data-ad-format="auto"

Siapkan Kebutuhan Asam Folat Calon Ibu Hamil dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Menyiapkan kehamilan tidak hanya sekedar mental saja akan tetapi kebutuhan vitamin penting harus diperhatikan, salah satunya adalah asam folat atau vitamin B9. Bagi calon ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folat sangat penting karena akan berfungsi pada perkembangan otak janin dan mengurangi resiko bayi yang lahir cacat. Terkadang ibu hamil sering mengabaikan makanan yang mengandung asam folat, untuk itu kami menghadirkan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan asam folat bagi calon ibu hamil, ibu yang sedang mengandung dan ibu menyusui dengan kebutuhan yang berbeda.

Kebutuhan asam folat memiliki porsi harian yang berbeda pada ibu hamil membutuhkan 600 mcg setiap hari berbeda dengan wanita dewasa yang hanya membutuhkan 400 mcg sedangkan ibu yang sedang menyusui membutuhkan asam folat sebesar 500 mcg setiap harinya. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut anda dapat memenuhinya dengan makanan-makanan berikut :

Buah yang mengandung Asam Folat Tinggi

Walaupun pada dasarnya buah-buahan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan akan tetapi untuk jenis buah tertentu dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan asam folat harian.

  1. Alpukat, memiliki kandungan asam folat sebesar 90 mcg atau setara dengan 22% kebutuhan harian.
  2. Pepaya, kandungan asam folat dalam buah pepaya lebih tinggi dari alpukat yaitu sebesar 115 mcg.
  3. Jeruk, selain kaya kandungan vitamin C. Jeruk mengandung asam folat dalam satu butir kurang lebih 50 mcg, dengan kata lain apabila anda mengkonsumsi 2 buah jeruk telah memenuhi 100 mcg.
  4. Stroberi, satu cangkir jus stroberri mengandung 25 mcg asam folat. Sehingga anda dapat membuat dessert yang tidak membosankan dari buah stroberi yang berasa segar.
  5. Raspberi, kandungan dari satu cangkir rasbery mengandung 14 mcg meskipun kadarnya lemah akan tetapi anda dapat memenuhi kebutuhan harian dengan variasi bahan seperti raspberi

Sayuran yang mengandung Asam Folat

Tidak saja buah-buahan, sayuran memiliki kandungan asam folat yang tinggi bermanfaat dalam mempersiapkan kehamilan. Berikut adalah jenis sayuran yang baik dan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan asam folat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

  1. Bayam, sayuran hijau ini mengandung asam folat yang tinggi, dalam satu cangkirnya dapat menghasilkan 263 mcg.
  2. Asparagus, kandungan vitamin A,C dan K yang baik untuk kesehatan selain itu kandungan asam folat yang tiggi dalam secangkir asparagus yaitu 262 mcg
  3. Jagung, sayuran ketiga yang mengandung asam folat yang tinggi dalam satu cangkir jagung rebus dapat mengandung asam folat sebesar 76 mcg.
  4. Kentang,dalam kentang yang memiliki kualitas sedang mengandung 30 mcg akan tetapi perhatikan dalam cara mengolahnya kurangi asupan lemak dari minyak goreng yang terlalu banyak.

Makanan lain yang mengandung sumber asam folat

Anda dapat melengkapi cemilan dari makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, tentu saja makanan ini bukan makanan yang dihindari oleh sebagian wanita hanya saja konsumsinya kurang tinggi ketika mempersiapkan kehamilan, berikut adalah makanan yang mengandung asam folat :

  1. Roti dan Sereal, kandungan olahan yang mengandung asam folat tinggi adalah roti dan sereal. Dalam mencermati kandungan asam folat yang terdapat di dalamnya anda dapat membaca label yang biasanya terdapat di dalam kemasan. 
  2. Biji Bunga Matahari, dalam satu perempat cangkir terdapat kandungan asam folat sebanyak 82% mcg, selain itu cemilan ini mengandung serat yang alami bagi kesehatan.
  3. Hati Sapi, anda dapat memenuhi asam folat sebanyak 70% dari 100 gram hati sapi akan tetapi batasi dalam konsumsinya dikarenakan tidak baik bagi kehamilan.

Loading...

Follow us