data-ad-format="auto"

Seberapa Pentingkah Asam Folat Untuk Ibu Hamil?

Selama hamil seorang wanita membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan, kondisi janin didalam kandungan ibu membutuhkan asupan ini guna menunjang tumbuh kembang yang terjaga dengan baik dalam kandungan ibu. Oleh karenanya, tidak heran bila ibu hamil akan dituntut untuk mendapatkan banyak asupan dari makanan yang bergizi.

Oleh karenanya, memperhatikan asupan makanan selama masa kehamilan menjadi syarat penting yang wajib dilakukan oleh para ibu hamil. Nah, berbicara mengenai asupan makanan kedalam tubuh ibu hamil tentunya tidak sembarang makanan boleh anda konsumsi. Selain itu, tidak pula semua makanan memiliki kandungan gizi yang sama yang dibutuhkan ibu hamil. Baca juga: Olahraga Saat Hamil Untuk Lindungi Anak dari Penyakit Jantung

Dari serangkaian banyak makanan yang mengandung gizi yang baik untuk kehamilan. Salah satu kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah asupan asam folat. Sumber nutrisi ini menjadi asupan penting yang dibutuhkan ibu hamil demi menunjang kesehatan bayi dan janin yang dikandungnya.

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat merupakan vitamin B yakni vitamin B9. Fungsi dari asam folat akan membantu tubuh menghasilkan produksi sel-sel baru didalam tubuh yang sehat. Asam folat dan folat adalah dua hal yang sama. Dimana folat akan ditemukan secara alami pada beberapa jenis makanan. Kebanyakan wanita tidak mendapatkan kebutuhan asam folat dengan baik melalui makanan.

Pada umumnya semua wanita membutuhkan asupan asam folat. Hanya saja, dalam hal ini ibu hamil atau mereka yang merencanakan kehamilan akan membutuhkan asupan ini dengan baik. Terutama untuk ibu hamil mereka akan sangat membutuhkan asupan vitamin ini dalam tubuhnya dengan baik.

Seberapa Pentingkah Asam Folat Untuk Ibu Hamil?

Untuk ibu hamil kehadiran bayi dalam kandungan membuat mereka membutuhkan asupan asam folat dalam tubuhnya dengan baik. Hal ini mengingat fungsi dari asam folat dalam tubuh adalah membantu pembentuk sel-sel baru yang sehat. Dimana tentunya hal ini akan dibutuhkan janin untuk menunjang tumbuh kembangnya dengan baik.

Sebaliknya, kekurangan asam folat pada tubuh ibu hamil akan mengakibatkan kondisi berbahaya. Baik untuk tubuh ibu maupun janin dalam kandungannya. Lantas seperti apa bahaya kekurangan asam folat? Mari simak dibawah ini.

Bahaya Kekurangan Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Wanita terutama ibu hamil yang mengalami kekurangan asam folat didalam tubuhnya akan mengalami resiko yang cukup besar. Terutama bayi dalam kandungan ibu. Hal ini dikarenakan dalam rahim si kecil akan membutuhkan beberapa asupan penting dari nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya dengan baik. Kekurangan asam folat akan mungkin menyebabkan masalah dapat terjadi. Diantaranya adalah:

Resiko Cacat Bawaan Otak dan Tulang Belakang

Salah satu resiko pertama yang mungkin dialami oleh bayi yang mengalami kekurangan asam folat dari ibunya adalah resiko cacat bawaan otak. Hal ini akan sangat berbahaya untuk si kecil. Apalagi untuk tumbuh kembang mereka saat besar nanti. Kondisi ini juga disebut dengan Neural Tube Defect (NTDs).

Jadi demikian, pastikan untuk memperhatikan masalah ini dengan baik. Jangan sampai buah hati anda berada dalam resiko penyakit berbahaya karena ibu kurang mencukupi kebutuhan ini dengan baik.

Cacat Lahir

Resiko lain yang akan mungkin dihadapi oleh si buah hati yang mengalami kekurangan asam folat adalah resiko cacat lahir. Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk memenuhi kebutuhan asam folat anda dengan baik.

Bella Julianti
Author: Bella Julianti
Hobi membaca dan seringkali mendapatkan banyak inspirasi dari bacaannya. Menjadi penulis sejak 5 tahun yang lalu dan senang dengan segala macam topic yang baru, termasuk hal-hal menarik tentang kesehatan, kecantikan dan masih banyak lagi. Menulis adalah media terbaik mengekspresikan banyak hal dari banyak sudut pandang. Itulah mengapa, belajar dan terus mengasah kemampuan tak pernah ada habisnya.

Artikel ini di supervisi oleh Bidan Pevi Revina STr.Keb

Follow us