6 Tips Agar Tetap Nyaman Saat Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau – Sensitif terhadap bau umum dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena dapat menyebabkan mual, muntah dan pusing. Apalagi sumber bau yang dapat menyebabkan mual terkadang tidak bisa ditebak. Nah, agar tetap nyaman meskipun ibu hamil sensitif terhadap bau, beberapa tips ini bisa anda coba.

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Menghindari aroma yang dapat menyebabkan mual dan muntah serta melakukan hal yang dapat mengurangi kondisi ini dapat dilakukan ibu hamil supaya tetap nyaman. Adapun tips agar tetap nyaman saat ibu hamil sensitif terhadap bau seperti berikut ini.

Makan Sering dengan Porsi Kecil

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Ketika ibu hamil sensitif terhadap bau dan mual ketika mencium aroma tertentu, sebaiknya memperhatikan pola makannya.

  • Sebelum bangun dari tempat tidur saat pagi hari, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan ringan. Misalkan makan biskuit atau minum teh jahe.
  • Selain itu, disarankan ibu hamil agar makan dalam porsi yang sedikit namun sering.

Menggunakan Produk Tanpa Aroma

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Saat ini sudah banyak produk skincare atau detergen yang tidak mengandung parfum. Agar tetap nyaman saat anda sensitif terhadap bau, sebaiknya hindari produk seperti itu.

Pilihlah produk yang bebas parfum atau tanpa aroma. Walaupun menggunakan produk tanpa parfum namun tubuh anda tetap akan bersih. Selain itu, menggunakan produk tanpa parfum juga tidak akan menimbulkan iritasi kulit atau alergi.

Atur Sirkulasi Ruangan

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Sirkulasi ruangan tentu sangat penting untuk diperhatikan jika anda sensitif terhadap bau saat hamil. Sirkulasi ruangan yang baik akan membuat anda lebih nyaman.

Sebisa mungkin ciptakanlah ruangan dengan sirkulasi yang baik. Ventilasi di rumah anda harus sering dibuka supaya ada udara keluar dan masuk. Sirkulasi udara akan membuang aroma yang tidak sedap dalam ruangan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil dengan Mudah

Memakai Diffuser Aromatherapy

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Tidak hanya memperhatikan sirkulasi udara dalam ruangan saja, namun anda juga dapat memanfaatkan diffuser aromatheraphy.

  • Letakan diffuser aromatheraphy dalam ruangan. Kemudian gunakan wewangian yang anda sukai dan tidak menyebabkan mual.
  • Jika hendak bepergian, anda bisa meneteskan minyak aromatheraphy tersebut pada sapu tangan. Anda bisa menempelkannya pada hidung kapanpun. Saat mencium aroma tersebut mual yang anda rasakan pun akan hilang.

Hindari Dapur

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Saat ke dapur untuk memasak, anda tentu akan mencium berbagai aroma. Mulai dari aroma masakan, asap dari masakan, bumbu dapur dan lain sebagainya yang mungkin akan dapat menyebabkan anda mual.

  • Apabila anda tidak nyaman dengan bau-bau tersebut, jika memungkinkan anda sebaiknya jangan paksakan memasak.
  • Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memasak.
  • Pastikan jendela di dapur tetap terbuka untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap.

Memakai Masker

Ibu Hamil Sensitif Terhadap Bau

Memakai masker tentu akan mendatangkan banyak manfaat. Selain membantu menurunkan risiko penularan penyakit, juga dapat menangkal aroma yang tidak sedap. Meskipun baunya tidak bisa langsung dicegah, namun setidaknya anda akan merasa lebih nyaman dan intensitas bau akan berkurang.

Gunakan masker ketika anda berhadapan dengan bau-bau yang tidak sedap. Agar lebih nyaman, ketika keluar rumah pun anda sebaiknya memakai masker.

Sensitif terhadap bau tentu akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas ibu hamil. Namun, perlu anda ketahui sensitif terhadap bau ini akan mereda ketika usia kehamilan trimester kedua. Akan tetapi, jika sensitif terhadap bau ini sangat mengganggu, meskipun sudah melakukan berbagai cara tidak bisa mengatasi mual dan muntah, anda dapat berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply