Tidak Perlu Setiap Hari, Anda Juga Bisa Memandikan Si Kecil 2-3 Minggu Sekali Loh Moms!

Memandikan bayi memang pastinya sering dilakukan oleh setiap ibu pada bayinya. Hal ini tentunya menjadi moment yang paling membahagiakan bagi seorang ibu ketika memiliki seorang anak. Akan tetapi, seringkali hal ini justru kerap kali membuat para orang tua bingung terutama bagi ibu yang baru melahirkan. Beberapa ulasan berikut ini tentunya dapat dijadikan pedoman bagi ibu yang baru melahirkan.

Mandi tentunya menjadi aktivitas yang harus dilakukan bagi ibu pada bayinya. Pada umumnya, bayi dimandikan setiap hari selama 2 kali. Namun, ada hal yang perlu Anda tahu bahwa bayi sebenarnya bisa dimandikan selama 3-5 kali dalam seminggu. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda tidak terlalu repot dalam memandikan bayi setiap hari. Namun, jika Anda merasa senang dalam memandikan bayi, tentunya Anda dapat memandikan bayi setiap hari juga memang tidak masalah sama sekali.

Memandikan setiap hari memang menjadi sebuah kebiasaan bagi para ibu. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini memang menjadi sebuah kebiasaan yang turun temurun. Tentunya, ada hal yang merasa tidak pas jika ibu tidak memandikan bayinya meskipun hanya satu hari saja. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa memandikan bayi harus dilakukan setiap hari.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebersihan memang menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan bayi. Satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam mengurus bayi tentunya perhatian dan juga perawatan yang lebih pada bayi, termasuk memandikan bayi. Perlu Anda tahu bahwa memandikan bayi tidak harus dilakukan setiap hari. Mengingat banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang ibu setiap harinya. Maka dari itu, Anda sebagai seorang ibu tidak harus memandikan bayi setiap hari terlebih jika cuaca sedang ekstrim. Anda cukup mengelap bayi dengan menggunakan air hangat. Memandikan bayi setiap hari dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim justru akan membuat si kecil menjadi gampang sakit.

Seperti sebuah kisah dari seorang ibu bernama Claire Goss yang ditulis dalam blog pribadinya. Ia mengatakan bahwa bayinya hanya dimandikan sebanyak tiga kali saja dalam seminggu. Alasan utama mengapa ia memandikan bayinya sebanyak 3 kali dalam seminggu tidak lain ialah ia tidak memiliki waktu yang cukup banyak. Sebagian besar orang memang sangat menyayangkan akan hal ini. Namun, beberapa para ahli kesehatan juga berpendapat bahwa dalam memandikan bayi tidak harus dilakukan setiap hari. Bahkan jika Anda sering memandikan bayi setiap hari, justru akan merusak kulit bayi sehingga menjadi lebih kering. Para ahli juga menyebutkan bahwa sebaiknya memandikan bayi dilakuakn sebanyak tiga-empat kali saja dalam seminggu.

Terlepas dari hal tersebut, tentunya Anda juga tidak dibenarkan untuk membiarkan kebersihan bayi begitu saja. Anda tentunya harus tetap memperhatikan titik-titik penting yang memang harus dibersihkan dengan segera. Titik-titik tersebut yaitu wajah, leher dan juga area popok lainnya. Meskipun bayi tidak mandi setiap hari, namun jika kebersihan pada titik-titik tersebut tetap diperhatikan, maka memandikan bayi setiap hari bukanlah hal yang harus dilakukan.

Namun, ada hal yang harus kamu perhatikan ketika akan memandikan bayi. Alangkah baiknya jika Anda memandikan bayi sebelum makan dan juga jangan ketika bayi sedang lapar dan juga lelah. Yang justru akan membuat bayi semakin rewel. Sebelum memandikan bayi, siapkan semua peralatan dengan baik. Siapkan bak mandi, alat mandi, air hangat, handuk, popok dan juga baju bayi. Pastikan air tidak terlalu dingin dan juga terlalu panas sehingga temperatur air akan pas.

Bagaimana cukup mudah, bukan? Nah, itu loh mom ternyata memandikan bayi tidak harus dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us