Saat Anak Mengeluh Sakit dan Tak Mau Sekolah Apa yang Harus Dilakukan?

Bunda, pernahkah anda mendapati si buah hati mengeluhkan sakit kepala dan lantas menganjurkan diri agar ia tak masuk sekolah?

Atau barangkali, saat bunda tengah menyiapkan sarapan di dapur tiba-tiba si kecil merengek menghampiri dan mengeluhkan perutnya sakit dan manyatakan tak ingin pergi ke sekolah? Nah, setelah mendengar keluhan ini, lantas biasanya seperti apa sih respon bunda di rumah?

Ya, tidak sedikit anak-anak yang seringkali mencoba mencari alasan dengan menggali berbagai macam trik agar mereka bisa melewatkan pergi ke sekolah. Jangankan untuk alasan tertentu, untuk disuruh pergi ke sekolah saja, tiap pagi bunda seringkali dibuat kesusahan saat harus membangunkan si buah hati.

Berbagai alasan diungkapkannya supaya orangtua bisa memakluminya untuk tidak pergi ke sekolah. Ada yang menyatakan sakit seperti diatas, atau bahkan tiba-tiba si anak menunjukan sikap kepayahan disertai dengan batuk-batuk ringan. Dari sikap ini, tak jarang, ibu pun memakluminya untuk sekali waktu. Namun, bagaimana jika ternyata setelah alasan ini, esok hari dan seterusnya si anak masih tidak ingin pergi ke sekolah? Bahkan sampai menggali lebih banyak alasan agar bunda bisa mengizinkan mereka untuk tetap dirumah dan tidak pergi ke sekolah. Nah, tentu saja bunda harus bisa mengetahui dengan pasti apa sih penyebab sebenarnya yang membuat si anak tak ingin pergi ke sekolah.

ketika anak tak mau sekolah

Sikap si anak yang tiba-tiba tak ingin bersekolah ini, umumnya bisa datang kapan saja dan terjadi pada berbagai rentang usia, yakni pada anak-anak masih balita, usia TK, di bangku preschool atau bahkan saat anak sudah masuk di bangku Sekolah Dasar yang mana seharusnya mereka mulai terbiasa dengan rutinitas sekolahnya setiap hari. Akan tetepi, bersikap memanjakan anak dengan menuruti keinginannya untuk tidak masuk sekolah, tentunya bukanlah sikap yang bijak dilakukan oleh seorang orangtua. Namun disamping itu juga, memarahi anak yang tidak ingin pergi ke sekolah dan lantas memaksanya untuk tetap pergi tanpa diketahui sebab pasti dari alasan tersebut, bukan pula tindakan yang bijak dan tak lantas membuat membuat anak langsung menurut. Tak ayal, hal ini seringkali membuat para orangtua kebingungan dan tak tahu harus berbuat apa untuk menghadapi buah hatinya.

Namun, tahukah bunda, kondisi anak yang tak mau bersekolah ini umumnya bisa disebabkan oleh berbagai alasan dan latar belakang. Penyebabnya bisa jadi dipicu dari faktor internal atau diri sendiri dan faktor eksternal atau dari faktor luar, seperti oranglain. Nah, jika penyebabnya berasal dari faktor internal atau dirinya sendiri alasan yang dituai biasanya seputar, sakit perut, saki kepala, malas atau bahkan si anak yang kelelahan. Sementara itu, jika faktor eksternal bisa jadi dari lingkungannya seperti dijauhi teman, pelajaran sekolah yang sulit dipahaminya, guru yang tidak disenanginya dan masih banyak lagi.

Namun demikian, agar alasan yang dituai bisa diketahui dengan pasti serta ibu bisa menentukan sikap apa yang harus dilakukan untuk menghadapi anak-anak yang mengeluh sakit dan tak mau pergi kesekolah, berikut ini beberapa tips penting yang bisa dipelajari.

1. Lakukan Pemeriksaan Manual Jika Anak Mengeluh Sakit

Ketika anak anda mengeluhkan sakit di pagi hari saat anda meminta anak untuk pergi sekolah. Memang seringkali hal ini membuat orangtua bingung harus menghadapinya. Untuk itulah, ketika anak mengeluh sakit, untuk memastikan alasannya masuk akal dan benar, lakukan pemeriksaan secra manual. Seperti misalkan, ketika anak mengeluh lemas dan kepalanya panas, maka anda bisa langsung memegang kepalanya dan melihat gejala-gejala lain yang mungkin menunjuk pada sakit yang sesungguhnya. Dari sini, anda bisa melihat dan menentukan apakah alasannya tersebut benar atau hanyalah alasan yang ia buat semata karena dirinya malas untuk pergi ke sekolah.

2. Lakukan Konfirmasi dengan Pihak Sekolah

Hal ini penting sekali, tentunya bisa dilakukan setelah anda mengetahui bahwa anak hanya mengungkapkan alasan saja. Tanyakan pada pihak sekolah, baik datang secara langsung maupun lewat telepon jika anda merasa tak bisa datang ke sekolah. Anda bisa menanyakan pada wali kelasnya dan memastikan jika anak tidak memiliki masalah di sekolahnya baik dengan teman-temannya atau dengan guru.

Selain itu, pastikan bahwa tidak ada ulangan atau tes tertentu yang ingin dihindari oleh si anak. Beberapa alasan menyangkut test dan pelajaran yang diberikan dari sekolah bisa jadi membuat si anak malas dan enggan untuk pergi ke sekolah, untuk itulah pastikan jika anda mengetahui dengan pasti alasan ia tak ingin pergi ke seklah.

3. Berikan Tawaran Untuk Memanggilkan Dokter

Biasanya anak-anak yang menjadikan sakit sebagai alasan belaka agar mereka tak pergi ke sekolah, akan cenderung melakukan penolakan saat dihadapkan pada dokter, hal ini tentunya lebih kentara dibandingkan dengan anak yang benar-benar sakit. Dari sini tentunya anda akan dapat menentukan jika anak anda benar-benar sakit atau hanya beralasan.

4. Tindakan Ketika Anak Benar-Benar Sakit

Bukan tidak mungkin alasan yang diberikan si anak adalah kebenaran. Nah, jika anda mendapati si buah hati benar-benar sakit, maka segera berikan informai ke sekolahnya bahwa si kecil tidak dapat mengikut pelajaran. Biasanya anda bisa langsung menghubungi pihak sekolah via telepon atau melalui surat. Dan setelah itu, bawa segera si kecil ke dokter untuk mendapatkan perhatian medis. Penanganan yang lebih cepat tentunya akan mampu membuat segala kemungkinan buruk teratasi.

5. Bicara dengan Si Buah Hati

Saat ini mungkin memang si anak sakit sungguhan, namun disaat bersamaan bisa jadi ia pun menghadapi masalah di sekolahnya. Nah, dari sinilah anda bisa melakukan pendekatan bersama dengan si buah hati.

Bicarakan dan ajak mereka untuk mencurahkan keluhannya. Buat anak jangan sungkan dan jangan takut untuk membicarakan semuanya bersama dengan anda. Ketika anda mendapati anak-anak bermasalah dengan teman-temannya, maka ingatkan anak untuk mau mengalah dan meminta maaf. Jika anda mendapati anak tak suka dengan salah satu guru mata pelajaran, maka berikan pengertian pada anak, perlahan namun pasti anak untuk perlahan lebih terbuka. Bisa jadi, ketidak sukaan anak pada mata pelajaran tersebut dikarenakan sifat guru yang galak atau bahkan menyebalkan. Dari sini minta anak untuk lebih bersabar dan menghindari segala kemungkinan masalah yang akan terjadi.

Anak-anak yang malas untuk pergi ke sekolah memang akan memberikan banyak alasan, mulai dari sakit, malas dan lain sebagainya. Akan tetapi, ketika anak mengeluh dan merengek biasanya bunda dibuat bingung menentukan sikap si anak apakah alasan tersebut ebnar atau tidak. Nah, untuk itulah beberapa hal diatas diharapkan bisa membantu bunda dalam menghadapi anak-anak yang mengeluh sakit dan tak mau pergi ke sekolah. Semoga tips ini bermanfaat bagi bunda dalam menjaga dan menghadapi si kecil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel