data-ad-format="auto"

Sehat Manakah Daging Ayam Kampung Atau Ayam Negeri?

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian besar orang menyukai daging ayam. Pasalnya, daging ayam termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dengan mudah bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang sangat lezat. Selain itu, daging ayam menjadi salah satu jenis sumber protein terbaik dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan denga daging kambing atau sapi.

Dalam memilih jenis daging ayam tentunya kita akan dihadapkan pada dua pilihan  yaitudaging ayam negeri dan juga daging ayam kampung. kedua jenis ayam tersebut tentunya memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang berbeda. Dari pilihan tersebut tentunya kita akan berpikir jenis ayam manakah yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang paling baik. Untuk mengetahuinya, yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

 Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Jika kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan kandungan gizi dan juga nutrisid ari ayam kampung dan juga ayam negeri. Alangkah baiknya jika kita menjelaskan terlebih dahulu mengenai keduanya. 

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Ayam Negeri

Jenis ayam ini dikenal dengan sebutan ayam broiler (ayam pedaging). Saat ini banyak sekali orang yang mulai melirik usaha dari peternakan ayam pedaging karena keuntungan yang cukup tinggi dan juga dengan waktu yang cukup singkat. Pada umumnya, ayam negeri yang berusia 1 bulan sudah memiliki ukuran yang sama dengan ayam kampung yang sudah berusia 3 bulan/

Ayam broiler ini tentunya memiliki kecenderungan pertumbuhan yang cepat dengan tubuh yang lebih tebald an juga lebih gemuk dibandingkan dengan ayam negeri. Jika dibandingkan dengan ayam kampung, faktor gaya hidup dari ayam broiler ini sangatlah berbeda. Dikarenakan tinggal di peternakan, maka aktivitas yang bisa dilakukan oleh ayam negeri ini hanya makan dan juga tidur sehingga tubuh ayam negeri kurang bergerak dengan baik. Aktivitas ini sangatlah berbeda dengan ayam kampung dimana ayam kempung memiliki aktivitas yang lebih seperti berkeliling di sekitar rumah pemilik bahkan ke beberapa tempat yang diinginkan.

Untuk bentuk tubuh, ayam negeri memiliki kulit yang lebih mengkilap dan juga lebih rapuh. Sedangkan pada bagian ekor dan juga leher sangat kaya akan lemak. Unukl tekstur dan juga warna daging ayam ini cenderung lebih cerah, terang dan juga berwarna putih. Keempukan daging ayam negeri akan lebih terasa jika ditekan dan akan lebih matang dengan mudah jika direbus.

Manfaat Daging Ayam Negeri

Meskipun memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan ayam kampung, namun tetap saja ayam negeri memiliki manfaat terutama kandungan yang terdapat pada telur ayam. Berikut ini beberapa manfaat dari ayam negeri, diantaranya:

Sebagai sumber vitamin

Sama halnya dengan ayam kampung, ayam negeri juga memiliki vitamin yang cukup banyak. Di dalam ayam negeri setidaknya terdapat sekitar 7 jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, B, B6, B12, K dan juga asam folat. ketujuh jenis vitamin ini memang sangat baik untuk kesehatan dan memenuhi kebutuhan harian Anda.

Mencegah kerusakan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam mata tentunya bisa meningkatkan kesehatan mata dan juga penglihatan Anda. Terutama di dalam telur ayam negeri yang berasal dari zat karotenoid yang berisi karotenoid zeaxanthun dan lutein. Kedua zat tersebut tentunya untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada mata seperti penglihatan yang kabur, katarak dan kerusakan pada retina. Selain itu, daging ayam negeri juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi mata.

Pembentukan masa otot

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda ambil dari mengonsumsi daging ayam negeri terutama pria ialah untuk pembentukan masa otot. Namun, pembentukan masa otot akan lebih sempurna jika diimbangi dengan olahraga yang teratur. dengan kandungan protein yang ada di dalam ayam negeri tersebut tentunya bisa membuat otot menjadi lebih mduah terbentuk.

Manfaat untuk jantung

Telur ayam negeri yang biasa Anda konsumsi sehari-hari tentunya memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung serta mengatur keseimbangan kardiovaskular. Salah satu kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada daging dan juga telur ayam negeri memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Mengurangi risiko radang persendian

Daging ayam dengan kandungan mineral yang cukup tinggi yang dinamakan dengan selenium ini tentunya bisa membantu Anda untuk mencegah peradangan radang sendi terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Dengan konsumsi daging ayam negeri tanpa kulit tentunya memiliki potensi yang lebih besar dalam mengurangi radang pada persendian.

Niacin untuk mencegah kanker

Nikmatnya daging ayam negeri dengan tekstur daging yang empuk ternyata mengandung niacin. Senyawa ini merupakan salah satu bagian dari vitamin B. Kandungan niacin yang terdapat di dalam ayam negeri tentunya dapat digunakan sebagai sumber utama dalam mencegajh kanker serta menghindari kerusakan pada sel DNA sebagai penyebab kanker.

Menjaga kekuatan gigi

Selain kekuatan tulang dan juga pembentukan masa otot, daging ayam negeri juga memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan gigi. kandungan kalsium dan juga zat fosfor yang terdapat di dalam daging ayam tersebut tentunya dapat membantu memperkuat gigi hingga tua nanti.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi  daging ayam negeri. Namun, pastikan pula Anda mengonsumsi daging ayam negeri tersebut dengan porsi dan juga takaran tertentu. Jangan sampai Anda mengonsumsi daging ayam dengan porsi yang berlebih.

Ayam Kampung

Tidak sedikit pula orang yang lebih memiliki mengonsumsi daging ayam kampung dibandingkan dengan daging ayam broiler. Ayam kampung lebih dikenal dengan sebutan 'Pitik Jawa' ini memiliki pemeliharaan yang lebih alami dibandingkan dengan ayam broiler. Hal ini terbukti dari ayam kampung yang tidak diberikan suntikkan hormon atau vaksin serta tanpa bahan kimia apapun. Semua pemeliharaan dari ayam ini memang masih benar-benar alami.

Pada umumnya, ayam kampung dimiliki oleh perseorangan tanpa lingkungan ternak yang khusus seperti ayam negeri. AKan tetapi, ada juga sebagian orang yang memelihara jenis ayam kampung dengan lingkungan peternakan. Tidak seperti ayam negeri, ayam kampung lebih cenderung bergerak bebas dan akan dilepas dari kandang bahkan ayam kampung cenderung mencari makan sendiri.

Untuk hal rasa, ayam kampung cenderung memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dnegan ayam broiler. Dengan tekstur yang alot menandakan bahwa tumpukan daging yang cukup banyak di dalam tubuh ayam kampung. Hal ini tentu berbeda ketika Anda menjumpai ayam negeri dimana dengan tekstur yang lembut dan empuk, namun memiliki daging yang lebih sedikit.

Untuk bentuk tubuh, ayam kampung lebih memiliki bentuk tulang yang lebih panjang, memiliki daging yang tidak tebal dan cenderung kurus. Sedangkan untuk warna daging kurang cerah dibandingkan dengan ayam negeri. Memiliki tulang yang lebih kerasbdengan daging yang alot. Dalam memasak ayam kampung ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan merebus daging ayam negeri.

Meskipun daging yang cenderung alot, namun ayam kampung memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan ayam negeri, diantaranya:

Meningkatkan nafsu makan

Meskipun hanya sebagian kecil yang lebih memiliki ayam kampung, namun ayam kampung lebih menggoda dalam hal rasa dan jenis olahan makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam tulang lunak dan juga kari ayam.

Baik untuk pertumbuhan anak

Dibandingkan dengan ayam negeri, ayam kampung lebih dianjurkan diberikan kepada anak dalam masa pertumbuhan. Ayam kampung berperan untuk menjaga kesehatan tulang anak dan ukuran tulang kaki sehingga si kecil akan tinggi.

Menguatkan tulang

Selain untuk pertumbuhan anak, ayam kampung juga sangat bermanfaat bagi Anda sebagai asupan makanan dalam menguatkan tulang. Mengonsumsi protein hewani terutama ayam kampung justru akan menambah berat badan Anda.

Mengatur kolesterol

Dikarenakan kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam negeri. Maka, tidak heran jika ayam kampung lebih cocok bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yanng cukup tinggi di dalam darah. Dengan kandungan lemak yang lebih sedikit, maka Anda dapat dengan mudah mengatur kadar kolesterol di dalam darah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ayam kampung lebih mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh dibandingkan dengan ayam negeri. Hal ini dikarenakan kanduangan mineral yang terdapat di dalam ayam kampung memang lebih banyak sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Mengurangi rasa stres

Stres memang akan datang kapan saja dalam kondisi serta situasi apapun. Terlebih bagi wanita yang sedang menstruasi dimana memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Dengan mengonsumsi ayam kampung, maka tingka stres tersebut dapat diatasi dengan cukup baik.

Dianjurkan untuk penderita anemia

Kandungan zat besi yang lebih tinggi pada ayam kampung memang sangat membantu. Selain kandungan mineral yang cukup tinggi, ayam kampung juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Kotoran untuk pakan ikan

Tidak hanya sebagai pupuk, kotoran ayam kampung juga memiliki manfaat sebagai pakan ikan. Hal ini tentunya dinilai cukup aman karena ayam kampung tidak mengonsumsi obat-obatan dan juga zat kimia serta pestisida yang cukup berbahaya sehingga terbilang aman sebagai pakan ikan.

Daging lebih berisi

Dibandingkan dengan ayam negeri, daging ayam kampung lebih berisi dan juga tidak lembek. Hal ini terbukti dari meskipun harus direbus lebih lama, namun daging ayam kampung tidak menyusut dan menjadi kecil seperti ayam negeri.

Kaldu ayam lebih nikmat

Banyak yang belum mengetahui akan rasa kaldu dari ayam kampung ini. Namun, jika Anda pernah mencoba air kaldu rebusan dari ayam kampung ini, dijamin Anda akan ketagihan untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan kandungan obat-obatan dan juga pestisida pada ayam kampung memang tidak ada.

Protein lebih tinggi

Kandungan protein yang terdapat di dalam ayam kampung memmang lebih tinggi yakni sekitar 37,9 dibandingkan dengan ayam negeri yang hanya memiliki kandungan protein sebanyak 37. Tingginya kandungan protein yang dengan 19 jenis asam amino tentunya memiliki peran yang sangat baik untuk tubuh.

Lemak lebih sedikit

Tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan lemak yang ada pada ayam kampung memang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam negeri. Inilah mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi ayam kampung dibandingkan dengan ayam negeri. Tidak dapat dipungkiri bahwa kadar lemak yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit.

Kandungan toksin lebih sedikit

Tidak seperti ayam negeri yang diberikan vaksin dan juga obat-obatan dengan bahan kimia. Ayam kampung justru memiliki kandunga toksin yang lebih sedikit. Jika pada ayam negeri diberikan suntikan hormon, pestisida dan antibiotik untuk melawan kuman. Untuk ayam  kampung sendiri tidak memerlukan jenis antibiotik tersebut karena memiliki sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Gizi Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Meskipun memiliki perbedaan dalam hal kebiasaan hidup dan juga lingkungan. Namun, sebenarnya kandungan gizi yang terdapat di dalam ayam negeri memang sangat diperlukan untuk pemenuhan asupan gizi dan juga nutrisi kita sehari-hari. Ayam negeriu memiliki kandungan protein, vitamin ( vitamin A dan vitamin B) serta mineral ( zat besi, fosfor, zinc, kalium, kalsium dan tembaga).

Hal yang membedakan kandungan gizi ayam kampung dengan ayam broiler yakni kandungan lemak yang ada di keuda jenis ayam tersebut.

Ayam Negeri (Broiler)

Energi = 295

Protein = 37

Lemak = 14,7

Ayam Kampung

Energi = 246

Protein = 37,9

Lemak = 9

Jadi dapat disimpulkan bahwa ayam, negeri dan juga ayam kampung memang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang sama. Hanya yang membedakan dari kedua jenis ayam ini ada pada kandungan lemak dimana ayam negeri memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam negeri. Tidak heran jika banyak orang yang sering mengonsumsi daging ayam broiler ini cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih besar.

Kandungan lemak yang lebih besar pada ayam negeri tentunya tidak bisa lepas dari berbagai suntikkan hormon ketika di peternakan. Nah, suntikkan hormon yang diberikan kepada ayam broiler ini memiliki potensi kandungan lemak pada ayam ini memang lebih besar. Sedangkan, kulit ayam broiler memang lebih tebal, kandungan lemak yang terdapat di dalam kulit ayam broiler ataupun ayam kampung memang lebih besar. Setidaknya memiliki kandungan kalori lebih besar dibandingkan daging tanpa kulit.

Manakah Daging Yang lebih Sehat?

Dari kedua jenis ayam tersebut tentunya kita sudah bisa memastikan jenis ayam manakah yang lebih sehat. Meskipun kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada di dalam kedua jenis ayam ini sama, namun tentu terdapat perbedaan dalam tingkat kesehatannya. Kedua jenis ayam tersebut memang sumber protein yang terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, dikarenakan proses pemeliharaan dan juag perawatan yang berbeda, maka berbeda pula akan tingkat kesehatan pada kedua jenis ayam tersebut.

Seperti halnya suntik hormon dan juga antibiotik yang dilakukan kepada ayam negeri. Maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya sehingga daging ayam negeri cenderung lebih berbahaya. Beberapa jenis hormon yang disuntikkan kepada ayam negeri diantaranya hormon steroid berupa progesteron, testosteron dan estrogen. Sedangkan untuk manusia, jenis hormon tersebut dibutuhkan untuk mengatur dan menyeimbangkan hormon pada sistem reproduksi. Maka dari itu, mengonsumsi daging yang mengandung hormon bisa berdampak buruk pada kesehatan sistem reproduksi.

Setelah kita mengetahu masing-masing karakter dari kedua jenis ayam tersebut. Tentunya sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan kembali akan jenis daging ayam manakah yang akan Anda konsumsi. Meksipun kedua jenis ayam tersebut memiliki manfaat yang sama, namun tetap saja Anda harus harus memilih satu jenis ayam yang akan sering Anda konsumsi. Hal ini tentunya untuk kebaikan dan juga kesehatan tubuh Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us