Sehatkah Menggunakan Wajan Anti Lengket?


Kandungan Bahan Kimia dalam Wajan Anti Lengket

Lapisan anti lengket atau polytetrafluoroetylene (PTFE) banyak anda temukan di beberapa alat memasak anda seperti kuali,penggorengan dan penanak nasi.Penggunaan lapisan anti lengket dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan margarin dan minyak goreng, selain itu wajan anti lengket menjadi favorit karena sangat mudah dibersihkan. Zat kimia yang terkandung pada wajan anti lengket adalah berbagai logam termasuk mercury yang diduga mengandung zat kanker, karsinogen. Penelitian menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terkandung di dalam wajan anti lengket yaitu Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau Perfluorooctanoic (PFOA) dalam produsi mengganggu lingkungan. Kandungan PCFS atau perfluorocarbons yang terdapat pada wajan anti lengket dapat meningkatkan resiko kerusakan hati dan juga masalah pertumbuhan. Penelitian menemukan wanita dengan tingkat bahan kimia tinggi yang masuk di dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesuburan, meskupin resio akan lebih tinggi pada pria karena mudah terpapar dibanding wanita. Selain itu juga kadar tinggi PFC akan mengakibatkan wanita cepat mengalami menopause, kolestrol jahat memungkinkan lebih tinggi masuk ke dalam tubuh untuk anda yang menggunakan wajan ati lengket ketika memasak.

Cara Aman Menggunakan Wajan Anti Lengket

Sebenarnya wajan anti lengket yang berbahaya adalah ketika wajan anti lengket anda telah terkelupas sehingga memungkinkan bahan kimia yang terkandungnya bercampur dengan masakan anda, jadi untuk anda jangan cemas jika anda memiliki wajan anti lengket, wajan anda tidak mengalami kerusakan. Kerusakan pada wajan anti lengket bisa terjadi karena anda menggunakan spatula metal, dicuci dengan sabut yang kasar, memasak dalam panas yang tinggi dan dijadikan tempat untuk menyimpan makanan olahan. Anda bisa menggunakan wajan anti lengket anda dengan aman, jaga selalu permukaan wajan hingga tidak mengelupas karena jika sudah mengelupas akan membahayakan kesehatan anda, berikut cara yang aman menggunakanya :

1.  Cuci Tanpa Sabun

Ketika pilihan anda tertuju pada wajan anti lengket, pasti karena manfaat yang diberikan dari wajan anti lengket yang memudahkan anda untuk memasak dan juga mudah dibersihkan. Anda disarankan untuk menggunakan tangan atau bahan halus dalam membersihkannya agar bahan kimia tidak membahayakan anda ketika sedang memasak.

2.  Spatula kayu dan silikon

Penggunaan spatula berbahan metal membahayakan wajan anti lengket anda, dengan spatula metal akan membuat lapisan anti lengket tergores, PFC akan bercampur dengan masakan anda. GUnakan  spatula bahan kayu atau silikon, menjadi pilihan tepat anda.

3.  Kurangi panas

Menggunakan wajan anti lengket dengan keadaan yang kosong dan panas yang tinggi akan berbahaya, PFC akan menguap ke udara dan membentuk gas yang beracun. Untuk mencegahnya gunakan panas yang normal ketika anda memasak.

4.  Pilih tanpa PFC

Anda dapat memilih wajan anti lengket di pusat perbelanjaan tanpa kandungan PFC, sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk anda yang masih khawatir dengan wajan anti lengket anda dapat memilih jenis wajan lain seperti wajan besi, meskipun tidak memberikan manfaat seperti wajan anti lengket akan tetapi aman untuk keluarga anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel