Tahukah Anda Bahwa Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Banyak anggapan bahwa radikal bebas dapat diatasi oleh beberapa produk seperti makanan dan juga kosmetik. Hal ini dikarenakan radikal bebas sering disebut sebagai penyebab yang dapat mendatangkan penyakit serta dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada wanita. Radikal bebas tentunya dapat terbentuk dari beberapa zat yang terjadi di dalam dan juga luar tubuh. Lantas, apa sebenarnya yang disebut dengan radikal bebas tersebut?

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa radikal bebas sering disebut menjadi salah satu faktor penyebab dimana penyakit dapat timbul. Namun sebenarnya, radikal bebas merupakan salah satu proses dari bagian alami di dalam tubuh. Sebagai proses yang alami, radikal bebas juga bisa bersumber dari proses yang terjadi di luar tubuh, Radikal bebas jika diimbangi dengan antioksidan tentunya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, jika radikal bebas dilampaui dengan kadar yang dapat ditangani oleh tubuh tentunya akan menyebabkan kerusakan pada proses tersebut.  

Dari Manakah Sumber Radikal Bebas?

Radikal bebas memang menjadi satu proses alami yang terjadi di dalam tubuh, dan juga luar tubuh. Ketika tubuh mengonsumsi oksigen, tentunya sekitar 1-2 persen sel-sel akan mulai rusak sehingga berubah menjadi radikal bebas. Nah, proses inilah yang menyebabkan dimana radikal bebas disebut sebagai sel-sel rusak yang dapat menyebabkan tubuh ada pada kondisi negatif tertentu.

Sel yang disebut bebas tentunya dikarenakan sel-sel tersebut kehilangan molekul yang cukup penting sehingga dapat membuat tubuh seseorang mengalami kerusakan jika bertemu dengan molekul lain. Tentunya, tidak hanya merusak sel lain di dalam tubuh, radikal bebas juga dapat merusak DNA yang akan menjadi benih dalam tumbuhnya penyakit di dalam tubuh seseorang. Jika satu sel rusak, maka akan mudah baginya untuk merusak sel lainnya. Ketika DNA tersebut berubah, tentunya sel tersebut dapat berkembang secara tidak normal dengan proses yang sangat cepat. Dalam hal ini tentunya cedera dan juga inflamasi dapat menyebabkan tumbuhnya radikal bebas.

Sesuai dengan poin di atas bahwa dari mankaah sebenarnya sumber radikal bebas tersebut. Tentunya, banyak berbagai sumber yang terjadi di dalam proses tubuh baik dari dalam maupun dari luar. Radikal bebas ini tentunya dapat bersumber dari bahan-bahan lain yang ada disekitar kita. Beberapa sumber radikal bebas yang cukup berpengaruh tentunya berasal dari:

Asap Rokok dan Polusi Udara

Seperti yang kita tahu bahwa asap yang bersumber dari rokok. Oksidan yang terdapat di dalam rokok tentunya sangat berpengaruh terhadap gangguan saluran pernapasan. Bagaimanapun juga, setiap hisapan rokok tentunya memiliki jumlah oksidan yang lebih besar diantaranya epoxida, aldehida, peroxida serta radikal bebas lain yang tentunya menyebabkan kerusakan alveoli paru-paru. Zat lain yang ada di dalam rokok tentunya dapat menyebabkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh diantaranya radikal bebas yang mengandung karbon di dalam fase gas, nitrit oksida, dan radikal peroksil.

Sinar UV dan Radiasi X-ray

Sinar matahari terutama pada pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, jika pada siang hari tentunya akan memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menyebabkan kanker kulit, sinar matahari juga tentunya dapat menyebabkan timbulnya radikal bebas. Hal ini tentunya dapat menyebabkan bahaya yang ada di dalam tubuh manusia. Terlebih jika tubuh manusia terkena paparan sinar matahari langsung di siang hari.

Pestisida

Zat yangs atu ini tentunya memiliki sifat polutan dimana bahan kimia beracun dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan juga lingkungan. Dalam hal ini pestisida dapat disebut sebagai sumber radikal bebas yang tentunya dapat menyebabkan adanya kerusakan di dalam tubuh. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh yang dapat memicu kerusakan pada sel, munculnya penyakit degeneratif akibat mutasi gen dan juga gangguan syaraf pusat.

Polusi Udara

Sumber radikal bebas tentunya dapat bersumber diantaranya asap rokok, industri, polusi kendaraan bermotor, pendingin ruangan, mesin fotocopy, dan juga makanan tidak sehat. Sumber radikal bebas tentunya berasal dari dalam tubuh seperti proses metabolisme dan juga respirasi sehingga dapat meningkatkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh.

Olahraga Berlebihan

Olahraga memang menjadi salah satu cara dalam untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Dalam hal ini jika olahraga memang dilakukan secara berlebihan tentunya akan membuat tubuh lebih membutuhkan suplai oksigen. Olahraga berlebih tentunya dapat meningkatkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh.

Radiasi

Sumber radikal bebas yang tentu dapat mempengaruhi tubuh manusia ialah radioterapi. Sumber radiasi ini tentunya dapat terjadi karena adanya kerusakan jaringan yang tentu dikarenakan ada radikal bebas.

Obat-Obatan

Sumber radikal bebas ini tentunya dapat disebabkan karena adanya beberapa jenis obat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk tekanan oksigen yang lebih besar. Bahan yang terkandung di dalam obat tentunya akan bereaksi dengan hiperoksia sehingga dapat mempercepat kerusakan di dalam tubuh manusia.

Produk Industri

Sebagian yang berasal dari produk industri dan juga yang banyak beredar di pasaran

Untuk itu, inilah saatnya bagi kita untuk tetap membatasi konsumsi bahan-bahan dan menghindari beberapa sumber di atas serta melindungi diri dari paparan sinar X-ray.

Ozon

Sinar ozon tentunya memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam hal ini tentunya Anda harus sebisa mungkin menghindari bahaya ozon untuk tidak terpapar pada tubuh Anda secara langsung. Dalam hal ini tentunya Anda dapat memakai pelindung kepala, wajah dan juga tubuh Anda sebaik mungkin.

Alkohol

Tentunya, jangan tanya lagi akan bahaya dan juga dampak buruk yang ditimbulka  oelh alkohol terhadap tubuh manusia. Alkohol memang menjadi sumber radikal bebas yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Untuk itu, jangan sampai Anda menjadi alcoholic jika tidak ingin mengalami dampak yang cukup buruk bagi tubuh Anda.

Dampak Radikal Bebas

Jika kita lihat dari sumber-sumber yang menyebabkan radikal bebas, tentunya dampak buruk dapat timbul dengan sendirinya. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh adanya keseimbangan antara antioksidan di dalam tubuh dengan kadar radikal bebas. Jika fungsi fisiologi dapat berjalan dengan sangat baik, tentunya harus adanya keseimbangan kedua komponen tersebut. Akan tetapi, jika kadar radikal bebas di dalam tubuh melampaui kemampuan tubuh dalam mengelolanya, akan kemungkinan besar bahwa kondisi ini kerap disebut dengan stres oksidatif (oxidative stress).

Radikal bebas memang bisa menyerang dan juga menyebabkan adanya kerusakan pada beberapa sel tubuh. Beberapa unsur yang tentunya dapat berdampak buruk pada tubuh diantaranya lipid, protein dan juga asam nukleat. Beberapa dampak buruk yang tentu dapat ditimbulkan oleh radikal bebas, diantaranya:

Stres oksidatif

Dampak buruk pertama yang tentunya diakibatkan oleh radikal bebas ialah stres oksidatif. Ini tentunya menjadi faktor utama yang menjadi penyebab adanya inflamasi seperti gangguan pernapasan, penyakit iskemik seperti jantung dan juga stroke, artritis, Alzheimer, preeklamsia, hipertensi dan juga berbagai penyakut lainnya yang dapat timbul kapan saja.

Kerusakan Sel Kulit

Selain stres oksidatif tentunya paparan sinar matahari berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang terdapat pada sel-sel kulit mati. Dalam hal ini radikal bebas tentunya dapat menyerang organ-organ dalam seperti paru-paru, jantung dan organ lainnya. Dalam hal ini radikal bebas yang ada pada rokok dapat berpeluang besar dalam menyerang sel paru-paru.

Kanker

Selain dapat menyerang organ bagian dalam, radikal bebas juga tentunya dapat menyebabkan tubuh seseorang terkena kanker dan juga aterosklerosis atau yang sering disebut dengan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan ini terjadi dari dua pembunuh utama yang tentunya dikaitkan karena adanya serangan radikal bebas secara tiba-tiba pada bagian tubuh tertentu.

Penuaan Dini

Tidak heran jika seseorang yang rentan berhubungan dengan sumber-sumber yang menyebabkan radikal bebas dapat mengalami terjadinya penuaan dini. Para peneliti mengatakan bahwa penuaan dini diakibatkan oleh adanya kerusakan sel yang sangat erat hubungannya dengan penuaan di dalam sel kulit.

Pencegahan Radikal Bebas

Bagaimanapun juga, radikal bebas memang bisa dicegah sebisa mungkin. Dalm hal ini radikal bebas memang berhubungan dengan gaya hidup yang kita jalankan sehari-hari. Beberapa pencegahan yang memang harus kita lakukan dalam menghindari radikal bebas memang terbilang cukup sulit. Namun, jika kita ingin benar-benar mencegah radikal bebas timbul pada tubuh kita, tentunya kita sebisa mungkin harus menjalankan beberapa tips dan juga cara sebagai berikut:

Pola hidup sehat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dalam hla ini tentunya pola hidup sehat dapat sedikitnya mencegah tubuh dari bahaya radikal bebas.

Jangan olahraga berlebih

Selain menerapkan pola hidup sehat, alangkah baiknya jika Anda juga tidak melakukan olahraga berlebih yang tentunya akan membuat kondisi tubuh Anda lebih parah lagi. Untuk itu, usahakan Anda untuk olahraga yang teratur, namun hindari olahraga yang berlebih. Hal ini dikarenakan olahraga berlebih dapat menyebabkan tubuh membutuhkan suplai oksigen yang cukup banyak.

Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur tentunya mengandung antioksidan yang cukup tinggi bagi tubuh manusia. Jika Anda mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan tentunya Anda dapat mencegah proses oksidasi yang ada di dalam tubuh.

Menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan juga tidak terpapar radikal bebas tentunya memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Dalam hal ini tentunya Anda dapat menerapkan tips dan juga cara-cara yang sudah kami sebutkan di atas. Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai radikal bebas pemicu penyakit kronis yang tentu harus Anda hindari sekarang juga. Semoga bermanfaat!

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply