Tanda Kehamilan Normal Trimester Pertama

4.72/5 (29)

Tanda Kehamilan Normal Trimester Pertama – Bagi pasangan yang belum dikaruniai seorang anak tentu sangat menanti-nanti kehamilan. Program hamil pun diikuti agar keinginan segera memiliki buah hati segera terwujud. Salah satu tips agar cepat hamil yaitu dengan mengetahui masa subur.

Melakukan hubungan saat masa subur akan meningkatkan peluang wanita untuk hamil. Selain mengetahui cara menghitung masa subur, anda juga harus mengetahui cara menghitung usia kehamilan agar ketika hamil anda bisa menjaga kehamilan dengan tepat dan mengetahui perubahan apa saja yang terjadi sesuai usia kehamilan.

Jika ini merupakan kehamilan pertama anda, anda mungkin masih bingung atau cenderung tidak paham dalam membedakan perubahan atau tanda kehamilan trimester pertama yang normal dan tidak normal. Setelah anda dinyatakan positif hamil, akan ada beberapa perubahan yang anda alami.

Di awal kehamilan, mungkin saja anda masih belum mengalami beberapa gejala awal kehamilan, selain telat datang bulan. Setiap kehamilan normal bisa berbeda dialami oleh setiap wanita, sebab kondisi tubuh wanita berbeda-beda.

Tanda Kehamilan Normal Trimester Pertama

Oleh karena itu, anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kandungan dengan rutin untuk memantau kehamilan anda dan mengenali tanda yang tidak biasa pada kehamilan ataupun janin yang anda kandung.

Kehamilan normal tetap memiliki tanda-tanda umum. Anda akan merasakan perubahan atau gejala tersebut, seperti di bawah ini.

Tanda Kehamilan Normal Trimester Pertama

Pada trimester pertama anda akan mengalami beberapa tanda kehamilan normal yang umumnya sering terjadi. Perubahan yang dialami oleh ibu hamil saat minggu-minggu awal kehamilan disebabkan karena adanya perubahan hormon.

Penting mengetahui tanda kehamilan normal pada trimester pertama. Nah, tanda dan perubahan yang akan anda alami adalah seperti berikut:

Kram

Kondisi kram yang anda alami sebagai tanda kehamilan tidak akan jauh berbeda dengan kram yang anda rasakan ketika menjelang menstruasi. Pada kehamilan normal, kram ringan umum terjadi. Hanya saja, tidak selamanya kram dapat menjadi tanda kehamilan normal trimester pertama.

Pasalnya, kondisi kram yang terasa lebih sakit yang disertai dengan kontraksi yang terjadi dalam rentang waktu 5 sampai 20 menit sekali menjadi tanda adanya kelainan yang terjadi pada kehamilan anda. Kondisi seperti ini jangan diabaikan.

Anda harus segera hubungi dokter kandungan anda ketika mengalami gejala seperti ini. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda kehamilan normal dan tidak normal sehingga anda bisa segera mengambil tindakan ketika mengalami gejala atau tanda yang tidak biasa.

Mual

Mual menjadi salah satu tanda kehamilan normal yang terjadi pada usia kehamilan muda. Kondisi seperti ini biasanya dimulai pada minggu ke 3 hingga minggu ke 12 kehamilan. Umumnya wanita hamil akan mengalami kondisi mual saat hamil.

Kondisi seperti ini bisa dialami kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari. Mual yang dialami juga biasanya tidak terlalu parah, sehingga anda masih bisa makan dan minum seperti biasanya.

Sebagai langkah untuk mengatasi atau mengurangi mual yang anda rasakan ketika hamil, anda bisa merubah pola makan. Coba untuk makan dengan porsi sedikit namun lebih sering.

Selain itu, penting untuk menghindari makanan dengan bau tajam. Untuk cemilan, anda bisa memilih cemilan yang tinggi protein lebih tawar. Hindari makanan dan minuman asam karena bisa memicu mual. Anda harus minum air secara teratur.

Apabila kondisi mual yang anda alami tidak kunjung berakhir meskipun usia kehamilan sudah 12 minggu atau bahkan hingga menyebabkan dehidrasi dan tidak bisa mengonsumsi makanan, maka kondisi ini tergolong tidak normal . Jika anda mengalami kondisi seperti ini sebaiknya segera hubungi dokter, karena mungkin anda membutuhkan perawatan.

Keputihan

Keputihan yang anda alami selama kehamilan dianggap sebagai kondisi yang normal. Keputihan akan menjaga sistem reproduksi dari bakteri sehingga akan tetap bersih. Keputihan di masa kehamilan akan melindungi jalan lahir dari masalah infeksi. Hanya saja, anda harus memperhatikan keputihan yang anda alami.

Pasalnya, keputihan selama kehamilan tidak selamanya aman. Jika anda mengalami keputihan dengan warna bening dan banyak, berwarna hijau atau kuning, terasa nyeri dan gatal dengan bau yang tidak sedap itu bisa jadi gejala infeksi yang dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan. Segera hubungi dokter apabila anda mengalami keputihan seperti ini.

Perdarahan

Di awal masa kehamilan wanita hamil akan mengalami perdarahan. Hanya saja, perdarahan yang dialami tentunya ringan dan dalam jumlah sedikit. Kondisi ini menjadi tanda embrio yang menempel di lapisan rahim. Kondisi ini bisa jadi disertai dengan kram dan lebih dari 1 kali. Meskipun dianggap sebagai kondisi normal, tapi anda tetap harus waspada.

Apabila anda mengalami perdarahan yang tida biasa atau di luar ciri kehamilan normal seperti perdarahan berwarna merah muda, merang terang, keputihan atau keputihan berupa gumpalan darah, penting untuk segera menghubungi dokter kandungan anda.

Tanda lain yang juga harus diwaspadai jika gejala yang sudah disebutkan tadi disertai dengan kram parah atau kontraksi. Menjadi tanda bahaya kehamilan apabila terjadi perdarahan pada jalan lahir setelah mengalami trauma seperti lelah fisik atau terjatuh.

Tanda Kehamilan Normal Lainnya

Selain tanda kehamilan normal trimester pertama yang sudah disebutkan di atas, anda juga mungkin akan mengalami tanda kehamilan normal lainnya. Umumnya ibu hamil akan mengalami perubahan pada suasana hatinya, frekuensi buang air meningkat, konstipasi, terjadinya pembesaran pada payudara dan ngidam.

Saat hamil anda mungkin akan mengalami lelah. Kondisi ini menjadi hal yang umum. Pasalnya, ketika anda sedang hamil tubuh akan bekerja keras dalam menunjang kesehatan janin dalam kandungan dan tentunya hal itu membutuhkan banyak energi. Anda tentu membutuhkan makanan dan minuman yang lebih banyak dari biasanya.

Saat hamil anda tidak akan bisa sebebas seperti sebelum hamil. Jika sebelum hamil anda selalu banyak melakukan aktivitas fisik, maka setelah hamil penting untuk membatasi aktivitas fisik.

Sebaiknya perbanyak waktu istirahat anda dan menjaga asupan makanan agar anda dan kehamilan anda tetap sehat. Hindari beberapa kebiasaan buruk seperti mengonsumsi kafein, alkohol dan merokok.

Hal yang Harus Diwaspadai

Sangat penting untuk mengetahui tanda kehamilan normal dan tidak normal. Anda juga dapat melibatkan keluarga dalam perkembangan kehamilan anda, khususnya suami.

Meskipun beberapa perubahan fisik maupun psikologis saat usia kehamilan trimester awal dianggap hal yang normal, namun ada beberapa tanda bahaya yang penting diwaspadai seperti:

  • Nyeri atau kram perut hebat
  • Mengalami perdarahan berat pada jalan lahir
  • Nyeri dan pusing kepala yang berat
  • Penambahan berat badan terlalu sedikit
  • Penamabahan berat badan berlebihan
  • Demam

Segera pergi ke dokter jika anda mengalami gejala-gejala seperti itu. Selama kehamilan juga, penting untuk memeriksakan kehamilan dengan rutin ke dokter untuk memantau kesehatan kehamilan serta mengetahui perkembangan kehamilan yang normal dan tidak normal. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply