data-ad-format="auto"

Sayangi Organ Pernapasan, Begini Cara Ampuh Hentikan Kebiasan Merokok

Indonesia merupakan salah satu negara penyuplai tembakau dunia dan sudah banyak di ekspor ke luar negeri.

Selain itu, salah satu pendapatan negara terbesar salah satunya didapat dari tembakau. Kondisi iklim dan cuaca yang subur dan cocok dijadikan sebagai lahan bercocok tanam tembakau inilah yang menjadikan tanah air kita menjadi salah satu negara dengan konsumen rokok paling aktif di dunia, terutama konsumennya adalah pria.

Akan tetapi, mirisnya sudah banyak generasi muda tanah air yang mencoba mencicipi asap rokok atau bahkan di usianya yang masih belia mereka sudah kecanduan dengan rokok. Mulai dari anak sekolah dasar sampai anak-anak sekolah menengah atas, baik itu remaja pria atau wanita, tak jarang mereka sudah mulai menyentuh dan menikmati barang-barang berbahaya ini.

Padahal kita dan anda semua tentu sudah paham betul bagaimana bahaya dan dampak merugikan dari kegiatan merokok yang dilakukan. Selian itu, merokok akan dapat menimbulkan ketergantungan pada si pelakunya. Kondisi ini akan terlihat pada si perokok yang tidak mendapat rokok barang satu kali atau dua kali, mereka akan merasakan sesuatu yang berbeda pada tubuhnya bak seorang yang sedang sakau. Alhasil, bisa ditebak orang-orang yang sudah termotivasi untuk berhenti merokok, akhirnya akan tergoda kembali untuk merokok dan menghisap asap rokok.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Bila tidak percaya, tanyakan pada diri anda sendiri, sudah berapa kali ada berjanji pada diri anda untuk berhenti merokok mulai besok? Biasanya ketika kita membuat janji dengan diri kita untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok dengan menimbang segala ancaman penyakit, namun tak selang beberapa lama kemudian, malah secara tak sadar kita sudah menyalakan korek dan membakar ujung rokok sehingga akhirnya yang dilakukan kembali adalah merokok. Lantas apakah yang salah dengan diri anda?

cara menghentikan kebiasaan merokok

Perlu diketahui, untuk memperjelas dan menghindari kesalah pahaman berhenti merokok haruslah terlebih dahulu datang dari inisiatif anda sendiri. Bukan sebuah keharusan, tapi tanamakan dalam diri anda bahwa berhenti merokok adalah sebuah pilihan pribadi yang akan menuntun anda pada kehidupan lebih nyaman, lebih ringan dan lebih sehat. Yakinkan pada diri anda bahwa ini adalah pilihan hidup anda dan tidak ada seorang pun yang akan dapat mempengaruhi anda untuk kembali merokok. Sebab pada dasarnya, ketika anda merasa kesulitan menghentikan kebiasaan merokok, maka secara tidak disadari diri anda sudah merasa tergantung dengan rokok tersebut.

Merokok adalah candu. Para ahli menyatakan setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil pada saat si perokok itu sendiri merasakan keinginan besar dan adanya niatan dari si perokok untuk berubah dan menyudahi pola hidup tidak yang dijalaninya saat ini.

Biasanya keputusan ini akan dapat dilakukan mudah ketika si perokok tersebut merasa terancam oleh kebiasaan merokok bagi dirinya dan oranglain yang ada disekitarnya, dan ketika ia percaya bahwa dengan menjauhi nikotin, maka menikmati kehidupan dengan sebenarnya akan dapat dirasakan serta ketika si perokok merasa yakin bahwa ia dapat mengatasi perubahannya setelah memutuskan berhenti merokok. Sederhananya adalah, niatan untuk berhenti tersebut ada dipikiran kita dan harus segera dijalankan dengan cepat. Selain itu, ke konsistenan dalam hal ini adalah kunci keberhasilan seseorang dalam menghentikan kebiasaan merokoknya.

Nah, untuk mengetahui seperti apa sih langkah jitu dalam menghentikan kebiasaan merokok dalam rangka menghindarkan tubuh dari berbagai ancaman kesehatan dan penyakit sistem pernpasan? Mari simak dibawah ini.

Bulatkan Tekad Untuk Berhenti Merokok

Untuk berhenti merokok, sebuah niatan tentu menjadi hal yang mendasari keinginan ini agar dapat terwujud. Cobalah bulatkan tekad dan niatan anda dalam hati untuk mencapai keberhasilan berhenti merokok.

Bagi yang sudah mengalami kecanduan merokok, hal ini mungkin akan terasa sulit dan berat, akan tetapi bila fondasi niat dan tekadnya kuat, maka mungkin keinginan untuk berhenti merokok akan dapat terlealisasi.

Pada tahapan awal, anda mungkin merasa sulit dan merasa seolah tersiksa dengan kondisi ini, akan tetapi lakukan dengan perlahan dimulai dari mengurangi batang demi batang sampai dengan akhirnya keinginan untuk menghentikan kebiasaan merokok bisa segera terwujud dengan perlahan.

Bukan hanya itu, dukungan dari orang terdekat seperti sahabat dan keluarga akan juga anda butuhkan untuk membantu mengontrol anda saat godaan mencicipi rokok kembali datang.

Hindari Stres

Pada kebanyakan kasus, orang-orang yang merokok lebih sering mengungkapkan alasanya akibat stres atau penat dengan kegiataan yang dilakukan saat ini. Rokok dijadikannya sebagai penghilang penat dan pereda stres yang dialami.

Nah, untuk itulah salah satu cara yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah dengan serta merta menghindarkan diri dari stres yang akan membuat anda tergoda menyentuh kembali barang ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres bukan hanya dilampiaskan pada rokok.

Beberapa kegiatan yang akan menyenangkan untuk dilakukan guna menghilangkan stres diantaranya adalah bersantai, berinteraksi dengan teman-teman atau bahkan mencurahkan masalah dengan seseorang yang anda percayai.

Mencari Kesibukan yang Positif

Salah satu hal yang membuat seseorang menyentuh rokok adalah karena tidak adanya kegiatan yang dilakukan atau dalam kata lain mereka merasa kesepian. Hal ini biasanya terjadi pada saat beristirahat atau pada saat tidak ada orang dekat dengan si perkok.

Nah, untuk itulah cobalah cari kesibukan lain yang positif yan dapat membantu anda mengurangi kebiasaa merokok. Beberapa kesibukan yang positif yang bisa dilakukan diantaranya adalah berolahraga, jogging, jalan kaki dan lain sebagainya. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, berolahraga tentu menjadi solusi yang sehat untuk hidup yang lebih segar.

Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Sulit rasanya menyampaikan dan mengkampanyekan bahaya kebiasaan merokok pada seseorang yang sudah begitu kecanduan dengan barang yang satu ini. Bahkan sampai bahaya yang disampaikan dan dituliskan dalam bungkus rokok tertera dengan jelas didalamnya. Akan tetapi, tetap saja para perokok seolah menutup mata dan telinga mereka mengabaikan himbauan ini.

Nah untuk itu, bagi anda yang saat ini berkeyakinan besar untuk menghentikan kebiasaan merokok dan masih mencari alasan tepat mengapa anda harus segera berhenti. Maka cobalah pertimbangkan bagaimana kehidupan anda 3-4 tahun kedepannya.

Dampak dari kepulan asap rokok mungkin tidak anda rasakan saat ini, besok atau lusa. Akan tetapi, kondisi ini akan bertumpuk dan terakumulasi dalam jangka panjang sehingga dampaknya akan baru dirasakan beberapa tahun kemudian.

Untuk itulah, cobalah terapkan pola hidup yang sehat, seperit halnya mengkonsumsi makanan sehat yakni sayur dan buah, berolahraga yang rutin dan menghindari kebiasaan buruk yang akan merusak kesehatan anda seperti merokok, konsumsi junkfood dan masih banyak lagi.

Peduli kesehatan adalah hal yang penting, terutama mengenali betul bagaimana bahaya rokok akan dapat merusak kesehatan anda.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan, terutama kesehatan paru.

Loading...

Follow us