Tanda/Ciri Ibu Hamil Mengalami Kaki Bengkak

4/5 (11)

Kaki bengkak dapat menjadi tanda kehamilan yang wajar terlebih bagi ibu hamil yang menginjak usia kehamilan 24 minggu atau usia 28 minggu keatas. Kondisi ini dialami oleh 7 dari 10 ibu hamil yang ditandai dengan pembengkakan pada tungkai dan mata kaki.

Mengapa terjadi pembengkakan pada kaki ibu hamil?

Ibu hamil yang mengalami pembengkakan dikarenakan cairan yang berkumpul dan menjadi tertahan di dalam tubuh. Kondisi pembengkakan ibu hamil akan dikategorikan wajar apabila tidak mengalami pembengkakan pada bagian organ lainnya. (Baca juga: Tanda orang hamil)

tanda kehamilan kaki bengkak

Kondisi pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil tidak akan mengalami keluhan yang berarti.Hanya saja ibu hamil akan mengalami kondisi tidak nyaman dan pegal ketika harus beraktivitas. Sedangkan ibu hamil yang mengalami gangguan aktivitas total karena pembengkakan kaki pada saat hamil harus segera berkonsultasi dengan dokter. ( Baca juga: Tanda-Tanda Hamil )

Apa saja yang menyebabkan ibu hamil mengalami pembengkan kaki ?

Tidak semua ibu hamil mengalami pembengkakan kaki. Kondisi ini dipengaruhi oleh kesehatan ibu selama kehamilan.

Berikut ini adalah penyebab ibu hamil mengalami kaki bengkak :

1.Berat Badan

Wanita yang melebihi berat badan normal pada saat hamil akan mengalami resiko kaki bengkak dua kali lipat dibandingkan dengan wanita dengan berat badan ideal.

Hal ini dipicu karena pada saat hamil ibu akan mengalami kenaikan berat badan yang meningkat tajam seiring dengan perkembangan janin. Sehingga akan membebani kaki. Kondisi kaki yang menanggung beban yang berat inilah yang mengalami pembengkakan selama kehamilan di trimester kedua hingga trimester ketiga kehamilan. (Artikel lainnya: tanda wanita hamil)

2.Cairan yang Tertimbun di Kaki

KOndisi kedua yang menyebabkan ibu hamil mengalami pembengkakan kaki adalah tertimbunnya cairan di dalam rahim yang semakin membesar. KOndisi ini yang menyebabkan kaki menampung 30 persen cairan dikaki yang lebih banyak dari sebelumnya.

3.Kurang Berolahraga

Ketika hamil ibu memilih untuk tidak berolahraga karena kondisi fisik yang cepat lelah.Padahal olahraga khusus ibu hamil dapat membantu kondisi ibu kembali bugar dan membantu menjaga kesehatan janin.

Disarankan untuk ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 24 minggu untuk berolahraga khusus ibu hamil.Dengan olahraga yang teratur pada ibu hamil akan mengurangi pembengkakan pada kaki dan aliran darah menjadi lancar. Senam hamil adalah salah satu solusi bagi ibu hamil diusia kehamilan trimester akhir.

4.Aliran Darah Terganggu

KOndisi kaki bengkak pada ibu hamil dapat juga disebabkan akrena pembuluh darah balik pada kaki yang terhambat. Pembuluh darah yang tersumbat akan menganggu aktivitas aliran darah lainnya, terutama pada jantung.Sehingga memicu bengkak pada kaki ibu hamil.

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil ?

Lakukan hal dibawah ini apabila ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki:

1.Berolahraga Teratur

Ibu hamil dapat memulai aktivitas pagi dengan berolahraga yang aman untuk ibu dan janin, misalnya jalan kaki.Selain dapat membantu melancarkan persalinan, olahraga akan membantu mengurangi risiko bengkak pada kaki.

2.Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Alas kaki yang sempit akan menganggu peredaran darah pada kaki. Sehingga akan beresiko dua kali mengalami kaki bengkak selama hamil. Gunakan alas kaki yang nyaman, tidak beresiko kaki terkilir dan ukuran yang sesuai.

3.Perbanyak minum air putih

Air putih akan membantu dalam melancarkan cairan yang banyak tertimbun di kaki, selain itu baik juga untuk pencernaan. Anda disarankan untuk mengkonsumsi 8 gelas air setiap hari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel