Ingin Makan Seblak? Buat Seblak Sayuran di Rumah dengan Resep Ini

Ingin Makan Seblak? Buat Seblak Sayuran di Rumah dengan Resep Ini -Seblak merupakan jajanan yang banyak digemari. Mengapa tidak, aneka bahan isian dengan bumbu yang gurih sangat memanjakan lidah. Bahkan saat ini kita bisa dengan mudah menemukan pedagang seblak karena banyaknya minat akan sajian yang satu ini.

Saat ingin makan seblak, sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena resepnya sederhana dan cara membuatnya mudah. Dengan membuatnya sendiri di rumah anda bisa menggunakan bahan-bahan sesuai selera dan tentunya lebih sehat. Jika ingin sajian seblak yang anda buat lebih sehat, anda bisa menambahkan aneka sayuran sesuai keinginan.

Yuk simak resep dan cara membuat seblak sayuran yang lezat dan nikmat di bawah ini.

Resep Seblak Sayuran

Resep dan Cara Membuat Seblak Sayuran

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 butir telur
  • 100 gram kerupuk
  • 200 gram kol
  • 1 buah paha ayam
  • 3 batang caisim
  • 50 gram krecek
  • 300 ml air
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang
  • Minyak goreng secukupnya
  • ¾ sdt gula pasir
  • Garam secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 4 buah cabai merah besar, silakan dibuang bijinya
  • 2 butir bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 2 siung bawang putih

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Pertama-tama, silakan ambil sayuran yang sudah anda sediakan. Lalu cuci hingga bersih di bawah air yang mengalir. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, silakan iris tipis kol dan potong caisim dengan ketebalan 2 cm.
  3. Kemudian daun bawang silakan diiris-iris dengan ketebalan 1 cm.
  4. Bersihkan paha ayam yang sudah anda sediakan di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih. Jika sudah, rebus ayam hingga matang.  Lalu suwir-suwir ayam yang sudah matang tersebut.
  5. Lalu haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa memanfaatkan blender untuk menghaluskan bumbu agar lebih praktis.
  6. Ambil kerupuk yang telah anda sediakan. Lalu rendam dengan menggunakan air bersih.

Cara Membuat Seblak Sayuran

  1. Jika semua bahan dan bumbu siap, sekarang anda bisa langsung membuat sajian seblak sayuran. Silakan ambil wajan yang akan anda gunakan untuk membuat seblak. Lalu masukan minyak goreng secukupnya saja. Panaskan minyak tersebut dengan menggunakan api sedang.
  2. Setelah minyak panas, anda bisa memasukan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk bumbu hingga tercampur dengan merata dan mengeluarkan aroma harum.
  3. Setelah seperti itu, anda bisa menyisihkan bumbu seblak ini di pinggir wajan. Lalu masukan telur ke dalam wajan. Aduk-aduk telur hingga merata dan berbutir. Campurkan dengan bumbu, aduk lagi hingga merata.
  4. Langkah berikutnya, silakan masukan suwiran ayam ke dalam wajan. Aduk-aduk lagi hingga tercampur dengan merata.
  5. Kemudian masukan potongan caisim dan irisan kol ke dalam wajan. Aduk-aduk lagi hingga merata dan layu.
  6. Selanjutnya silakan masukan kerupuk yang sudah anda rendam dengan menggunakan air. Anda bisa memasukan kerupuk bersamaan dengan krecek. Aduk-aduk hingga tercampur merata dengan bumbu dan bahan yang lainnya.
  7. Setelah seperti itu, anda bisa langsung membubuhi bumbu. Masukan bumbu seperti merica bubuk, garam dan gula pasir. Aduk-aduk lagi hingga merata dan bumbu menjadi larut.
  8. Berikutnya silakan tuangkan air ke dalam seblak. Aduk merata dan masak hingga semua bahan matang dan bumbunya meresap.
  9. Setelah seblak sudah matang, anda bisa menaburinya dengan menggunakan daun bawang. Aduk-aduk lagi hingga tercampur merata.
  10. Terakhir, anda bisa mengangkat dan menyajikannya pada tempat saji yang sudah andan sediakan.

Sajian seblak sayuran sudah selesai dibuat. Tambahan sayuran akan membuat sajian seblak yang anda buat lebih sedap dan tentunya sehat. Anda bisa menambahkan aneka sayuran lainnya sesuai dengan selera agar sajian seblak yang anda buat lebih beragam dan nikmat. ( Resep seblak enak lainnya di sini : Selerasa.com )

Perhatikan Konsumsi Makanan Pedas

Resep Seblak Sayuran

Makanan bercita rasa pedas memang sangat disukai banyak orang. Mereka lebih berselera makan saat ada hidangan pedas yang melengkapinya. Untuk anda pecinta pedas, sebaiknya anda jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan pedas. Anda bisa secukupnya saja mengonsumsi makanan pedas untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan. Apabila sensasi pedas anda konsumsi dengan pas, maka akan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Lain halnya jika konsumsinya dilakukan dengan berlebihan, yang ada justru akan berbahaya untuk kesehatan. Nah, berikut beberapa efek samping terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Sakit Perut

Untuk anda yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag, maka mengonsumsi makanan pedas akan dapat menyebabkan asam lambung naik. Pasalnya, mengonsumsi terlalu banyak cabai akan menyebabkan dinding lambung anda mengalami iritasi. Dimana kondisi inilah yang akan memicu asam lambung naik dengan cepat. Itulah kenapa setelah mengonsumsi makanan pedas perut anda akan terasa sakit.

Mulas

Setelah mengonsumsi makanan pedas, beberapa orang mungkin akan mengalami perut mulas. Hal ini disebabkan karena makanan pedas akan dapat membuat gerakan pada usus lebih cepat sehingga akan menyebabkan masalah diare. Ketika anda mengonsumsi makanan bercita rasa pedas hingga usus besar, maka efek iritasi akan anda rasakan secara langsung. Air yang lebih banyak akan dikirimkan tubuh ke usus, sehingga feses akan menjadi lebih mudah keluar dari susu besar.

Refluks Asam

Efek samping mengonsumsi makanan pedas terlalu sering yaitu dapat menyebabkan refluks asam. Ini merupakan kondisi dimana isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Dengan kondisi ini akan dapat menyebabkan sensasi panas seperti terbakar yang bisa dirasakan di saluran kerongkongan. Masalah refluks asam akan dapat memicu GERD, kerongkongan terluka, serta atypical syndrome yang tentunya akan menghambat aktivitas anda sehari-hari.

Maag Akut

Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak atau terlalu sering juga akan dapat menyebabkan permukaan lambung rapuh, efeknya lambung akan mudah terluka. Sehingga dengan begitu, mengonsumsi makanan bercita rasa pedas terlalu banyak akan dapat menyebabkan maag akut atau gastritis yang disebabkan karena peradangan yang terjadi di lapisan lambung. Adapun gejala dari penyakit ini yaitu perut kembung, muntah dan diare.

Sensitivitas Lidah Berkurang

Jika mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka akan dapat menyebabkan berkurangnya sensitivitas lidah ketika mengecap rasa. Apabila sensitivitas lidah berkurang, maka lidah tidak akan dapat berfungsi dengan optimal.

Insomnia

Siapa sangka, ternyata mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak juga akan dapat menyebabkan insomnia. Dimana ketika anda mengonsumsi makanan pedas, maka tubuh anda suhunya akan meningkat. Karena hal inilah tubuh anda akan mengeluarkan keringat saat makan makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas akan bisa menyebabkan perut terluka dan hormon kimia yang akan membuat anda terjaga saat malam hari akan menjadi aktif. ( Lihat juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak? )

Mengonsumsi makanan pedas boleh-boleh saja dilakukan. Namun, saat mengonsumsi makanan pedas sebaiknya anda jangan berlebihan. Untuk menghindari beberapa efek samping di atas, anda sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan.

 

 

Leave a Reply