data-ad-format="auto"

Round Ligament Pada Saat Hamil

Ibu hamil rentan terhadap gangguan kesehatan selain memang setiap ibu hamil memiliki perbedaan pada reaksi tubuh sehingga tidak dapat disamakan antara ibu hamil satu dengan lainnya, riwayat kesehatan sebelum hamil ikut mempengaruhi ibu selama kehamilan.

Beberapa gangguan kesehatan seringkali dirasakan ibu hamil, salah satunya adalah mengalami round ligament. Mungkinkah diantaranya anda mengakami round ligament dan bagaimana solusi yang baik untuk ibu hamil yang mengalami Round Ligament?

Round Ligament dapat menyerang ibu hamil dimana ibu hami memiliki kondisi perut yang ditusuk-tusuk dan merasakan rasa sakit yang tajam. Kondisi ini yang umum terjadi secara spontan ketika anda mengubah posisi. Round Ligament dapat terjadi ketika sesaat anda setelah berdiri di tempat tidur, ketika anda batuk, sedang berguling di tempat tidur atau saat beranjak dari kursi.

Sedangkan bentuk lain dari Round Ligament yaitu sakit pada bagian bawah perut yang berlangsung cukup lama sehingga umum terjadi ketika ibu telah melakukan aktivitas yang panjang seperti setelah berjalan seharian atau ibu hamil melakukan aktivitas lainnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Ibu hamil yang mengalami Round Ligament akan merasakan sakit di mulai bagian paha sebelah atas hingga paha bagian bawah kemudian rasa sakit akan terus dialami oleh ibu hamil hingga ke bagian atas pinggul. Sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter apabila merasakan gejala Round Ligament. Sehingga hasil dokter menyatakan anda mengalami Round Ligament segera duduk dan lakukan rileksasi sehingga istirahat dengan nyaman dapat meringankan gejala yang sedang anda alami.

Sedangkan bagi anda yang rentan terkena Round Ligament pada saat beraktivitas maka anda dapat mencoba untuk menghentikan sebentar aktivitas anada beberapa menit hingga keadaan membaik. Kemudian apabila anda merasa sudah lebih baik anda dapat melanjutkan kembali aktivitas secara bertahap sampai anda merasakan nyaman.

Ibu hamil yang mengalami Round Ligament dapat menggerakan lutut ke arah perut seperti berbaring menyamping dengan menggunakan bantuan satu bantal yang dipasangn pada bagian bawah perut dan pada bagian bawah kaki. Anda juga menggunakan air hangat untuk meringankan sakit Round Ligament pada saat hamil. Pada dasarnya kondisi Round Ligament yang menimbulkan rasa seperti ditusuk tusuk hanya berlangsung beberapa detik saja dan akan sedikit demi sedikit menghilang ketika ibu mengganti posisi.

Pemeriksaan dokter memang sangat diperlukan apabila anda tidak dapat membedakan rasa sakit Round Ligament atau sakit perut yang menandakan adanya masalah kehamilan. Biasanya beberapa sakit perut yang sangat serius akan menimbulkan masalah kesehatan seperti preeklamsia, pelepasan prematur plasenta atau lahir prematur.

Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter apabila anda mengalami sakit perut disertai dengan kondisi seperti rasa sakit menyerupai kram bahkan timbul lebih dari empat kali dalam satu jam. Kemudian anda mengalami sakit pada bagian punggung bawah khususnya apabila ibu tidak mengalami sebelumnya atau meningkatkan tekanan pada daerah panggul. Selanjutnya pendarahan yang terjadi seperti mengalami bercak pada celana dalam disertai rasa sakit yang berlebihan. Ibu hamil mengalami sakit perut yang disertai dengan demam, mual, muntah dan tubuh mengigil. Terakhir anda perlu melakukan pemeriksaan medis apabila ibu hamil mengalami rasa panas yang terbakar yang tidak tertahankan.

Loading...

Follow us