data-ad-format="auto"

Tahap Penglihatan Bayi

Penglihatan merupakan keterampilan yang dipelajari dari mulai bayi anda lahir. Dengan stimulasi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan kemampuan penglihatan bayi. Sebelum anda memberikan stimulasi pada penglihatan bayi anda yang akan membantu dalam menggerakan bola mata, mengkordinasi kedua mata dan memfokuskan mata, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai tahapan penglihatan bayi sesuai dengan usia bayi anda.

Sebelum belajar meraih benda, merangkak atau duduk bayi anda terlebih dahulu memperoleh informasi dari apa yang dilihatnya. Kemampuan ini sangat mengagumkan karena dengan cara ini bayi anda lebih mengenai warna-warni dan mengenali wajah orangtuanya.

Berikut adalah tahap penglihatan bayi sesuai usia :

Baru Lahir

Pada saat bayi lahir memiliki daya penglihatan yang belum sempurna. Meskipun demikian bayi lebih menyukai melihat visual wajah ibu. Kemampuan bayi yang baru lahir hanya dapat melihat orang dan objek dengan jarak pandang 19,6cm-29,4 cm. Meskipun demikian ini sudah dapat mengenali anda ketika memberikan ASI dengan mengenali wajah. Perkembangan selanjutnya pada usia 6 minggu yang mampu mengenali objek atau bendayang dapat berpindah dari arah kanan atau kirinya. Stimulasi penglihatan pada bayi sebenarnya sudah mampu anda lakukan semenjak di dalam kandungan . Anda dapat memberikan paparan cahaya untuk dapat membantu merangsang bayi anda. Setelah lahir anda dapat menstimulasi dengan cara memberikan ASI karena kandungannya yang dapat membantu penglihatan yang baik terutama jaringan saraf retina bayi. (Artikel lainnya : Bayi Baru Lahir )

Usia 3-5 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah dapat fokus dan melihat pergerakan benda atau objek yang bergerak di kanan kirinya. Memasuki usia 4 bulan bayi anda akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pada usia 3 bulan deteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dari usia orang dewasa sehingga anda dapat meredupkan lampu sedikit lebih redup. Untuk melakukan stimulasinya anda dapat merangsang bayi anda dengan membuat kamar tidurnya penuh dengan warna ceria, dengan ini akan membantu dalam perkembangan penglihatan bayi anda. Jauhkan pula lampu malam sehingga dapat memberikan stimulasi optimal. Klik di sini---> Perkembangan Bayi

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Usia 6-10 Bulan

Pada usia 6 bulan penglihatan bayi anda memasuki tahap sempurna dikarenakan kemampuannya dalam melihat dengan jelasdan akurat untuk mengikuti objek atau benda yang bergerak. Pada usia ini mengalami kontrol gerakan mata dan kordinasi. Untuk memberikan stimulasinya anda mengenalkan mainan bayi dengan beranekaragam warna dan juga mengenalkan buku cerita dan juga dapat anda ajak untuk menikmati pemandangan.

Usia 11-18 Bulan

Kemampuan bayi anda sudah lebih berkembang, bayi sudah dapat melihat benda yang bergerak dengan cepat. Baru pada usia 15 hingga 18 bulan kemampuannya dapat berkembang dengan baik sama dengan penglihatan orang dewasa. Stimulasi yang dilakukan adalah dengan merangsang perkembangan mata-tangan dan tubuh bayi dengan bermain di lantai dan dorong untuk menggapai objek. Tempatkan mainan favoritnya sehingga dia meraih dan mengingatnya sambil melatih kemampuan merangkaknya.

Itulah tahapan penglihatan pada bayi yang dapat membantu anda untuk memberikan stimulasi pada bayi anda. Dengan mengenali tahapan penglihatan anda lebih mudah mengenali kondisi abnormal yang berhubungan dengan keterlambatan penglihatan bayi sesuai denga usia.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us