Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil dan Manfaat yang Akan Didapatkan

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil – Salah satu olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan yaitu berenang. Apabila olahraga yang satu ini dilakukan dengan baik dan benar, maka cukup aman untuk ibu hamil.

Berenang ketika hamil baik untuk kebugaran tubuh ibu hamil dan membantu menjaga agar kehamilan tetap dalam keadaan sehat. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum anda berenang supaya aman dan nyaman. Yuk simak beberapa tips aman berenang bagi ibu hamil.

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Supaya kegiatan berenang nyaman dan aman bagi ibu hamil, anda bisa melakukan beberapa tips ini saat akan berenang.

Baca juga : Tips Mengatasi Sering Lapar Saat Hamil

Perhatikan Kondisi Kesehatan Ibu Hamil

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan sebelum berenang yaitu kondisi kesehatan tubuh anda.

  • Sebelum berenang pastikan tubuh anda dalam kondisi fit. Jika kondisi anda sedang tidak sehat atau sakit, dengan berenang tentu akan menyebabkan kondisi anda menjadi semakin buruk.
  • Saat hendak berenang, pastikan juga tubuh anda cukup terhidrasi. Baik sebelum ataupun setelah berenang, tubuh anda usahakan tidak mengalami kekurangan cairan.

Pilih Kolam Berenang yang Bersih

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Sebelum memutuskan berenang ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil, yaitu salah satunya memastikan kolam kondisinya bersih.

  • Saat memilih kolam berenang, anda harus memilih kolam dengan air yang jernih, serta aromanya tidak tajam.
  • Agar kegiatan berenang menjadi lebih nyaman, anda disarankan untuk berenang di kolam yang memiliki suhu air sekitar 27 hingga 33 derajat Celcius.
  • Jika kandungan klorin pada kolam berenang menyebabkan tidak nyaman pada kulit dan mata atau baunya membuat anda tidak nyaman dan mual, sebaiknya anda jangan memaksakan diri untuk meneruskan kegiatan yang satu ini.

Melakukan Pemanasan dan Pendinginan Terlebih Dahulu

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Sebelum anda berenang, pemanasan merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Yuk perhatikan beberapa tips ini.

  • Pemanasan bisa anda lakukan selama 5 menit sebelum anda memulai berenang. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera, membantu meningkatkan aliran darah pada otot, serta kekuatan dan kelenturan otot menjadi meningkat.
  • Apabila anda sudah selesai berenang, anda juga jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Hal ini bertujuan untuk mencegah nyeri otot atau pegal-pegal setelah selesai melakukan olahraga. Pendinginan juga dilakukan agar kondisi tubuh kembali seperti semula. Caranya yaitu berjalan kaki ataupun stretching selama kurang lebih 3 hingga 5 menit setelah anda naik dari kolam.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Jika saat melakukan olahraga tubuh anda kekurangan cairan, maka kondisi ini akan dapat menyebabkan dehidrasi.

  • Oleh karena itu, untuk mencegah masalah ini anda harus minum air putih sebelum berenang sebanyak 2 gelas, di sela-sela melakukan olahraga sebanyak 1 gelas, dan setelah selesai berenang sebanyak 1 gelas.
  • Apabila cuaca saat anda berenang terlalu panas, anda bisa lebih banyak minum air putih atau disarankan untuk minum setiap anda merasa haus.

Berenang dengan Gerakan yang Aman

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Ketika berenang, pastikan ibu hamil melakukan gerakan dengan hati-hati dan perlahan.

  • Salah satu gerakan berenang yang aman dilakukan oleh ibu hamil yaitu gaya dada. Tidak hanya mudah dilakukan, namun gerakan ini juga tidak akan membuat ibu hamil cepat lelah.
  • Ketika berenang anda harus menghindari gerakan yang dapat menyebabkan cedera ataupun melompat, seperti gaya kupu-kupu dan gaya punggung.
  • Ketika masuk atau keluar dari kolam berenang, anda juga harus hati-hati. Anda harus pegangan pada pinggir kolam ataupun pagar agar tidak terpeleset atau jatuh.

Lakukan Selama 30 Menit

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Berenang memang kegiatan yang menyenangkan, namun ketika hamil sebaiknya anda membatasi waktu berenang.

Waktu berenang saat hamil sebaiknya selama 30 menit. Jika anda melakukannya terlalu lama ditakutkan dalam rahim suhunya mengalami perubahan. Selama 30 menit dianggap waktu yang pas untuk ibu hamil agar tidak terlalu mengalami kelelahan.

Harus Ada Pendamping

Tips Aman Berenang Bagi Ibu Hamil

Sebagai upaya agar kegiatan berenang menjadi aman dan nyaman, sebaiknya anda mengajak pendamping.

Anda bisa mengajak pasangan, keluarga atau instruktur untuk mendampingi anda saat berenang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi seperti kram atau lainnya yang memerlukan bantuan.

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Berenang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat berenang yang akan diperoleh oleh ibu hamil:

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Dengan rutin berenang, maka sirkulasi darah akan menjadi lancar dan jantung menjadi kuat. Sehingga kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi bumil serta janin dalam kandungan akan selalu terpenuhi.

Meringankan Nyeri Punggung

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilan yaitu sakit punggung. Kondisi ini disebabkan karena tulang belakang menopang tubuh yang berat seiring dengan pertumbuhan janin. Untuk membantu mengatasi keluhan ini, salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan berolahraga renang untuk membuat kelenturan serta kekuatan otot meningkat, dan membantu mengurangi tekanan yang terjadi pada tulang belakang.

Memperkuat Otot dan Sendi

Dengan berenang maka ibu hamil akan menjadi aktif bergerak. Sehingga akan membuat sendi dan otot pada tubuh ibu hamil menjadi kuat. Jika rutin dilakukan, akan dapat membuat ibu hamil tidak mudah mengalami kelelahan, mengurangi bengkak pada kaki dan tangan hingga mengatasi pegal-pegal.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Berenang dengan rutin akan membuat ibu hamil tetap fit, serta membantu membuat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, berenang juga akan meredakan stres yang dialami oleh ibu hamil. Supaya kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan, anda bisa mengajak serta pasangan untuk berenang bersama.

Menjaga Berat Badan

Ketika hamil, berat badan meningkat merupakan hal yang normal. Hanya saja, peningkatan berat badan jangan sampai  berlebihan. Karena hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Obesitas itu sendiri akan dapat menyebabkan risiko mengalami komplikasi saat hamil meningkat. Untuk mencegah kondisi ini, berenang dapat menjadi salah satu olahraga untuk menjaga agar berat badan tetap stabil.

Jika anda memiliki keluhan saat berenang atau melakukan olahraga lainnya, maka disarankan untuk berhenti dan beristirahat. Karena kondisi setiap ibu hamil tidak sama, sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan konsultasi pada dokter kandungan sebelum memutuskan untuk berenang. Tanyakan juga pada dokter durasi dan jadwal yang aman untuk ibu hamil.

Lihat juga : Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Bagi ibu hamil dengan beberapa kondisi tertentu seperti memilik risiko melahirkan prematur, mempunyai riwayat keguguran, hamil bayi kembar atau mempunyai komplikasi kehamilan, dokter akan menyarankan olahraga lainnya dan menyarankan jadwal serta durasi yang aman dilakukan oleh ibu hamil.

 

Leave a Reply