Bund, Ciptakan Ruang Tamu Nyaman dengan Tips Rahasia Ini

Tips Menata Ruang Tamu Nyaman – Setiap rumah pasti memiliki ruang tamu. Ruang tamu lokasinya biasanya berada di bagian depan rumah sebelum ruangan lainnya. Pada keseluruhan rumah, ruang tamu akan memberikan kesan pertama. Jika ruang tamu tidak tertatap dengan rapi akan dianggap sebagai gambaran dari keseluruhan rumah. Sehingga jangan pernah abaikan penataan ruang tamu di rumah anda.

Nah, untuk membantu anda menciptakan ruang tamu yang nyaman dan tentunya menarik, berikut ini beberapa tips yang bisa anda ikuti.

Ruang Tamu Nyaman

Tips Menata Ruang Tamu Nyaman

Ikuti tips menata ruang tamu berikut ini supaya ruang tamu anda tidak hanya sedap dipandang mata, namun juga nyaman, damai dan menenangkan.

Hadirkan Perabotan Wajib di Ruang Tamu

Tips menata ruang tamu pertama yang harus diperhatikan yaitu mengenai kebutuhan dan pemilihan perabot untuk ruang tamu itu sendiri. Pada setiap rumah, belum tentu memiliki kebutuhan yang sama. Dimana hal ini disebabkan oleh kebutuhan dan desain dari ruang tamu itu sendiri. Untuk anda yang hobi kumpul dengan teman-teman, aktivitas anda mungkin akan banyak dilakukan di ruang tamu. Sedangkan jika anda lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah, maka ruang tamu akan cukup jarang digunakan. Namun, sering digunakan atau tidak ruang tamu tersebut, tetap ada perabotan yang harus ada di ruang tamu seperti berikut ini.

Lihat juga : Aturan Aman Bawa Serta Buah Hati Keluar Rumah

Kursi atau sofa. Semua orang juga tahu bahwa kursi atau sofa merupakan kebutuhan ruang tamu yang tidak boleh dilupakan. Kehadiran perabot ini sangat penting di ruang tamu. Namun, pemilihan model kursi atau sofa itu sendiri harus diperhatikan dan biasanya disesuaikan dengan desain ruang tamu yang anda aplikasikan. Selain itu, jika anda sering menerima tamu, maka pilihlah model sofa dengan bantalan nyaman. Sedangkan jika ruang tamu jarang digunakan, anda bisa memilih model kursi minimalis untuk diletakan di ruang tamu.

Meja. Selain sofa atau kursi, kehadiran meja juga sangat penting di ruang tamu. Jika anda memiliki ruangan yang terbatas, maka anda bisa memilih alternatif lain yaitu dengan memilih side table yang ukurannya kecil.

Lemari penyimpanan. Perabot penyimpanan juga bisa anda hadirkan di ruang tamu. Anda bisa menghadirkan lemari kecil. Namun, jika ruangan terbatas anda bisa menghadirkan perabot yang multifungsi seperti kursi yang memiliki kolong, meja dengan laci ataupun kabinet kecil. Dengan kehadiran tempat penyimpanan ini ruangan tamu anda akan selalu terlihat rapi.

Perabotan lainnya. Perabot tambahan bisa anda hadirkan sesuai dengan aktivitas atau kebutuhan anda.

Pilih Material Lantai yang Sesuai dan Nyaman

Hal lainnya yang tidak boleh diabaikan saat menata ruang tamu yaitu lantai. Dengan memilih material lantai yang tepat, ruang tamu anda akan terasa nyaman. Anda bisa memilih material lantai yang hangat dan nyaman, serta tidak terlalu keras.

Sedangkan jika anda ingin menciptakan ruang tamu mewah, anda bisa memilih lantai dengan material marmer. Selain itu, agar tampilan ruang tamu terlihat menarik anda bisa memasang karpet sebagai dekorasi tambahan.

Pemilihan Warna yang Tepat

Dalam desain interior, warna memiliki pengaruh yang besar untuk keseluruhan. Memilih warna yang tepat untuk dinding sangat penting dilakukan. Pasalnya, dinding akan menjadi bagian yang dominan di ruang tamu yang akan mempengaruhi suasana ruang tamu di rumah anda.

