Sejuta Manfaat Bawang Putih dari Anti Kanker Sampai Legakan Pernapasan

5/5 (1)

Baik pria maupun wanita anda mungkin sudah tidak lagi asing dengan bumbu masakan dapur yang satu ini bahkan mungkin bahan yang satu ini sering anda konsumsi dalam masakan sehari-harinya.

Tak heran karena bahan yang satu ini adalah salah satu penyedap dan pelengkap dalam setiap masakan. Dari mulai masaka tumis yang sederhana sampai dengan masakan hidangan utama yang rumit, bahan bawang putih tidak pernah absen menjadi salah satu bahan pelengkap yang membuat masakan semakin lezat dan semakin nikmat.

Jika sebagian orang dibuat senang dengan aroma dan rasanya yang khas dan begitu lezat. Sebagian lain mungkin mengalami hal yang berbeda. Ya, beberapa orang mungkin akan merasakan hal yang beda dengan masakannya ketika bumbu bawang putih tidak disertakan dalam masakan asin yang mereka buat.

Akan tetapi, sebagian lain justru dengan pantang menghindarkan bahan yang satu ini dari masakan yang mereka buat. Bahkan mungkin mereka akan menolak ketika bahan ini secara tidak sengaja terdapat dalam makanan yang mereka makan.

Ada beragam alasan yang dituai pada orang-orang yang tidak suka dengan bawah putih. Mulai dari aroma bawang yang tidak enak, menyengat, dampak bau badan yang akan ditimbulkan dari konsumsi bawang ini dan lain sebagainya.

Padahal sebenarnya ada begitu banyak manfaat baik yang terdapat dalam bumbu yang satu ini. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi secara rutin bawah putih adalah kebaikannya untuk kesehatan tubuh.

Tahukah anda, tertanya bawah putih sudah dipergunakan sejak jaman dahulu kala sebagai obat pencegah atau mengobati berbagai macam ancaman penyakit. Tak heran bila orang jaman dulu terlihat lebih kuat dan lebih segar dalam menjalani aktivitas sehari-harinya tanpa diganggu dengan banyak keluhan kesehatan lain.

Selain itu orang jaman dulu pada umumnya tidak terlalu “memanjakan” sakit yang menyerang mereka dengan sedikit-sedikit konsumsi obat-obatan atau pergi ke dokter. Ketika mereka mulai menyadari sesuatu mulai terasa tidak enak dengan tubuh mereka, maka mereka akan langsung memanfaatkan bawah putih sebagai “senjata” untuk memerangi penyakit yang dirasakannya.

Bahkan adapula orang yang menikmati bawang putih dengan langsung memakannya mentah-mentah, tanpa mengkhawatirkan bau napas mereka akan seperti apa. Hal ini pada umumnya dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau bentuk minyak. Nutrisi dan berbagai sifat obat dalam bawang putih adalah apa yang membuatnya begitu bermanfaat.

Nah, sebelum mengetahui manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh bawang putih bila dikonsumsi. Mari terlebih dahulu kita ketahui seperti apa saja kandungan nutirisi dalam bawang putih.

manfaat bawang putih

Kandungan Nutrisi Pada Bawang Putih

Terdapat segudang nutrisi yang mungkin belum anda ketahui yang terkandung dalam bawang putih. Nah dengan mengetahui kandungan nutrisi ini anda mungkin akan mulai berhenti mengolok-olok bahan ini sebagai bahan bumbu yang menjijikan.

Nah, kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin C, selenium, seng, mangan, vitam B6, kalsium dan fosfor.

Selain itu, khasiat dan manfaat dari bawang putih tercipta karena bahan ini memiliki beberapa zat bermanfaat salah satnya adalah Allicin. Senyawa ini digadang-gang menjadi zat paling penting yang memiliki kemampuan untuk membunuh mikroba, seperti kuman-kuman yang akan dapat menyebabkan timbulnya penyakit dalam tubuh. Dengan demikianlah ketika anda mulai merasakan gejala-gejala penyakit ringan yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri, bahan yang satu ini akan dapat anda gunakan sebagai penawar atau antikuman.

Bukan hanya itu, dalam bawang putih juga terkandung ajoene, allin dan senyawa lainnya yang diyakini berdampak baik untuk bisa melancarkan peredaran dalam darah, baik untuk pencernaan dan membantu menaikan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui dampak dari menurunnya sistem kekebalan tubuh adalah timbulnya beberapa penyakit termasuk penyakit kanker. Dengan demikian dalam kata lain bawah putih adalah salah satu obat yang bisa difungsikan untuk menghindarkan diri kita dari resiko kanker.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Antibakteri dan Antivirus

Manfaat bawang putih yang pertama yang paling terkenal adalah sifat antibakteri dan antivirus yang dimilikinya. Untuk itulah, bawang putih dapat bekerja dalam mengendalikan infeksi akibat adanya virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, bawang putih yang segar juga dapat diperkirakan untuk mencegah keracunan makanan dengan membunuh bakteri yang terkandung didalamnya, seperti bakteri E.coli yang berlebhan, Salmonella enteritidis dan jenis bakteri-virus lainnya.

Ilmu pengetahuan modern telah menunjukan bahwa bawang putih merupakan antibodi terbaik yang alami dan kuat meskipun memiliki spektrum yang luas. Namun untungnya bakteri tidak dapat berkembang menjadi resisten terhadap bawah putih ini, hal ini tentu tidak terjadi pada antibiotik farmasi modern yang banyak tersedia.

Mengobati Batuk

Karena kandungan sulfur yang dimiliki oleh bawang putih membuatnya memiliki aroma yang khas untuk meningkatkan dan mempercepat kerja membran dan mokus disaluran pernapasan yang mana kondisi ini akan dapat meningkatkan dan membantu bagian saluran pernapasan terutama dibagian tenggorokan menjadi lebih lega dan mempercepat pengeluaran lendir yang berada didalam saluran pernapasan.

Bawang putih yang mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit muncul dalam tubuh. Pada sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa bawang putih yan ditumbuk dan menghasilkan minyak akan dapat membunuh rhinivirus tipe 2. Perlu diketahui jenis virus ini adalah virus yang umumnya dapat menyebabkan sakit flu dan pilek. Selain itu, efek lain dari minyak bawang putih adalah membunuh 2 macam herpes yakni sebuah penyakit kulit yang sifatnya menular.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa penelitian lain juga mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki efek antioksidan yang baik yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang tersebar diudara dan luar ruangan yang sifatnya dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Kerusakan sel dalam tubuh akibat radikal bebas akan dapat menimbulkan penyakit kanker yang berbahaya yang sulit untuk diobati.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Bawang putih telah sejak dulu dipercaya oleh masyarakat daratan China, Yunani dan Mesir sebagai obat pelega pernapasan, merawat lelah, menghindarkan bronkitis dan penyakit pernapasan lainnya. Bahkan ramuan ini telah ada sejak ribuan tahun lamanya yang diyakini baik dalam memerangi masalah pernapasan diatas.

Untuk itulah mengingat manfaatnya yang baik untuk kesehatan, maka tidak ada alasan untuk tidak menyukai bumbu masakan yang satu ini. Selain aroma lezat dan menambah rasa lezat pada masakan, rupanya si kecil berwarna putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mulai saat ini tidak ada salahnya jika anda menyertakan bawang putih dalam masakan yang dibuat untuk keluarga untuk membuat mereka agar terhindar dari paparan penyakit karena kandungannya yang baik dalam meningkatkan antibodi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat yang baik dari bawang putih untuk kesehatan dan organ pernapasan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah dengan mudah.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply