data-ad-format="auto"

Tahukah Anda Bahwa Vitamin D Dapat Melindungi Tubuh Dari Kanker?

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan juga kekuatan tubuh kita, terutama tulang. Rangka dan tulang tentunya menjadi bagian tubuh yang terbilang sebagai inti dalam pembentukan tubuh manusia. Tanpa rangka dan juga tulang, bagaimana mungkin manusia dapat bergerak dan juga berdiri dengan baik.

Pentingnya bagian ini tentunya menjadi tugas bagi kita untuk menjaga kekuatan dan juga kesehatannya. Bagaimanapun juga tulang perlu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tulang dapat bekerja dengan sangat baik. Umumnya, kita tahu bahwa kesehatan dan juga kekuatan tulang dapat dengan mudah kita dapatkan dari kalsium dan juga vitamin D.

Berbicara mengenai vitamin D tentunya kita akan secara langsung berpikir bahwa matahari sumber yang sangat mudah untuk kita dapatkan. Mudah dan gratisnya kita mendapatkan sinar matahari, mengapa tidak untuk memanfaatkan kebaikan yang diberikan oleh sinar matahari tersebut. Selain itu, vitamin D ternyata dapat melindungi tubuh dari kanker. Lantas, bagaimanakan peran dari vitamin D dapat melindungi tubuh dari kanker? Yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

Vitamin D Dapat Melindungi Tubuh Dari Kanker

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Seperti yang kita tahu bahwa kanker memang menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan bagi manusia. Hal ini dikarenakan penyakit kanker memang terdiri dari sel-sel yang abnormal dan tumbuh di dalam tubuh manusia. Sel kanker tentunya berkembang terus menerus di dalam tubuh hingga akhirnya mencapai stadium akhir. Sulit dan langkanya penderita kanker untuk disembuhkan, tentunya ini menjadi sebuah tugas besar bagi kita semua untuk mencegah penyakit kanker bersemayam di dalam tubuh kita.

Sebuah penelitian mengaitkan hubungan yang kuat antara vitamin D dan juga kanker. Banyak ahli yang mengatakan bahwa vitamin D dapat membantu tubuh dan juga mengurangi risiko terkena kanker seperti kanker payudara, paru-paru, leukimia, usus besar dan juga penyakit kanker lainnya. Tentunya, kita tidak menginginkan tubuh kita berpeluang terkena penyakit kanker, bukan?

Berdasarkan sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association yang telah berhasil menemukan salah satu manfaat dari vitamin D yakni menurunkan risiko terkena kanker. Penelitian ini telah dilakukan selama emapt tahun serta melibatkan lebih dari dua ribu wanita yang sudah menopause. Rentang usia yang dipilih tersebut tentunya berkisar antara 55 tahun ke atas. Pasalnya, wanita yang berusia lanjut dan juga sudah mengalami menopause memang berisiko besar terkena berbagai jenis kanker.

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa wanita yang diberi vitamin D3 dan juga kalsium secara rutin memiliki risiko sekitar 30% lebih rendah terkena penyakit kanker. Tentunya, hasil ini memiliki perbedaan dengan tingkat kanker antar kelompok yang memang belum akurat secara keseluruhan jika dilihat dari data statistiknya saja. Akan tetapi, pada analisis selanjutnya, kadar vitamin D di dalam darah khususnya 25-hydroxyvitamin D (25 (OH) D) secara signifikan memang lebih rendah pada wanita yang memiliki kanker dibandingkan dengan wanita yang sehat.

 

Hubungan Antara Vitamin D Dengan Kanker

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai adanya hubungan antara vitamin D dan juga kanker. Hal tersebut memang benar adanya dan telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Studi ini telah menemukan bahwa tingkat kematian dan juga kejadian kanker memang lebih rendah dan terjadi di daerah tertentu yang memang banyak mendapatkan sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet yang berasak dari matahari dapat memicu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Sebuah penelitian lain menambahkan bahwa vitamin D dapat menghambat dan juga mengurangi sel kanker untuk terus berkembang dengan berbagai cara. Vitamin D di sini memang diperlukan dalam mengubah gen yang mampu mengendalikan peradangan, mengganggu hormon pertumbuhan IGF-1, kematian sel dan juga proliferasi sel serta hormon lain yang digunakan untuk memicu pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

Tidak hanya dapat mengurangi risiko terkena kanker, vitamin D juga mampu memperbaiki kerusakan DNA, menghambat antiogenesis dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antiogenesis ialah sebuah zat yang memang berperan penting dalam mengahambat pertumbuhan dan juga perkembangan sel kanker yang ada di alam tubuh. Maka dari itu, memang sangat terbukti bahwa vitamin D yang mudah untuk kita dapatkan ini dapat melindungi tubuh dari kanker dan juga menghambat pertumbuhan kanker di dalam tubuh.

Vitamin D Dapat Berhubungan Dengan Kanker Payudara

Pencegahan kanker yang paling ampuh tentunya dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Riset yang telah dilakukan membuktikan bahwa pasien yang memiliki kanker payudara dapat memiliki risiko yang lebih rendah dalam mencegah kematian. Orang yang memiliki kanker payudara dapat berisiko kematian 2 kali lipat dibandingkan dengan yang memiliki asupan vitamin D yang cukup terhadap tubuhnya.

Para peneliti menemukan jika wanita dengan kadar vitamin D yang lebih rendah akan sangat mudah terkena penyakit kanker dibandingkan dengan yang memiliki asupan vitamin D yang cukup banyak. Kadar vitamin D yang tinggi dalam tubuh dapat memiliki angkat kematian yang lebih rendah sekitar 50%. Sistem metabolisme vitamin D dapat meningkatkan komunikasi dan juga hubungan antar sel untuk mengaktifkan protein dan menghentikan pembelahan sel yang cukup agresif.

Setelah kita mengetahui peranan yang dimiliki oleh vitamin D dalam mencegah penyakit kanker tentunya ini menjadi tugas kita untuk senantiasa menjaga asupan vitamin D untuk tubuh kita. Peranan vitamin D memang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker payudara dimana vitamin D dapat membuat sel payudara lebih pintar karena terdapat reseptor dari vitamin D yang ada di dalam jaringan payudara. Selain itu, vitamin D juga dapat mengikat reseptor dan menyebabkab sel oncogenes mati dan juga berhenti untuk tumbuh. Hasilnya, sel kanker tidak akan lagi menyebar pada bagian tubuh yang lainnya.

Fakta Tentang Vitamin D

Vitamin D memang menjadi salah satu vitamin yang berfungsi penting dalam menjaga kekuatan tulang dan juga menghindari tubuh dari terkena osteoporosis. Selain dari sinar matahari, vitamin ini tentunya dapat ditemukan dengan mudah dalam beberapa jenis makanan. Meskipun demikian, tentunya banyak faktor yang memang mempengaruhi vitamin D di dalam tubuh seseorang.

Vitamin D memang memiliki beberapa faktor yang tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti yang dilansir dari Third Age (13/01) beberapa hal yang tidak banyak orang yang tahu mengenai vitamin, diantaranya:

Kondisi Udara

Faktor utama yang menjadi mempengaruhi vitamin D yaitu kondisi udara yang ada di lingkungan tersebut. Seorang peneliti di Harvard Medical School yang menunjukkan bahwa partikel karbon yang dihasilkan dari sebuah pembakarann bahan bakar fosil dapat menghancurkan sinar UVB yang ada di dalam udara. Akan tetapi, mereka menyatakan bahwa polusi tersebut dapat menyebabkan adanya lubang pada ozon yang dapat meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal memang sangat mempengaruhi produksi vitamin D yang ada di dalam tubuh. Hal ini berhubungan dengan semakin rendahnya iklim di suatu wilayah, maka semakin sedikit juga sinar matahari yang akan sampai hingga ke permukaan bumi. Faktanya bahwa vitamin D yang akan didapatkan sangat rendah jika Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim yang rendah pula. Selain itu, vitamin D yang berasal dari matahari juga tidak akan pernah Anda dapatkan jika Anda menggunakan baju tebal.

Warna Kulit

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi produksi vitamin D di dalam tubuh yaitu warna kulit. Warna kulit yang cukup gelap tentunya disebabkan adanya melanin di dalam tubuh. Zat tersebut tentunya dapat membuat kulit tidak dapat meresap sinar UVB dari matahari. Dengan begitu, tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk memproduksi vitamin D yang ada di dalam tubuh. Sedangkan orang yang memiliki kulit gelap memang membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyerap vitamin D dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit putih.

Berat Badan

Berat badan memang sangat berpengaruh terhadap produksi vitamin D yang ada di dalam tubuh. Orang yang memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas memang memiliki produksi yang rendah dibandingkan dengan orang yang kurus. Hal ini dikarenakan penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi dan juga menyerap vitamin D. Selain itu, semakin bertambahnya usia seseorang, maka efek vitamin D yang ada pad kulit juga semakin berkurang.

 Pemakaian Tabir Surya

Faktor ini tentunya memiliki pengaruh yang cukup untuk tubuh dalam memproduksi vitamin D. Anda tentunya jangan harap dapat mendapatkan asupan vitamin D pada tubuh jika Anda menggunakan tabir surya. Dalam pemakaian tabir surya yang sedikit tentunya vitamin D yang berasal dari matahari dapat langsung masuk ke dalam tubuh meski dalam jumlah yang sedikit.

Ada baiknya jika Anda ingin menggunakan tabir surya, Anda dapat memakainya pada saat siang hari saja. Hindari pemakaian tabir surya pada saat pagi hari, karena waktu ini menjadi waktu yang paling tepat bagi tubuh untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Itulah beberapa faktor yang memungkinkan dapat mempengaruhi tubuh dalam memproduksi vitamin D yang berasal dari sinar matahari.

Sumber Vitamin D Terbaik

Selain sinar matahari tentunya terdapat sumber lain yang dapat meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh manusia. Manfaat ganda yang akan Anda dapatkan dari vitamin D bukan hanya sebagai penguat tulang, akan tetapi mampu mencegah berbagai penyakit yang kemungkinan akan masuk ke dalam tubuh manusia. Agar tubuh Anda mendapatkan vitamin D yang cukup, kami menyarankan agar Anda mendapatkan asupan vitain D sekitar 400 IU vitamin D setiap harinya dan juga sekitar 200 IU untuk remaja yang berusia kurang dari 18 tahun.

Jika tubuh kekurangan vitamin D, tentunya hal ini akan ada kaitannya dengan kondisi kesehatan Anda. Adanya penyakit kronis dan juga penyakit yang dapat mengancam jiwa seperti kanker, diabetes, jantung, multipel sklerosis dan juga adanya penurunan daya ingat pada seseorang. Untuk itu, penuhi kebutuhan vitamin D Anda dengan mengonsumsi makanan sebagai sumber vitamin D yang cukup ampuh, diantaranya:

Susu

Selain berperan aktif dalam menghasilkan kalsium yang diperlukan untuk kepadatan dan juga kekuatan tulang. Ternyata, susu juga dipercaya dapat meningkatkan produksi vitamin D yang ada di dalam tubuh manusia. Susu sapi tentunya mengandung nutrisi penting seperti kalsium dan juga vitamin D yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Diperkirakan dari satu gelas susu mengandung sekitar 100 IU vitamin D yang mampu menjaga kepadatan dan juga kekuatan tulang manusia.

 Minyak Ikan

Seperti yang kita tahu bahwa minyak ikan memang memiliki rasa yang tidak enak. Akan tetapi, suplemen ini memang dipercaya dapat meningkatkan produksi vitamin D yang ada di dalam tubuh. Minyak ikan memang mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan produksi vitamin D yang cukup tinggi. Selain itu, minyak ikan berperan dalam meingkatkan nafsu makan seseorang.

Ikan Salmon

Ikan yang sudah tidak asing lagi akan gizi dan juga nutrisinya. Jenis ikan ini memang disediakan dalam berbagai bentuk baik beku, segar dan juga kalengan. Ikan salmon tersebut tentunya mengandung vitamin D empat kali lebih banyak dibandingkan dengan produk pertanian seperti buah dan juga sayuran.

 Ikan Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi untuk tubuh. Seperti yang kita tau bahwa tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang tinggi protein dan juga omega-3. Ikan yang sering kita jumpai sebagai salahs atu bahan pembuat sushi ini ternyata memang berperan penting dalam pembentukan tulang dan juga vitamin D di dalam tubuh.

Telur

Jenis makanan yang mengandung protein dan juga omega-3 memang memiliki peran penting juga dalam meningkatkan produksi vitamin D pada tubuh manusia. Telur memang mengandung vitamin D sekitar 21 IU di dalam kuning telur dan juga protein yang murni pada bagian putih telurnya. Telur merupakan bahan pangan yang memang bernutrisi dan juga wajib dikonsumsi oleh setiap orang.

 Udang

Jenis makanan laut yang satu ini memang mengandung omega-3 yang tinggi akan nutrisi dan juga protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Udang memang tinggi protein tetapi rendah kalori dan juga lemak. Udang yang tersaji dalam takaran 85 gram memang mengandung 129 IU vitamin D. Takaran ini memang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai vitamin D dapat melindungi tubuh dari kanker serta peranan penting dalam vitamin D untuk menjaga kesehatan tubuh. Memang sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan juga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit yang kemungkinan akan muncul di dalam tubuh kita. Dengan memiliki asupan vitamin D yang cukup, ini menjadi keuntungan bagi kita agar dapat terhindar dari penyakit kanker.

Loading...

Follow us