menunjukan minatnya dalam sebuah kegiatan jika didalamnya ada anak-anak lain. Hal ini bisa dijadikan sebagai media yang menjembatani anak agar mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. Untuk itu, carilah kegiatan yang bisa dilakukan oleh si anak bersama dengan teman-temannya. Selain akan mendapatkan keterampialn baru untuknya, anak juga akan memiliki kesempatan utnuk dapat berinteraksi dan menemukan teman baru.

Kegiatan tersebut tidak perlu hal yang susah atau memerlukan dana yang mahal, anda tetap bisa merancang sebuah kegiatan yang mudah dan murah, seperti mengikut sertakan anak dalam playgroup, mengikut sertakan mereka dalam kegiatan camp musim dan lain sebagainya. Permainan atau kegiatan yang diambil juga bisa anda seleksi, semisal kegiatan yag interaktif dimana anak-anak dituntut untuk melatih dan mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan teman barunya.

Jelaskan Pada Anak Makna Penting Memiliki Teman

Jelaskan pada anak akan arti penting memiliki teman dalam kehidupan. Hal ini akan membuat anak menyadari bagaimana pentingnya bersosialisasi dan mendapatkan teman. Hanya saja, jika anak anda adalah tipikal anak yang pemalu, maka anda tidak perlu memaksakan mereka. Anak yang pemalu umumnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuka diri dan memulai berinteraksi, apalagi dengan lingkungannya yang baru. Untuk itulah, orangtua harus mengerti dan memberikan mereka apa yang mereka inginkan. Akan ada waktunya, dimana mereka sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, mereka akan mulai bersosialisasi dengan lingkungannya.

Latih Anak

Anda dapat melatih si buah hati bagaimana membuat dan berinteraksi dengan orang lain. Terkadang, tidak sedikit orangtua yang merasa greget dan kesal saat anak-anak mereka hanya berdiam diri dan tidak mencoba berbaur dengan teman lainnya. Sehingga anda malah akan memaksakan anak untuk terburu mendapatkan teman. Percayalah, hal ini tidak akan berhasil dan tidak membuat anak-anak dengan mudah mendapatkan teman. Sebaliknya, hal ini malah akan memberikan tekanan dan membuat anak-anak semakin mundur untuk mulai bersosialiasi dengan orang lain.

Nah, untuk itulah, sebaiknya kontrol emosi anda. Daripada anda memaksakan kehendak, akan lebih baik terus memberikan dorongan dan memfasilitasi anak agar bisa berteman dan berinteraksi dengan yang lainnya.

Biarkan Anak Untuk Berekspresi

Membantu anak untuk mudah bersosialisasi tidak berarti harus terus menerus mendorong anak dan menyeret mereka kelingkungan yang ramai dimana terdapat banyak anak-anak didalamnya. Berikan kesempatan bagi anak untuk dalam berkumpul dengan teman-temannya sesuai dengan keinginan mereka. Akan ada waktu dimana mereka memulai interaksi sesuai dengan minat dan keinginannya. Selain anak akan dapat memulai pertemanan, mereka juga akan mudah untuk dapat mendapatkan teman yang sesuai dan sejalan dengan pemikirannya.

Membantu anak-anak untuk bersosialisasi sejak mereka usian dini adalah hal yang baik. Dengan begini, anak-anak akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka dan mendapatkan teman dengan lebih mudah meski dilingkungan yang baru mereka singgahi.