Dalam memilih warna ruang tamu, sebaiknya anda meminimalisir warna yang terang serta memiliki pola yang berlebih. Pasalnya akan menciptakan kesan keras dan tidak sedap dipandang mata. Ada baiknya anda memilih warna yang lembut dan nyaman dilihat dalam waktu yang lama.

Sedangkan apabila ruang tamu di rumah anda jarang digunakan dan hanya sebagai ruangan pelengkap saja, anda bisa mendesain atau menata ruang tamu lebih ceria dengan mengaplikasikan warna terang serta pola berani.

Dekorasi Untuk Mempercantik Ruang Tamu

Selain nyaman, ruang tamu juga tentu harus menarik. Untuk membuat ruang tamu semakin menarik, caranya yaitu dengan mendesain ruang tamu, salah satunya dengan mengaplikasikan dekorasi pelengkap. Jika ruang tamu anda sering digunakan dan mengutamakan kenyamanan, maka pilihlah dekorasi seperti karpet atau bantal untuk sofa.

Selain itu, dekorasi lainnya yang bisa anda hadirkan di ruang tamu seperti hiasan dinding, guci, patung dan lain sebagainya. Pastikan anda juga memilih warna dekorasi atau furniture yang senada agar terlihat serasi.

Jika ingin menciptakan kesan sejuk pada ruangan, anda bisa menghadirkan tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa anda jadikan pilihan. Tentunya anda harus memilih tanaman hias yang cocok diaplikasikan di dalam ruangan, serta memberikan manfaat yang baik, tidak hanya mempercantik ruangan saja. Misalkan tanaman yang dapat menyaring udara ataupun menangkal nyamuk.

Pencahayaan yang Maksimal

Pencahayaan juga sebaiknya jangan anda abaikan di ruang tamu. Pencahayaan yang tepat tidak hanya akan membuat aktivitas anda menjadi lebih mudah, namun juga akan membuat suasana ruang tamu di rumah anda menjadi lebih hidup dan hangat. Jika di ruang tamu anda sering melakukan aktivitas yang membutuhkan pencahayaan lebih, seperti membaca buku atau lain sebagainya, maka anda harus menghadirkan pencahayaan terang berwarna putih.

Sedangkan jika anda sering bercengkrama dengan keluarga atau tamu yang berkunjung, maka pencahayaan temeram sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu. Tidak hanya memanfaatkan pencahayaan dari lampu saja, anda juga bisa memanfaatkan cahaya alami dengan mengaplikasikan jendela dan membuka gorden saat pagi atau sore hari.

Perhatikan Aroma di Ruang Tamu

Ruang tamu di rumah anda akan semakin nyaman jika memiliki aroma yang harum. Suasana ruang tamu dengan aroma yang tidak sedap tentu akan membuat tamu yang berkunjung ke rumah menjadi tidak betah. Sehingga sangat penting untuk melengkapi ruang tamu anda dengan pewangi ruangan. Selain itu, anda juga bisa menghadirkan aroma alami di ruang tamu dengan meletakan tanaman yang memiliki aroma wangi.

Dengan mengetahui tips menata ruang tamu di atas, anda jadi memiliki gambaran seperti apa menata ruang tamu di rumah anda yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Hal lainnya yang harus anda perhatikan dalam mendesain ruang tamu yaitu menyesuaikan gaya ruang tamu dengan gaya keseluruhan rumah anda. Jika rumah anda menerapkan konsep minimalis, maka ruang tamu di rumah anda juga harus ditata dengan mengaplikasikan perabotan ataupun dekorasi minimalis.

Untuk memudahkan anda dalam menata ruang tamu, ada banyak sumber gambar desain ruang tamu yang bisa anda jadikan inspirasi. Bahkan sekarang anda bisa menemukannya dengan mudah di internet.

Nah, demikian tips menata ruang tamu nyaman yang bisa anda ikuti dengan mudah. Semoga informasi yang  kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply