Tahukah Anda Manfaat Musik Bagi Janin Yang Jarang Anda Ketahui

Mendengarkan musik tentunya sebuah aktivitas yang kerap dilakukan oleh setiap orang. Musik memang menjadi sesuatu yang dapat membantu kita dalam meredakan stres sehingga Anda akan lebih rileks. Ketika Anda sedang mengalami stres tentunya Anda dapat menenangkan diri dengan mendengarkan musik. Ternyata, musik juga dapat merangsang perkembangan janin didalam kandungan.

Tidak dapat dipungkiri ketika sedang hamil, wanita rentan mengalami jenuh dan juga stres. Rasa stres yang kerap dialami oleh ibu hamil tentunya harus dicegah sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan rasa stres dapat berdampak buruk bagi janin di dalam kandungan. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan hal-hal yang memang Anda sukai untuk mencegah stres tersebut. Dalam hal ini ternyata musik dapat membantu mencegah stres. Dengan mendengarkan musik ibu hamil akan merasa lebih tenang dan juga rilkes dan begitu juga dengan janin di dalam kandungan.

Manfaat mendengarkan musik pada ibu hamil dan juga janin memang sangat direkomendasikan bagi Anda. Selain itu, ini juga menjadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat kestresan dan juga kecemasan pada ibu hamil. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mengetahui dan juga mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik bagi janin dan juga ibu di dalam kandungan seperti yang akan kami jelaskan berikut ini!

Manfaat Musik Bagi Janin

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa musik memang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa stres dalam masa kehamilan. Rasa cemas dan juga stres yang dialami oleh ibu hamil memang menimbulkan dampak negatif pada ibu dan juga bayi. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa tingkat stres yang dialami saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah dan juga risiko anak yang mengalami penyimpangan prilaku ketika menginjak usia anak-anak.

Mendengarkan musik memang dapat meminimalkan rasa stres yang tentu diakibatkan oleh beberapa faktor lingkungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika ibu hamil bahagia, maka tubuh akan menghasilkan hormon endorfin dan juga serotin. Hormon inilah yang membuat perasaan bahagia dan tentunya ditransfer kepada janin melalui plasenta. Selain itu, mendengarkan musik memang dapat membuat ibu menjadi lebih tenang serta melemaskan otot-otot yang tegang serta dapat membentuk lingkungan yang sangat nyaman bagi ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Ada beberapa hal yang tentunya harus Anda ketahui mengenai usia kandungan yang baik untuk mendengarkan musik. Usia kandungan memang sangat berpengaruh dalam menyerap lantunan musik. Usia yang paling tepat untuk mendengarkan musik ialah ketika janin sudah menginjak usia kandungan 20 minggu. Pada usia ini memang janin sudah dapat mendengar detak jantung, pompa darah, penapasan dan juga sistem pencernaan ibu. Untuk itu, inilah saatnya untuk mulai memberikan musik pada janin di dalam kandungan Anda.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa memperdengarkan musik kepada bayi akan menenangkan bayi di dalam kandungan. Selain itu, bayi akan bereaksi mulai dari membuka mata mereka, dan membuat gerakan kecil sehingga tidak heran jika sedang memperdengarkan musik, bayi akan membuat gerakan-gerakan kecil. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi akan manfaat musik bagi janin, berikut kami sajikan beberapa manfaat yang dapat diambil dari mendengarkan musik, diantaranya:

Membantu bayi tidur

Manfaat pertama yang dapat diambil ketika mendengarkan musik ialah membantu bayi untuk tidur dengan mudah dan juga tenang. Begitupun dengan janin yang ada didalam kandungan. Ia akan mulai mengenalid an juag mendengarkan musik ketika masih di dalam rahim. Janin di dalam kandungan tentunya dapat membuat bayi lebih cepat tertidur, bayi menjadi lebih tenang dan tidur lebih lama dibandingkan dengan bayi yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Kondisi ini juga akan terjadi ketika bayi sudah dilahirkan. Memperdengarkan musik kepada bayi tentunya dapat membantu membentuk pola tidur bayi sehingga bayi akan lebih baik untuk bayi.

Meningkatkan refleks bayi baru lahir

Memperdengarkan musik ketika janin masih di dalam kandungan memang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan getaran yang dihasilkan oleh musik akan membuat bayi bereaksi terhadap musik. Pada saat ini mungkin bayi akan mencoba melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan denyut dan juga gerakan musik. Hal ini tentunya akan meningkatkan refleks pada bayi secara keseluruhan.

Mengembangkan kemampuan berprilaku dan juga belajar

Mendengarkan musik ketika hamil tentunya janin akan mulai mengenal dasar-dasar dan juga kemampuan belajar khususnya ketika bayi sudah beranjak dewasa dan juga anak-anak. Seperti yang dilansir dari Expectant Mothers Guide, seorang profesor dari Jerman yang menyatakan bahwa musik dapat merangsang pertumbuhan struktur pada otak serta menghubungkan banyak aktivitas pada daerah otak tersebut. Perkembangan otak tersebut tentunya ditentukan oleh faktor keturunan, namun hal ini tergantung dari bagaimana janin tersebut mengalaminya.

Meningkatkan kemampuan indra pendengaran pada bayi

Bayi yang diperdengarkan lantunan musik tentunya dapat melatih kemampuan dalam indra pendengarannya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan konsentrasi, keterampilan bayi di dalam rahim dan juga indra pendengaran yang mulai membaik. Bayi yang sering mendengarkan musik tentunya memiliki kemampuan dalam getaran dan juga gelombang sehingga bayi akan lebih berkonsentrasi pada suara dan juga rangsangan yang bersifat audio. Hal ini tentunya sangat bermanfaat terutama ketika bayi sudah mulai tumbuh dan berkembang.

Memperdengarkan musik dan juga suara memang sangat dianjurkan bagi Anda. Hal ini tentunya dapat membuat bayi lebih terangsang sehingga akan berguna bagi pertumbuhan dan juga perkembangan otak serta indra pendengaran. Namun, satu hal yang harus Anda tahu bahwa mendengarkan musik harus dilakukan dengan cara yang paling tepat yakni tidak belebihan. Hal ini dikarenakan jika dilakukan berlebihan, justru akan membuat bayi semakin stres dan merasa terganggu. Itulah beberapa manfaat musik bagi janin di dalam kandungan. Silahkan mencoba!

 

Author: Nina Astuti

Follow us