Sedang Ngidam? Tidak Semua Keinginan Harus Terpenuhi Loh Mom!

Ngidam tentunya sebuah istilah yang merujuk pada kondisi dimana seorang wanita yang sedang hamil menginginkan sesuatu yang mungkin belum ia rasakan dan belum dijumpai sebelumnya. Kehamilan dan juga ngidam tentunya menjadi dua hal yang tidak dapat kita pisahkan. Ketika sedang hamil tentunya keinginan yang aneh akan datang dengan sendirinya. Tidak heran jika keinginan soal makanan dan juga benda apapun menjadi hal yang paling istimewa. Akan tetapi, ketika sedang ngidam, makanan atau benda yang diinginkan pun tidak jarang menjadi sebab yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Ngidam memang menjadi hal yang tidak aneh dan juga tidak jarang terjadi pada ibu hamil.

Ngidam memang identik dengan keinginan ibu hamil yang tidak rasional sama sekali. Hal ini dikarenakan terkadang keinginan yang tidak masuk akal. Ngidam terjadi pada ibu hamil mulai dari menginjak trimester pertama. Bahkan ngidam menjadi sebuah keinginan bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan dengan baik. Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil yang ngidam namun tidak terpenuhi, akan menyebabkan beberapa dampak buruk pada bayinya.

Tentunya, ngidam memang terbilang wajar mengingat perubahan hormon dan emosional yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon ini tentunya akan menyebabkan perubahan keinginan pula pada ibu hamil. Pastinya, perubahan hormon ibu hamil akan lebih sensitif termasuk pada keinginan ibu hamil yang selalu ingin diperhatikan. Lantas, benarkah semua keinginan saat ngidam harus dipernuhi?

Ngidam menjadi hal yang wajib untuk dipenuhi jika keinginan tersebut memang wajar-wajar saja. Akan tetapi, jika keinginan tersebut kurang wajar bahkan dapat membahayakan kesehatan dan juga perkembangan janin. Maka, jangan jadikan ngidam sebagai sesuatu yang harus dipenuhi saat itu juga. Jika ibu hamil menginginkan makanan dan juga minuman, pilihlah makanan dan juga minuman yang memang tidak dilarang untuk ibu hamil. Makanan yang diinginkan oleh ibu hamil tentunya harus dikontrol terlebih dahulu, jangan sampai berlebihan yang nantinya tidak baik untuk kesehatan Anda. Menahan setiap keinginan tentunya menjadi hal yang harus Anda lakukan. Faktanya memang bahwa ibu hamil membutuhkan gizi dan juga nutrisi yang  bervariasi dan memang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika ibu hamil menginginkan makanan yang tidak sehat, alangkah baiknya ibu menyugestikan diri supaya ngidam jenis makanan dan minuman yang sehat dan tidak kalah lezatnya dengan menu makanan lainnya.

Untuk contohnya, ketika ibu hamil sedang hamil dan juga ngidam es krim atau makanan lainnya. Lebih baik Anda alihkan perhatian Anda kepada yogurt beku atau jus buah segar. Tentunya, rasa yang dihasilkan akan lebih sehat dan rasanya tidak kalah enak dengan es krim.  Jika Anda ingin makanan dan juga minuman yang manis, tentunya Anda dapat mensiasati dengan mengonsumsi roti gandum, sereal, dan juga biskuit yang tentu lebih sehat untuk Anda.

Selain itu, ibu hamil juga perlu tahu bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki gizi dan juga nutrisi akan menimbulkan efek negatif bagi ibu hamil. Tentunya, ketika kita sedang hamil dan juga ngidam, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jangan terus berpikir dan terlibat dalam mitos yang ada dimana ketika tidak dituruti kemauan dan keinginannya, maka akan membuat anak menjadi ngiler. Hal ini tentunya tidak ada hubungannya sama sekali. Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai ngidam dan juga fakta yang ada didalamnya. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel